Apa Itu, Tanggung Jawab, Jenis, Skill, & Gaji

Apakah Anda senang membantu orang mengatur acara? Jika jawaban Anda adalah ya, perencana acara mungkin ini adalah karir yang tepat untuk Anda.

Sebenarnya, perencana acara atau disingkat EO, merupakan salah satu bagian penting yang mempengaruhi kelangsungan dan kelancaran acara.

Berbagai acara diadakan, mulai dari pernikahan, acara olahraga, festival, ulang tahun dan diakhiri dengan peluncuran produk baru.

Nah, jika Anda tertarik untuk berkarir di bidang ini, silakan simak lebih dekat profesi ini dengan membaca ulasan Glints di bawah ini!

Siapa penyelenggara acara?

Menurut Betterteam, perencana acara atau EO adalah orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengelola setiap aspek acara atau acara.

Mulai dari tahap pencarian ide tema acara bersama klien, planning anggaranmemesan tempat untuk acara, bekerja sama dengan pemasok DAN penjualmengatur peralatan untuk acara dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara.

Acara yang diselenggarakan juga dapat berupa acara publik seperti peluncuran produk perusahaan dan konser musik, serta acara pribadi seperti ulang tahun atau pernikahan.

Karena tugas ini perencana acara pada umumnya akan bekerja sangat erat dengan klien atau orang-orang yang ingin menjalankan acara agar setiap aspek acara dapat berjalan dengan lancar.

Tanggung jawab penyelenggara acara

Menurut JD&RE, tanggung jawab utama perencana acara mengatur acara dari awal sampai akhir.

Selain itu beliau juga memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

  • Berkomunikasi dengan klien untuk memahami keinginan, kebutuhan, dan permintaan khusus mereka untuk suatu acara.
  • Merencanakan dan mengatur acara sesuai dengan konsep, keinginan, dan preferensi klien.
  • Buat anggaran sesuai dengan kebutuhan klien.
  • Pilih tempat yang paling cocok untuk acara tersebut, pesan dan siapkan untuk kebutuhan acara tersebut.
  • Pengembangan program acara, rencana akomodasi, panduan acara, tiket, selebaran, dan aktivitas pemasaran lainnya untuk promosi acara tradisional atau digital.
  • Rekrut sukarelawan, pembawa acara, tamu khusus, atau artis yang sesuai dengan acara sesuai kebutuhan.
  • Hadiri acara untuk mengamati aksi dan pastikan setiap hal kecil dilakukan sesuai rencana.
  • Memecahkan masalah yang mungkin timbul saat menyelenggarakan acara.
  • Membahas dan membimbing setiap anggota panitia yang terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan acara
  • Negosiasikan dan kontrak dengan fotografer, katering, layanan dekorasi, layanan teknis, dan transportasi untuk memastikan kesuksesan acara.
  • Melakukan tugas-tugas lain yang mungkin ditugaskan atau diminta oleh klien.
REKOMENDASI  6 Tips Buka Puasa saat Masih di Jalan Pulang Kantor

Jenis penyelenggara acara

Menyimpulkan Jurnal Binus Humaniora, ada 6 jenis perencana acara biasanya ditemukan, yang dibagi tergantung pada tujuan acara. Berikut penjelasannya:

1. Agen layanan tunggal

Agen layanan tunggal adalah EO yang menyelenggarakan acara dalam skala besar. Mungkin juga bertanggung jawab untuk menyelenggarakan acara di tingkat regional, nasional dan internasional.

Sebagai contoh, agen layanan universal biasanya mengadakan acara dengan ribuan peserta, seperti konser musik atau pesta akbar nasional.

Tentu saja, bahkan dalam skala yang sangat besar, sebuah tim atau agen EO ini harus mengatur dan mengelola setiap aspek acara dari awal hingga akhir.

2. perencana acara MICE

MICE adalah singkatan dari rapat, insentif, konvensiDAN pameran. Jadi, tipe EO MICE adalah orang atau tim yang mengelola acara berupa pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran.

Jenis EA ini biasanya digunakan oleh para tokoh atau pengusaha perorangan untuk membahas suatu topik. Kemudian cakupan acaranya juga bisa lokal atau internasional.

3. Musik dan hiburan

Apakah Anda sering pergi ke pertunjukan atau acara musik? Jika Anda melihat tim penyelenggara menonton acara tersebut, mereka adalah pasangan perencana acara.

Jenis EO ini sangat terspesialisasi atau berpengalaman dalam menyelenggarakan acara musik dan acara hiburan lainnya.

4. Perencana/penyelenggara pernikahan

Belakangan ini sering kita lihat banyak yang menggunakan jasa EO untuk private wedding.

REKOMENDASI  Definisi, Tugas, Skill, Cara Menjadi, dan Gaji

Mengandalkan Jasa perencana acarakeluarga, calon pengantin tidak perlu pusing dengan agenda pernikahan, venue, dekorasi, menu makanan dan dokumentasi pernikahan.

Klien cukup mengkomunikasikan kebutuhan dan keinginannya kepada EO yang dipilih, dan semuanya akan diatur sesuai dengan keinginannya.

5. Ulang tahun

Selain acara privat seperti pernikahan, tidak jarang seseorang memesan jasa EO untuk acara ulang tahun.

Sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, EO akan membantu perencanaan pesta ulang tahun secara keseluruhan sesuai dengan keinginan klien.

Keterampilan yang dibutuhkan untuk penyelenggara acara

Jadi, jika Anda sudah mengetahui apa itu EA, tanggung jawabnya, serta jenis-jenisnya, Anda juga harus mempelajarinya keterampilan segala sesuatu yang diperlukan untuk menjadi perencana acara sukses.

Karena dia akan terus berinteraksi dengan orang lain, perencana acara membutuhkan keterampilan seperti:

1. kepemimpinan

Bagaimana perencana acaraAnda akan bertanggung jawab atas kontrol dan pengelolaan semua aspek acara. Tidak hanya berhenti di situ, Anda juga akan mengelola staf dan pemasok.

Karena itu, tentu saja, satu perencana acara harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat sehingga ia dapat mendelegasikan tugas kepada semua karyawan dan memastikan pelaksanaannya dengan baik.

Jika semuanya tertata dengan baik, acara akan berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan klien.

2. Perhatian terhadap detail

Menurut Indeed, dalam setiap acara pasti ada hal-hal kecil yang perlu diperhatikan, seperti pemandangan, waktu pertunjukan, dan lain-lain. Apalagi jika ada permintaan khusus dari pelanggan, seperti warna trim.

Tentu saja pasangan perencana acara Anda harus bisa mengingat keinginan klien ini, agar nantinya acara bisa dipersiapkan dengan matang.

3. Manajemen waktu

Menurut Climbtheladder, EO akan bertanggung jawab untuk menyiapkan acara, seperti berkolaborasi dengan vendor atau merekrut staf. Tentu saja, semua ini akan dilakukan pada waktu yang berbeda.

REKOMENDASI  Apa Itu dan Cara Mendapatkannya

Selain itu, kegagalan dalam jadwal dimungkinkan, sehingga perlu dijadwalkan ulang di lain waktu.

Oleh karena itu, EO harus mampu mengatur waktu secara efektif agar dapat menyelesaikan tugasnya.

Itu sebabnya perencana acara harus memiliki keterampilan Manajemen waktu Bagus.

4. Kolaborasi

Seperti disebutkan sebelumnya, perencana acara tidak bekerja sendirian. Dia harus bekerja sama dengan klien dan juga membutuhkan bantuan seperti staf dan vendor.

Oleh karena itu, dia harus memiliki keterampilan bekerja sama dan berkolaborasi dengan pihak lain agar acara dapat terlaksana sesuai rencana.

5. multitasking

Jika melihat tugas dan tanggung jawab PR sebelumnya, Anda akan melihat banyak aspek yang perlu disiapkan hanya untuk satu acara.

Jadi, keterampilan multitasking adalah kriteria untuk menjadi EO profesional.

DENGAN keterampilan ini, ia akan mampu mengurus banyak hal sekaligus sehingga rencana yang telah digariskan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan dan tenggat waktu.

Gaji penyelenggara acara

Kami melihat itu perencana acara itu adalah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab yang relatif besar. Oleh karena itu, upah tetap juga cukup tinggi.

Menurut studi Glints, upah profesional perencana acara dalam jumlah tentang Rp5.460.000 menjadi Rp8.100.000.

Dibandingkan dengan UMP Jakarta, kisaran gaji EO ini sudah melebihi yang ditetapkan.

Namun kisaran gaji ini bisa saja berubah tergantung wilayah UMR yang akan Anda tempati nantinya.

Itu saja informasi dari Glints mengenai definisinya perencana acaratugas, jenis, keterampilan dibutuhkan, dan kisaran gaji.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang tertarik untuk meniti karir di EA.

Kecuali perencana acaraTahukah Anda, Glints juga membahas peluang karir di bidang lain.

Misalnya profesi di bidang kedokteran, lapangan pemasaranbidang Manajemen Produkmaupun di bidang IT.

Dengan demikian, Anda dapat menjelajahi berbagai pilihan karir dan menentukan mana yang tepat untuk Anda.

Ayo, tekan koneksi Ini untuk menemukan semua informasi gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *