6 Macam Vitamin Beserta Manfaat dan Sumbernya

Terdapat berbagai macam vitamin dengan fungsi yang sesuai untuk menjaga kesehatan dan stamina.

Setiap jenis vitamin sangat penting untuk dipelajari agar kita mengetahui manfaat dan akibatnya jika tubuh kekurangan vitamin tersebut.

Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengatur pilihan makanan yang paling sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh. Nantinya kita akan selalu bugar selama bekerja.

Glints telah menyiapkan kumpulan rekomendasi makanan dan minuman kaya vitamin untuk Anda. Ayo, dengarkan!

1.Vitamin A

Ini dilaporkan WebMDvitamin ini terbagi menjadi 2 jenis tergantung dari sumbernya yaitu vitamin A yang berasal dari sumber makanan hewani dan nabati.

Vitamin A yang terdapat pada produk hewani membantu mengoptimalkan fungsi mata untuk melihat objek pada malam hari sehingga meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah infeksi.

Di sisi lain, vitamin A yang terdapat pada makanan nabati dipercaya mampu mencegah kerusakan sel tubuh dan gangguan penglihatan.

Meski sumbernya berbeda, namun manfaatnya sangat mirip dan sama-sama penting bagi tubuh.

Sumber vitamin A adalah sayuran dan buah berwarna oranye seperti ubi dan wortel. Selain itu, berikut adalah beberapa pilihan sumber vitamin A lainnya untuk Anda:

  • blewah
  • bayam
  • olahan susu
  • udang
  • ikan salmon

2. Vitamin B

Ada berbagai vitamin B dengan fungsi berbeda bagi tubuh. Berikut beberapa di antaranya:

  • Vitamin B1 dibutuhkan untuk produksi berbagai enzim yang membantu memecah gula dalam darah. Ditemukan dalam sereal, beras merah, asparagus, kol, kembang kol dan telur.
  • Vitamin B2 bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh serta membantu metabolisme. Ini dapat ditemukan dalam pisang, susu, yogurt, daging, telur, dan ikan.
  • Vitamin B3, dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan fungsi sel normal. Beberapa sumbernya adalah ayam, sapi, tuna, salmon, susu, telur, tomat, dan brokoli.
  • Vitamin B5 dapat menghasilkan energi dan meningkatkan produksi hormon. Anda bisa menemukannya pada daging, biji-bijian, brokoli, alpukat, dan yogurt.

Selain daftar di atas, ada jenis vitamin B lain yang terdiri dari vitamin B6, B7, B6, B9, dan B12.

Setiap orang memiliki peran masing-masing, mulai dari membantu produksi sel darah merah, meningkatkan kesehatan kuku dan rambut, hingga mengoptimalkan fungsi sistem saraf.

Ingin mendapatkan manfaat dari semua vitamin B sekaligus? Tentu bisa.

Saat ini, ada banyak suplemen vitamin kompleks golongan B (sekelompok vitamin B) yang bisa Anda temukan dengan mudah di apotek. Biasanya suplemen ini juga mengandung vitamin dan mineral lainnya.

3. Vitamin C

Ternyata, vitamin C bisa membantu meredakan gejala pilek. Menurut Web MD, gejalanya mungkin tidak hilang dengan cepat, tetapi vitamin C membantu tubuh tetap terhidrasi.

Kondisi ini dapat membantu Anda merasa lebih baik saat gejala mulai muncul.

Tubuh juga membutuhkan vitamin C untuk mendukung pertumbuhan tulang, kulit, dan otot.

Anda bisa mendapatkan vitamin C yang cukup dari paprika, pepaya, stroberi, brokoli, melon, dan sayuran hijau.

4.Vitamin D

Jenis vitamin selanjutnya adalah vitamin D yang berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, vitamin D juga dapat membantu tubuh melawan mikroba yang menyerang.

Sedikit berbeda dengan vitamin lainnya, salah satu sumber terbesar vitamin D bukanlah makanan atau minuman, melainkan sinar matahari.

Web MD menyarankan berjemur di bawah sinar matahari selama 10-15 menit setiap pagi untuk memastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin D.

Dalam hal makanan MedicineNewsToday menyebutkan beberapa sumber vitamin D, seperti tuna dan salmon, telur, hati sapi, dan jamur.

5.Vitamin E

Nah, jenis vitamin ini merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik bagi tubuh. Sebenarnya apa sih fungsi antioksidan?

Antioksidan merupakan molekul yang berperan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan dan peradangan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti:

  • asap rokok
  • polusi
  • Sinar Matahari

Anda dapat menemukan vitamin E dalam berbagai sumber makanan, mulai dari biji-bijian dan kacang-kacangan hingga sayuran hijau dan minyak sayur.

Almond, bayam, kiwi, dan telur adalah beberapa contoh bahan makanan yang bisa Anda pilih.

Selain itu, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin E dengan suplemen nutrisi. Hati-hati, terlalu banyak mengonsumsi suplemen juga akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

6.Vitamin K

Jenis vitamin yang terakhir adalah vitamin K. Jenis vitamin ini mampu mengaktifkan protein dan kalsium yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Ini dilaporkan Penerbitan Kesehatan HarvardTahukah Anda, vitamin K bahkan bisa membantu mencegah patah tulang.

Apakah Anda tahu apa makanan Jepang disebut natto? Makanan ini sempat viral dimana-mana karena banyak sekali orang yang ingin mencobanya.

Natto itu adalah makanan yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Nah, ternyata natto mengandung vitamin K yang tinggi menurut Web MD.

Jangan khawatir jika tidak bisa mengkonsumsinya, ada sumber vitamin K lain yang sangat mudah ditemukan seperti labu kuning, sayuran hijau, telur dan susu.

Demikian pembahasan tentang macam-macam vitamin, fungsi dan sumbernya. Semoga dapat membantu dan mempermudah dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anda.

Masih perlu belajar lebih banyak tentang kesehatan? Jangan khawatir, Glints memiliki banyak koleksi artikel terkait yang sama pentingnya.

Topik disesuaikan dengan kebutuhan pekerja yang ingin tetap sehat namun sering menghadapi berbagai hambatan.

Anda juga bisa menemukan artikel serupa dengan pembahasan di atas yang fokus pada rekomendasi makanan dan minuman sehat.

Tertarik? Ayo kunjungi koneksi sekarang juga untuk menemukan kumpulan artikel terbaru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *