AHY Dilantik Jadi Menteri! Ini Profil, Kekayaan, dan Kisaran Gajinya

Politisi sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY resmi dilantik sebagai Menteri ATR/BPN.

Kira-kira seperti apa jenjang karir, harta kekayaan, serta gaji yang akan ia dapatkan? Selengkapnya di artikel berikut ini.

 

AHY Resmi Jabat Menteri Kabinet Joko Widodo

Politisi Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan resmi menggantikan Hadi Tjahjanto.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Hadi Tjahjanto saat dilantik jadi Menteri ATR-Menko Polhukam. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

 

AHY menuturkan, pihaknya dihubungi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno pada Senin 19 Februari lalu untuk menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

“Dan Beliau kemudian menyampaikan saya diterima oleh Pak Presiden Jokowi di Istana Merdeka, kemarin Selasa jam 8. Saya tidak tahu agendanya apa ketika itu, tetapi saya datang tentunya. Dan di situlah Beliau (Presiden) meminta saya untuk bergabung di kabinet,” ujar AHY, melansir Kompas.com (21/02).

 

Profil dan Perjalanan Karir Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY sendiri merupakan putra sulung dari Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Beliau lahir di Bandung, 10 Agustus 1978. Agus Harimurti Yudhoyono telah menikah dengan Annisa Pohan pada tahun 2005 dan dikaruniai seorang anak bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono.

 

Awal Pendidikan di Kemiliteran

Agus Harimurti Yudhoyono sendiri memiliki latar belakang militer mengikuti jejak sang ayah. Ia menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara hingga lulus pada tahun 1997.

Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Akademi Militer hingga lulus pada tahun 2000 dengan predikat lulusan terbaik serta menyandang gelar Adhi Makayasa.

Tak sampai disitu, AHY melanjutkan pendidikan formalnya di Institute of Defence and Strategic Studies Nanyang Technological University (NTU) dan lulus dengan gelar Master di bidang Strategic Studies pada tahun 2006.

AHY juga berhasil menyelesaikan program pendidikan militer di US Army Command and General Staff  College (CGSC) selama satu tahun dan memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,0.

Tak tanggung-tanggung ia memperoleh penghargaan internasional langsung dari Deputi Komandan CGSC Mayor Jenderal Hughes.

Di saat yang bersamaan, AHY juga meraih gelar Master of  Arts (MA) dalam bidang Leadership and Management dari George Herbert Walker School of Business and Technology.

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Agus Harimurti Yudhoyono, Sang Patriot Bangsa]

 

Karier di Militer dan Politik

Mengawali kariernya secara profesional, Agus Harimurti Yudhoyono berhasil menyandang gelar Mayor TNI ketika beliau berkarir di Angkatan Darat atau TNI AD.

Sayangnya karir di militer AHY tidak berlangsung lama. Pasalnya ia memutuskan untuk memulai petualangan baru di dunia politik dan mengambil pensiun dini dari TNI pada tahun 2016.

AHY kemudian bergabung bersama Partai Demokrat yang merupakan partai politik milik sang ayah. Beliau sempat dicalonkan sebagai Calon Gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 lalu.

Kendati demikian, AHY harus menelan kekalahan di putaran pertama Pilkada DKI 2017.

Akan tetapi pihaknya tidak berhenti untuk terus menerukan karier politiknya. AHY pun berhasil menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat pada 2020.

 

Menjabat Sebagai Menteri ATR/BPN

Karir politiknya pun semakin cemerlang setelah beliau sukses dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

AHY resmi dilantik pada 21 Februari 2024 secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

[Baca Juga: Tok! Jokowi Tetapkan Keppres Cuti ASN 2024, Ini Jadwalnya]

 

Jumlah Kekayaan AHY dan Asetnya

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang dihimpun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Oktober 2016, kekayaan yang dimiliki AHY menunjukkan angka sebesar Rp15,2 miliar.

Kekayaan tersebut terdiri dari beberapa aset yang ia miliki meliputi:

  • 3 bidang tanah dan bangunan senilai Rp6.772.645.000
  • 1 unit mobil senilai Rp550.000.000
  • Usaha senilai Rp360.000.000
  • Harta bergerak lainnya senilai Rp688.800.000
  • Giro dan setara kas senilai Rp6.920.360.024

 

Sementara dalam catatan tersebut diketahui bahwasannya AHY tidak memiliki utang serta aset berharga. Data di atas melansir dari Cnbcindonesia.com (22/02).

Apakah Sobat HOOQ.ID ingin seperti AHY yang saat ini punya kekayaan melimpah bahkan tanpa utang? HOOQ.ID punya rahasia sukses bebas utang yang mudah diterapkan. Penasaran? Simak tayangan berikut ini!

 

 

Apa Saja Tugas Menteri ATR/BPN

Setelah dilantik, Agus Harimurti Yudhoyono akan menjalankan tupoksinya sebagai seorang Menteri ATR/BPN.

Apakah Sobat HOOQ.ID sudah mengetahui apa saja hal-hal yang akan dikerjakan oleh kementerian ini?

Berdasarkan Pepres Nomor 47 tahun 2020 pada pasal 4, Kementerian ATR/BPN akan menyelenggarakan tugas di bidang agraria/pertanahan serta tata ruang.

Ada pun dalam melaksanakan tugasnya, wewenang/fungsi kementerian ini ialah sebagai berikut:

  1. Menyusun kebijakan di bidang tata ruang survei dan pemetaan pertanahan, penetapan hak dan pendaftaran tanah, penataan agraria, pengadaan tanah, dan pengembangan pertanahan.
  1. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas serta memberikan dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.
  1. Mengelola barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab kementerian.
  1. Pengawasan terhadap pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.
  1. Melaksanakan bimbingan teknis serta supervisi atas pelaksanaan urusan di daerah dalam ruang lingkup kementerian.
  1. Memberikan dukungan substantif kepada seluruh unsur organisasi di ruang lingkup kementerian.
  1. Menangani sengketa dan konflik pertanahan untuk mencapai penyelesaian yang adil.

 

Berapa Gaji yang akan Diperoleh Menteri ATR/BPN

Lantas, berapakah gaji yang akan didapatkan oleh AHY setelah menjabat sebagai Menteri ATR/BPN?

Perlu Sobat HOOQ.ID ketahui gaji seorang menteri telah diatur di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2000.

Berikut ini rincian gaji yang akan diterima oleh menteri negara.

  • Gaji Pokok Rp5.040.000 per bulan.
  • Tunjangan Jabatan Rp13.608.000 per bulan
  • Dana operasional bisa mencapai Rp100 – Rp 150 juta per bulan.

 

Akan tetapi perlu dicatat bahwa tunjangan atau dana operasional hanya dipergunakan untuk biaya kegiatan yang berhubungan dengan kepentingan negara, bukan pribadi.

 

Harapan untuk Melaksanakan Tugas dengan Baik

Pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN membuat masyarakat berharap agar beliau bisa melaksanakan tugas dengan baik. Terutama dalam aspek permasalahan yang berhubungan dengan masalah sengketa tanah.

Apalagi masalah ini erat hubungannya dengan kepentingan orang banyak terutama yang ingin memiliki hunian baru.

Tak sedikit, masyarakat yang harus mengalami kerugian karena hunian yang mereka miliki berdiri di atas tanah sengketa.

Sehingga peran AHY di sini sangat krusial untuk menuntaskan masalah tersebut. Berbicara mengenai permasalahan ini, apakah Sobat HOOQ.ID berencana untuk membeli rumah idaman?

Selain perlu waspada dan teliti dalam memilih lokasi, Anda juga perlu mempersiapkan keuangannya dengan baik.

Tenang, HOOQ.ID memiliki tools yang memudahkan Anda dalam perhitungan sebelum membeli rumah baru, yakni menggunakan Kalkulator Dana Beli Rumah dari HOOQ.ID.

Lebih lanjut, Anda pun bisa langsung berkonsultasi dengan Perencana Keuangan HOOQ.ID untuk memperoleh perencanaan dan strategi keuangan yang tepat. Buat janji konsultasi secara 1 on 1 dengan menghubungi WhatsApp 0851 5866 2940 atau klik banner di bawah ini, sekarang!

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

Disclaimer:  HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Itulah informasi seputar karir, harta kekayaan, dan gaji menteri ATR/BPN yang baru, AHY. Jangan lupa untuk share artikel ini supaya semakin banyak orang yang mendapatkan informasinya. Semoga bermanfaat…

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi : 

  • Redaksi. 22 Februari 2024. Dilantik Jokowi Kemarin, Segini Harta Kekayaan AHY dan Hadi Tjahjanto. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3UPmjLP
  • Ulvia Nur Azizah. 21 Februari 2024. Profil Agus Harimurti Yudhoyono, Lulusan Akmil yang Kini Jadi Menteri ATR. Detik.com – https://bit.ly/49pnV3k
  • Redaksi. 21 Februari 2024. Resmi Jabat Menteri ATR/BPN, Segini Besaran Gaji dan Tunjangan AHY. Detik.com – https://bit.ly/48nok53

 

Sumber Gambar:

AHY Dilantik Jadi Menteri! Ini Profil, Kekayaan, dan Kisaran Gajinya

REKOMENDASI  Definisi, Tugas dan Tanggung Jawab, Skills

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *