6 Tips Menjaga Kesehatan saat Akan Kembali dari Mudik

Menjaga kesehatan merupakan hal penting yang membutuhkan perhatian, dimanapun dan kapanpun Anda berada. Terutama menjaga kesehatan saat pulang nanti.

Idul Adha biasa digunakan untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk dunia kerja dan menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah.

Namun, Anda harus memperhatikan kesehatan Anda agar nantinya Anda dapat kembali bekerja di negara lain dalam kondisi sehat dan nyaman.

Nah pada kesempatan kali ini Glints akan memberikan 6 tips kesehatan untuk kalian yang mudik.

Yuk, simak informasinya di bawah ini segera!

1. Mengkonsumsi makanan bergizi

Menjaga kesehatan tentunya akan bergantung pada jenis makanan yang kita konsumsi, serta pola makan kita sehari-hari.

Menurut Healthline, makanan seperti buah kaya vitamin C dan kacang kaya vitamin E adalah kunci untuk menjaga kekebalan dan kesehatan.

Salah satu contoh buah kaya vitamin C yang bisa Anda sertakan dalam diet Anda adalah jeruk, jambu biji, dan pepaya.

Sedangkan kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, dan biji bunga matahari atau sunflower seed adalah beberapa contoh makanan yang tinggi vitamin E.

Namun, meski sudah tahu makanan apa saja yang baik, jangan lupa jaga pola makan ya.

REKOMENDASI  Arti, Tugas, Skill, hingga Jenjang Karier

Terkadang ada yang menganggap Idul Adha sebagai ajang balas dendam puasa bulanan, sehingga sering makan berlebihan.

Karena itu, ikuti diet 3 kali sehari dan hentikan makan saat sudah merasa kenyang.

2. Istirahat yang cukup

Perjalanan jauh untuk kembali ke tempat perantauan pasti akan melelahkan dan melelahkan tubuh. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan istirahat yang cukup.

Alasannya adalah saat Anda tidur, Anda memulihkan tubuh dan mengembalikan energi. Dengan cara ini Anda akan merasa lebih baik saat pulang nanti.

Sedangkan untuk waktu tidur sendiri, menurut Harvard Health Publishing, orang berusia 18-64 tahun disarankan untuk tidur 7-9 jam setiap malam.

3. Minum air yang cukup

Untuk mencegah dehidrasi, biasanya kita minum air putih yang cukup. Padahal, air putih juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Menurut CDC, air dapat membantu metabolisme tubuh, menormalkan suhu tubuh, menjaga organ dalam tubuh, dan membuang limbah dari tubuh.

Karena itu, sebelum kembali ke negeri perantauan, Anda harus minum air putih yang cukup.

Anda disarankan untuk minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas air putih seperti yang biasa kita dengar.

4. Berolahraga secara teratur

Tips menjaga kesehatan saat akan mudik, rajin berolahraga saat di kampung halaman.

Olahraga merupakan salah satu cara untuk memperkuat sistem imun tubuh. Tidak hanya itu, juga dapat menjaga pikiran tetap jernih serta mengobati dan mencegah rasa sakit.

REKOMENDASI  Pelajari 8 Tipe Chart untuk Visualisasi Data yang Lebih Tepat

Mungkin saat pulang terasa sakit karena harus pergi jauh dan membawa barang. Biasanya hal pertama yang dilakukan orang ketika ada sesuatu yang menyakiti mereka adalah memakai plester.

Menurut WebMD, tambalan sebenarnya bisa menghilangkan rasa sakit. Namun, akan lebih baik jika Anda menambah kebiasaan olahraga secara teratur saat sampai di tempat tujuan agar lebih cepat pulih.

5. Perhatikan kesehatan Anda

Selama berada di kampung halaman, Anda harus selalu mewaspadai gejala-gejala ringan yang menandakan bahwa Anda akan sakit.

Misalnya, gejala seperti badan pegal-pegal, flu, batuk, demam ringan, sakit kepala, dan masalah pencernaan tidak bisa diabaikan.

Jika Anda merasa tidak enak badan, Glints menyarankan Anda untuk segera menemui dokter dan meminta obat.

6. Perhatikan kesehatan mental

Nasihat terakhir bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan saat pulang dari rumah adalah menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental.

Kesehatan mental juga merupakan bagian penting dari menjaga kesehatan. Tanpa mental yang baik, sistem kekebalan tubuh Anda bisa menurun.

Salah satu hal yang dapat menyebabkan kesehatan mental buruk adalah stres. Anda mungkin pernah memikirkan stres di tempat kerja, perjalanan jauh, dan kemacetan lalu lintas dalam perjalanan pulang ke luar negeri.

Sebaliknya, singkirkan pikiran-pikiran tersebut dan cobalah untuk berpikir lebih positif dan tenangkan pikiran Anda melalui meditasi atau yoga.

Demikian ulasan Glintz tentang tips menjaga kesehatan saat pulang kampung. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa kamu terapkan saat kembali ke negeri perantauan nanti.

REKOMENDASI  Johnpaul77 Hasilkan Rp2 Miliar dari 10.000++ Subscriber

Nah, masih banyak lagi tips kesehatan yang bisa kamu temukan di blog Glints.

Mulai dari tips pencegahan asam lambung, tips olahraga untuk pekerja, hingga makanan sehat, semua ada di sini.

Tentu saja, Anda dapat membaca semua artikel secara gratis!

Yuk, dapatkan semua informasinya dan mulailah mengembangkan pola hidup sehat bersama Klik disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *