5 Tips Menulis Pengalaman Volunteer di CV

Saya ingin menulis pengalaman relawan di resume Anda? Anda dapat mempelajari cara menulisnya dengan benar di sini.

Sukarelawan ini mungkin tampak seperti hal yang sepele untuk dimasukkan ke dalam resume. Namun, jika pengalaman tersebut relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, Anda mungkin bisa mendapatkan nilai tambah dari perekrut.

Bahkan, menurut Zeti, dirinya terlibat dalam kegiatan sukarela Anda mungkin mendapat kesan bahwa Anda peduli dengan masalah sosial dan ingin mengembangkannya dengan serius keterampilan profesional.

Selain itu, pengalaman relawan Ini juga dapat digunakan sebagai informasi latar belakang resume bagi mereka yang memiliki pengalaman minimal sehingga mereka dapat memenuhi persyaratan yang mereka cari.

Nah, oleh karena itu, mari kita simak baik-baik tips pengalaman menulis. relawan tepat di bawah!

1. Tulis di bagian pengalaman kerja

Anda dapat mencantumkan pengalaman sukarela Anda di bagian Pengalaman Profesional jika pengalaman tersebut relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Dalam menulis, Anda bisa menulis pengalaman relawan seperti riwayat pekerjaan Anda. Namun, pastikan Anda memperjelas bahwa pengalaman ini adalah kegiatan sukarela.

Menurut Memang, ejaan relawan Resume juga akan menunjukkan bahwa Anda sudah memiliki keterampilan yang relevan, serta menunjukkan inisiatif ingin membantu masyarakat.

REKOMENDASI  Apakah Perbedaan Talent Acquisition dan HRD? Yuk, Cek Di sini!

Nah, jika kita berbicara tentang pengalaman, maka ini kurang relevan. Anda masih bisa memasukkannya ke dalam resume Anda, tetapi lebih baik menulisnya di bagian terpisah.

2. Tuliskan nama penyelenggara dan periodenya relawan

Setiap informasi yang Anda sertakan di resume Anda biasanya diverifikasi oleh perekrut. Oleh karena itu, untuk memudahkan perekrut, tuliskan juga nama organisasi yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. relawan-punya kamu.

Nah, ingat apa saja yang termasuk pengalaman relawan Resume Anda harus sejelas mungkin. Oleh karena itu, sertakan juga informasi tentang lokasi organisasi dan jangka waktu Anda melakukannya.

Misalnya, Anda dapat menulis nama organisasi seperti ini:

  • Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi ABC University (Januari 2022 – April 2022)
  • Yayasan Lingkungan Hidup, Kota Jakarta (Sep 2022 – Des 2022)
  • Organisasi Peduli Laut Kota Bandung (Maret 2021 – Juni 2021)

3. Berikan informasi tentang jabatan atau jabatan

Selain tanggal dan nama organisasi, Anda juga harus memasukkan informasi tentang jabatan dan jabatan Anda. Anda dapat menempatkan informasi ini di bagian yang disebut nama dan periode organisasi relawan.

Jadi, untuk informasi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan apakah Anda ingin menulis kata “relawan” atau “sukarelawan” di sebelah jabatan Anda, seperti pada contoh The Balance Money, misalnya “Perwakilan Penjualan Relawan

Cara lain adalah menulis dalam tanda kurung, seperti ini: Staf perwakilan penjualan (Relawan)

REKOMENDASI  CV Jurnalis: Tips Membuat, Contoh, dan Template

4. Jelaskan tanggung jawab dan prestasi

Seperti halnya menulis pengalaman kerja pada umumnya, pengalaman itu penting relawan untuk penjelasan lebih lanjut dengan tanggung jawab dan prestasi.

Dengan demikian, Anda dapat menekankan hubungan erat antara aktivitas profesional yang sedang berlangsung dan keterampilan mempekerjakan profesional dengan kualifikasi yang dicari perekrut.

Dalam penulisan, kedua hal ini harus ditulis dalam paragraf pendek yang padat. Jadi Anda bisa menggunakannya lubang peluru agar lebih jelas dan mudah dibaca.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak memperluas resume Anda menjadi lebih dari satu halaman karena Anda menuliskan semua pengalaman Anda. relawan-punya kamu.

Dalam hal ini, pertimbangkan apakah pengalaman itu relawan yang disertakan benar-benar up to date dan mungkin menjadi nilai plus bagi Anda.

5. Perhatikan Format Resume

Jika CV dalam format kronologis terbalik, pengalaman relawan juga harus dicantumkan dalam urutan kronologis terbalik.

Dengan kata lain, Anda harus menuliskan pengalaman terbaru terlebih dahulu, lalu beralih ke pengalaman sebelumnya.

Jadi, selain format penulisan, perhatikan tata bahasa, kapitalisasi, dan tanda baca yang digunakan dalam resume.

Hal-hal tersebut mungkin terlihat sepele, namun tahukah Anda, hal tersebut bisa menjadi hal yang negatif di mata perekrut.

Para ahli ingin terlihat profesional, tetapi perekrut mengira Anda ceroboh saat membaca resume Anda.

Demikian informasi dari Glints tentang cara menulis impresi. relawan dalam ringkasan, serta contoh-contoh.

REKOMENDASI  Cover Letter Content Writer: Struktur & Tips Menyusunnya

Apakah Anda mengerti lebih baik sekarang? Glints berharap Anda dapat mempresentasikannya dan menuliskannya di resume Anda.

Mungkin banyak orang yang menganggap itu tidak penting. Namun, sekarang Anda tahu betapa pentingnya pengalaman. relawan dalam resume.

baik selain itu sukarelawan, Anda mungkin ingin menyertakan informasi lain di resume Anda, seperti pengalaman organisasi atau pendidikan nonformal.

Apakah Anda sudah tahu caranya? Jika belum, Anda bisa menemukan cara dan tips menulis ini di blog Glints.

Yuk, segera dapatkan informasi lengkapnya secara gratis dengan cara klik Di Sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *