Apa itu Safety Stock dan Manfaatnya dalam Bisnis?

Dalam pengembangan bisnis, Anda harus tahu Apa itu persediaan keselamatan, proses manajemen pesanan inventaris stok barang di gudang tetap stabil.

Selain itu, sistem penyimpanan ini juga dapat mengatur dan memberikan informasi detail mengenai jumlah stok barang.

Apa itu persediaan pengaman?

Persediaan keselamatan atau safety stock adalah sistem pemesanan stok yang telah disiapkan oleh suatu perusahaan untuk mencegah kehabisan stok saat permintaan pasar sedang tinggi. Berdasarkan tingkat permintaan pasar.

Cara menghitung persediaan pengaman

Saat menghitung jumlah setoran, Anda dapat menggunakan rumus berdasarkan data permintaan aktual. Juga, lakukan perhitungan standar deviasi dan kalikan dengan faktor keamanan. Berikut rumus lengkapnya:

batas keamanan×standar deviasi= Persediaan keselamatan

Z×√((PC/T)×σD)= Persediaan keselamatan

Berdasarkan rumus di atas, Anda dapat melihat bahwa Z sama dengan faktor keamanan, sedangkan PC siklus kinerja. Maka σD adalah standar deviasi, kemudian T adalah periode siklus tuntutan.

Persediaan keselamatan= (Penjualan Harian Maksimum × Waktu Tunggu Maksimum) – (Penjualan Harian Rata-Rata × Waktu Tunggu Rata-Rata)

Perhitungan menurut rumus dihapus menggunakan titik pemesanan kembali hanya. Selain itu, Anda hanya dapat menggunakan rumus ini jika perubahan pasar terjadi dalam jangka waktu yang lama, yaitu lebih dari 2 tahun.

REKOMENDASI  Cek Kurs Dollar Hari Ini (18/1) dan Analisis Teknikal Forex

Namun, perhitungan titik pemesanan kembali Hal ini masih bisa diperbaiki dengan membuat laporan laba rugi yang dihitung setiap 3 bulan sekali.

Dampak kurangnya safety stock pada bisnis

Belajar tentang Apa itu Persediaan keselamatan, Anda juga harus mengetahui permasalahan apa saja yang sering muncul akibat tidak adanya sistem proteksi stok di suatu perusahaan. Berikut penjelasannya:

1. Ketersediaan produk menjadi tidak jelas

Masalah umum yang akan Anda hadapi jika bisnis yang Anda kelola tidak memiliki sistem keamanan gudang yaitu ketersediaan barang di gudang menjadi tidak jelas. Artinya, Anda tidak memiliki data detail mengenai produk mana saja yang saat ini mengalami lonjakan permintaan di pasar.

2. Operasi menjadi tidak efisien

Dalam manajemen bisnis, produk merupakan objek utama dalam proses pengembangan bisnis. Apalagi dengan tidak adanya sistem Persediaan keselamatan yang bisa dimaklumi, produk yang anda jual tentu tidak stabil secara kuantitas.

Efeknya terlihat jelas dalam operasi bisnis. Padahal dalam banyak kasus, masalah operasional bisnis yang tidak berjalan maksimal, faktor utamanya adalah persediaan barang yang tidak terpelihara dengan baik dan benar. Hal ini tentunya juga berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha Anda, Kamu tahu.

3. Hilangnya kepercayaan konsumen

Kepercayaan konsumen akan menurun jika operasional bisnis yang Anda kelola tidak dapat memenuhi permintaan pasar. Selain itu, mendapatkan kepercayaan dari konsumen bukanlah tugas yang mudah.

Kehilangan kepercayaan konsumen seperti memulai kembali dari awal. Bahkan, hal itu juga bisa mempengaruhi reputasi produk dan bisnis yang Anda jalankan di mata konsumen lain. Oleh karena itu penting untuk diketahui Apa itu Persediaan keselamatanKe akan sangat berpengaruh terutama dalam hal kepercayaan konsumen.

REKOMENDASI  2 Cara Top Up Linkaja Via OVO Aman dan Mudah

4. Penurunan omzet penjualan (kebangkrutan)

Masalah paling fatal yang bisa timbul karena kurangnya sistem pasokan gudang adalah penurunan omzet. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang telah dijelaskan di atas. Secara khusus, faktor kinerja operasional yang buruk dan hilangnya kepercayaan konsumen.

Padahal, dampak terburuk dari penurunan omzet terhadap sebuah bisnis adalah kemungkinan bangkrut yang sangat terbuka lebar. Selain itu, jika Anda gagal mengelolanya, maka besar kemungkinan kerugian yang akan Anda terima adalah 100% dari total transaksi bisnis.

Manfaat safety stock untuk bisnis

Nah, tentu saja, sekarang Anda sudah tahu Apa itu Persediaan keselamatan dan dampaknya jika bisnis yang Anda kelola tidak menerapkan sistem keamanan standar.

Nah, kali ini kita akan masuk ke pembahasan mengenai manfaat sistem ini bagi bisnis. Simak penjelasannya.

1. Mengoptimalkan keuntungan dan keuntungan bisnis

Dengan sistem keamanan standar, maka keuntungan apa yang Anda dapatkan dari penjualan lebih optimal. Karena sistem Persediaan keselamatan yang mengatur jumlah stok barang secara keseluruhan, maka tentunya peluang penjualan barang tersebut lebih besar.

Berdasarkan hal tersebut, mengapa suatu bisnis harus menggunakan sistem perhitungan persediaan? Selain itu, dengan memiliki stok barang yang jelas, Anda juga bisa menentukan jenis barang apa yang Anda butuhkan untuk menambah jumlah stok. Lalu, jenis produk apa saja yang Anda butuhkan untuk meminimalkan persediaan Anda.

2. Permintaan pasar yang besar dapat dipenuhi

Saat menjalankan bisnis, Anda tidak bisa memastikan kapan permintaan pasar terhadap suatu produk akan melonjak. Selain itu, jika Anda tidak memiliki inventaris yang stabil, maka justru akan menjadi beban untuk mengatasi permintaan pasar yang besar di masa mendatang.

REKOMENDASI  Tukar Valas? Cek Dulu Kurs Dollar Hari Ini 19 Januari 2024

Namun, ini tidak akan terjadi jika Anda mengerti Apa itu Persediaan keselamatan dan menerapkan prinsip-prinsip sistemnya dalam manajemen bisnis. Bahkan, Anda dapat secara efektif menangani permintaan pasar yang tidak terduga ini. jika perusahaan memiliki persediaan yang stabil.

Ini juga akan membuka peluang lain berupa keuntungan besar jika bisa memenuhi permintaan pasar yang tiba-tiba.

3. Peningkatan reputasi bisnis

Manfaat selanjutnya yang akan Anda dapatkan dengan menerapkan sistem perlindungan stok dalam pengelolaan bisnis Anda adalah peningkatan reputasi bisnis Anda di mata konsumen.

Tidak hanya itu, dari salah satu konsumen yang memberikan review baik terhadap bisnis yang Anda jalankan. Sehingga dengan sendirinya konsumen lain akan tertarik untuk membeli produk yang Anda jual.

4. Penentuan jumlah persediaan yang dibutuhkan

fungsi utama Persediaan keselamatan sebenarnya adalah untuk memastikan stok barang. Namun dalam praktiknya, prinsip pengoperasian sistem ini juga memasukkannya sebagai penentu besaran. inventaris hal-hal untuk mencegah hal ini terjadi kelebihan muatan atau stok minimal.

Kemudian dampaknya adalah proses perhitungan data persediaan di inventaris menjadi lebih terstruktur. Selain itu, juga akan memudahkan pekerjaan para staf. Kontrol kualitas saat menghitung kuantitas barang, yang selanjutnya akan dihitung sesuai dengan besarnya permintaan pasar.

5. Menyederhanakan perencanaan produksi

Keuntungan terakhir yang Anda dapatkan jika Anda tahu Apa itu Persediaan keselamatan, yaitu proses perencanaan produksi menjadi lebih terstruktur. Selain itu, dengan proses produksi yang begitu jelas, perhitungannya anggaran untuk keperluan produksi, detailnya juga lebih tajam.

Padahal, mengamankan stok ini juga bisa menekan biaya produksi jika Anda mengelolanya secara sistematis dan menyesuaikan dengan pengetahuan akuntansi Anda.

Apakah Anda mengerti apa itu persediaan pengaman?

Ini pembahasan lengkap tentang Apa itu Persediaan keselamatan. Padahal, sistem pengamanan inventaris ini sangat penting untuk proses manufaktur dan operasional bisnis secara umum.

Jadi, jika saat ini Anda sedang menjalankan bisnis, maka ada baiknya menyiapkan stok barang manufaktur secara optimal.


Temukan lebih banyak inspirasi tentang manajemen bisnis, ide bisnis, dan lainnya hanya di enterprisecamp.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *