7 Aplikasi Binary Option Ilegal di Indonesia, Untuk Dihindari

Beberapa waktu lalu, dunia saham dan investasi kembali diramaikan oleh produk-produk keuangan berupa perdagangan opsi biner. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah yang mengacu pada jual beli di pasar uang untuk mendapatkan keuntungan maksimal dalam waktu singkat.

Kedengarannya mustahil, bukan? Namun, ini adalah sistem yang digunakan perdagangan opsi biner berbasis aplikasi digital. Kegiatan keuangan ini menarik banyak perhatian orang karena menawarkan keuntungan yang besar. Namun, ternyata kegiatan ini masih ilegal!

Agar tidak terjebak dalam aktivitas keuangan ilegal, yuk cari tahu 7 aplikasinya opsi biner ilegal di Indonesia. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apakah opsi biner dilarang di Indonesia?

Sebelum Anda masuk lebih dalam, Anda perlu tahu artinya opsi biner. Opsi Biner itu adalah aktivitas keuangan yang memungkinkan investor menghasilkan keuntungan dengan memprediksi bahwa nilai aset akan naik atau turun dalam jumlah waktu yang telah ditentukan.

Prinsip kegiatan ini cukup sederhana. Seorang investor memilih aset tertentu, seperti saham atau komoditas tertentu, dan memprediksi apakah harga aset tersebut akan naik atau turun selama periode waktu yang telah ditentukan.

Waktu kedaluwarsa opsi dapat bervariasi dari beberapa detik hingga beberapa hari, tergantung pada platform perdagangan digunakan. Jika prediksi investor ternyata benar, ia akan mendapat untung besar. Namun, jika ramalannya salah, investor akan kehilangan jumlah yang diinvestasikan dalam opsi tersebut.

REKOMENDASI  6 Teknik Visualisasi Pikiran untuk Mencapai Tujuan Kariermu

Keuntungan atau kerugian ditentukan sebelumnya sehingga pedagang menyadari risiko yang terkait dengannya sebelum melakukan perdagangan. Singkatnya, sistem perdagangan opsi biner itu mirip dengan perjudian tetapi didasarkan pada pasar uang.

Jual beli opsi biner terutama melalui platform daring disediakan oleh broker tertentu. Namun, perlu diingat bahwa aktivitas ini merupakan transaksi keuangan yang sangat berisiko. Oleh karena itu, investor harus memahami risiko yang terkait dengan hal ini sebelum melakukan transaksi tersebut.

Karena tingginya risiko tersebut, Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) mengeluarkan pernyataan bahwa opsi biner dilarang di Indonesia. Pasalnya, tindakan tersebut tidak sesuai dengan pasal 1 ayat 8 Undang-Undang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) Nomor 10 Tahun 2011.

7 Aplikasi Ilegal untuk Binary Option di Indonesia

Untuk Menghindari Kegiatan Terlarang Ini, Ini 7 Aplikasinya opsi biner ilegal di Indonesia, antara lain:

1. NADEX

NADEX (Bursa Derivatif Amerika Utara) platform perdagangan opsi biner berbasis di Amerika Serikat. Meskipun aplikasi ini dikontrol oleh bursa efek di AS, bukan berarti NADEX aman dan disetujui untuk digunakan di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, NADEX memiliki status ilegal karena tidak terdaftar sebagai perantara atau makelar aset keuangan di Bappepti.

2. Dunia Binomo

Aplikasi berdagang yang lainnya adalah Dunia Binomo. Aplikasi ini tidak terdaftar sebagai broker yang diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama aplikasi ini, karena beberapa waktu yang lalu pernah ada Topik aktual jika terjadi kerugian besar yang ditanggung oleh investor.

REKOMENDASI  Investasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak, Why Not?

Hingga saat ini, Bappebti terus bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menutup akses ke Binomo. Namun, aplikasi ini terus bermunculan dengan domain yang berbeda. Untuk itu, penting agar Anda tidak menggunakan aplikasi ini untuk menghindari kerugian. Selain itu, pengoperasian sistem Binomo tidak dikontrol oleh negara, sehingga akan sulit menangani penipuan yang terjadi di kemudian hari.

3. Kotteks

Aplikasi berikutnya ini diluncurkan pada 2019 namun menimbulkan banyak masalah karena dugaan pencucian uang oleh Doni Salmanan. Pada dasarnya, aplikasi Quotex menawarkan peluang perdagangan online dengan menyediakan valuta asing atau mata uang seperti dolar Singapura, dolar AS, euro Kanada, dan sebagainya.

Selain itu, Quotex juga memperdagangkan aset digital mata uang kripto seperti Bitcoin. Namun, sayangnya aplikasi perdagangan ini tidak diakui oleh Bappepti dan seseorang yang menggunakannya dapat dikenakan sanksi.

4. Perdagangan Olymp

Olymptrade adalah salah satu aplikasinya perdagangan opsi biner yang diblokir oleh Bappebti. Aplikasi ini diblokir oleh pemerintah karena tidak memiliki izin beroperasi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di Indonesia.

Karena statusnya yang ilegal, masyarakat diperintahkan untuk tidak mengeksploitasinya. ditambah banyak domain Olymp Trade beredar di Internet, jadi investor harus lebih berhati-hati.

5. Opsi IQ

Seperti aplikasi lainnya, IQ Option juga disertakan. perdagangan opsi biner online yang penggunaannya dilarang. Aplikasi ini berbasis di negara Siprus dan telah beroperasi sejak tahun 2013.

REKOMENDASI  5 Pelajaran Penting dari Hasil Bagi-Bagi Modal

Aplikasi ini sebenarnya sudah banyak digunakan di berbagai negara di dunia, namun belum ada aplikasi izin penggunaan aplikasi ini di Indonesia sendiri. Dengan demikian, negara tidak dapat menjamin bahwa transaksi di pasar uang yang terjadi di dalamnya aman dan dilindungi undang-undang.

6. Weltrade

Kejadian yang paling umum ditemukan akibat penggunaan aplikasi perdagangan Weltrade adalah penipuan berupa ketidakmampuan untuk menarik dana. Banyak investor yang tidak melakukan transaksi dan melaporkannya ke pihak berwajib.

Namun, karena permohonan ini berstatus ilegal, investor kesulitan memprosesnya lebih lanjut. Jadi sebelum melakukan perdagangan opsi binerpertama pastikan Anda memahami risiko yang terkait dengan aplikasi yang Anda gunakan.

7. Okta FX

Aplikasi perdagangan opsi biner yang terakhir dikenal sebagai broker forex (mata uang asing) secara global. Namun, ternyata aplikasi ini belum mendapat izin dari Bappepti sehingga membuat segala aktivitas di dalamnya ilegal.

Pemerintah telah berupaya memblokir dan membatasi akses ke aplikasi Octa FX untuk mengurangi jumlah korban. berdagang liar. Ini adalah 7 aplikasi opsi biner ilegal di Indonesia yang harus Anda hindari. Meskipun banyak aplikasi ilegal, ada juga aplikasi jual beli online legal yang diakui dan dikendalikan oleh Bappeti seperti Benih, Bareksa, Ajaib dan masih banyak lagi. Setelah memahami penjelasan di atas, saatnya Anda menghindari aktivitas tersebut. opsi biner terutama dari aplikasi ilegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *