Indeks

Biaya Overhead: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Hitungnya

Biaya overhead berperan penting dalam mendukung keberlangsungan bisnis. Mengapa setiap perusahaan harus punya pos ini?

Untuk mendapatkan penjelasan lengkapnya, simak ulasan HOOQ.ID berikut sampai habis!

 

Summary:

  • Biaya overhead menjadi salah satu biaya yang rawan akan penyalahgunaan, padahal berfungsi untuk memastikan efisiensi dan efektivitas operasional.
  • Melakukan pencatatan biaya overhead secara rutin membantu perusahaan untuk mengawasi besaran biaya yang akan dikeluarkan setiap bulan.

 

Apa itu Biaya Overhead

Biaya overhead adalah jenis pengeluaran yang tidak secara langsung terkait dengan produksi layanan atau jasa. Berbeda dengan biaya bahan baku dan upah tenaga kerja, biaya overhead meliputi pajak, asuransi, ATK, sewa, keamanan, dan lain sebagainya.

Dana ini menunjang kemajuan bisnis tanpa terhubung langsung dengan produk atau layanan tertentu.

Fungsi utamanya adalah memastikan efisiensi dan efektivitas operasional. Dengan demikian, perusahaan dapat memastikan alokasi dana proporsional dan mendapat profit.

 

Fungsi Biaya Overhead

Berikut adalah fungsi utama dana overhead bagi perusahaan:

 

#1 Mengontrol dan Memantau Pengeluaran

Biaya overhead, sebagai salah satu komponen biaya rawan penyalahgunaan, perlu dikontrol secara cermat untuk menjaga stabilitas keuangan perusahaan.

Pengawasan yang tepat, termasuk perhitungan akurat oleh pihak berwenang, mampu meminimalisasi risiko fraud dan memastikan kelancaran cash flow bisnis.

Hal ini penting untuk meminimalisasi risiko dan mencegah oknum yang memanfaatkan celah untuk kepentingan pribadi. Agar keuangan bisnis Anda berjalan lancar dan usaha bisa maju, simak YouTube HOOQ.ID yang tersemat berikut ini.

 

 

#2 Mengurangi Biaya Tidak Mendesak

Biaya overhead berperan penting dalam menjaga efektivitas dan efisiensi pengeluaran bisnis.

Perhitungan biaya overhead membantu perusahaan untuk mengidentifikasi sektor-sektor non-prioritas dan melakukan langkah-langkah pengurangan biaya yang tidak perlu.

Hal ini memungkinkan perusahaan memastikan bahwa pengeluaran di bagian overhead dioptimalkan dan dialokasikan untuk kegiatan yang lebih penting.

Dengan demikian, perhitungan pos ini menjadi alat penting bagi divisi keuangan dalam mengelola keuangan perusahaan secara efektif dan mencapai tujuan bisnis yang optimal.

 

#3 Dasar Perhitungan Pengeluaran

Dalam bisnis, perhitungan biaya overhead merupakan hal penting untuk menentukan efisiensi dan efektivitas operasional.

Salah satu metode populer untuk menghitung overhead adalah dengan membaginya berdasarkan kebutuhan tiap divisi.

Pendekatan ini memungkinkan analisis dan koreksi yang lebih terperinci terhadap pengeluaran, serta penyusunan proposal anggaran yang lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dengan memahami kebutuhan tiap divisi, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya secara optimal dan meningkatkan efisiensi operasional. Hal ini akan berkontribusi pada peningkatan profitabilitas dan daya saing perusahaan.

 

#4 Salah Satu Komponen untuk Dalam Penyusunan Strategi Perusahaan

Biaya overhead, meski tidak secara langsung terkait dengan produksi, punya peran krusial dalam kelancaran operasi bisnis. Dalam beberapa situasi, perhitungannya bahkan menjadi yang paling penting.

Misal, biaya riset produk melalui analisis dan agensi eksternal termasuk dalam kategori overhead. Biaya ini membantu perusahaan dalam memahami pasar dan mengembangkan produk yang tepat.

[Baca Juga: Pahami Biaya Peluang & Contohnya, Agar Tepat Ambil Keputusan]

 

Jenis Biaya Overhead

Berdasarkan jumlahnya, biaya overhead dibedakan dalam beberapa jenis, yaitu:

 

#1 Biaya Overhead Tetap (Fixed Overhead)

Biaya overhead tetap merupakan elemen penting dalam operasional bisnis yang tidak terpengaruh oleh fluktuasi volume produksi.

Sifatnya yang stabil dan mudah diprediksi menjadikannya komponen vital dalam memastikan kelancaran bisnis. Contoh dari biaya overhead tetap meliputi sewa, asuransi, gaji karyawan, depresiasi aset, dan amortisasi.

Pemahaman mendalam tentang biaya overhead tetap membantu perusahaan dalam perencanaan keuangan, kalkulasi harga produk, dan pengambilan keputusan strategis untuk mencapai efisiensi dan profitabilitas optimal.

 

#2 Biaya Overhead Variabel (Variable Overhead)

Biaya overhead variabel merupakan komponen biaya produksi fluktuatif yang dipengaruhi oleh perubahan volume produksi atau operasional.

Beberapa biaya overhead variabel yakni tenaga kerja borongan, perlengkapan produksi, komisi, biaya pengiriman, dan perlengkapan pengemasan.

 

#3 Biaya Overhead Variabel Mixed (Semi-variable Overhead)

Biaya overhead variabel mixed merupakan perpaduan karakteristik biaya overhead tetap dan variabel. Biaya ini dapat dikeluarkan perusahaan kapan saja dengan besaran yang berubah tergantung aktivitas bisnis.

Contohnya, tarif dasar bulanan untuk aktivitas tertentu dikombinasikan dengan biaya variabel berdasarkan tingkat penggunaan.

Biaya overhead variabel mixed mencakup penggunaan kendaraan, komisi penjualan, dan kebutuhan utilitas seperti air dan listrik.

 

Cara Menghitung Biaya Overhead

Perhatikan langkah berikut untuk menghitung biaya overhead dalam bisnis Anda:

 

#1 Cari Tahu Pos-pos Dana Overhead

Biaya produksi terbagi menjadi dua kategori utama, yakni biaya langsung dan biaya overhead. Biaya langsung berkaitan dengan proses produksi. Sedangkan biaya overhead tidak terkait langsung dengan proses tersebut.

Biaya langsung mudah diidentifikasi dan diukur. Sementara biaya overhead memerlukan alokasi yang cermat.

Pencatatan biaya overhead yang rapi dan rinci akan meningkatkan keandalan laporan keuangan dan membantu pengambilan keputusan yang tepat.

 

#2 Menghitung Persentase Biaya Overhead

Berikutnya, hitung persentase biaya overhead dengan biaya langsung. Caranya, bandingkan besaran biaya tidak langsung (indirect cost) dengan biaya langsung (direct cost) dan dikalikan 100%.

Hasilnya menunjukkan persentase biaya overhead yang dikeluarkan perusahaan dalam pengelolaan bisnis. Persentase ini berguna sebagai bahan evaluasi, seperti nilai biaya overhead.

biaya overhead

Ilustrasi Perhitungan. Sumber: kitalulus.com

 

#3 Tentukan Nilai Efisien Biaya Overhead

Untuk mengetahui efisiensi biaya overhead, perusahaan perlu membandingkannya dengan upah tenaga kerja.

Caranya, kalikan rasio biaya overhead terhadap upah tenaga kerja dengan 100%. Hasilnya menunjukkan apakah jumlah tenaga kerja saat ini optimal atau perlu penyesuaian.

[Baca Juga: Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Sederhana, Mudah Dipahami!]

 

Sudah Mempersiapkan Biaya Overhead?

Peran biaya overhead tidak bisa dipandang sebelah mata. Pos ini membantu proses produksi dan pengambilan keputusan atas hal-hal besar.

Agar keuangan bisnis Anda tetap terkontrol dan operasional berjalan lancar, yuk, baca ebook gratis dari HOOQ.ID berjudul Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis.

Jika masih ragu dengan proporsi biaya overhead perusahaan, Anda bisa berkonsultasi dengan Perencana Keuangan HOOQ.ID.

Selama sesi diskusi secara 1 on 1, Anda akan memperoleh advice dan strategi sesuai kondisi terkini perusahaan. Silakan hubungi WhatsApp 0851 5866 2940 untuk informasi lebih lanjut atau klik banner di bawah ini.

 

Disclaimer: HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Demikian ulasan tentang biaya overhead. Silakan sampaikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah.

Jangan lupa bagikan informasi ini di media sosial dan bantu rekan Anda memperkaya literasi finansial. Terima kasih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • MPM HO. 12 Januari 2023. Biaya Overhead adalah: Pengertian, Contoh dan Cara Menghitungnya. Mpm-insurance.com – https://bit.ly/3umzSb0
  • Muhammad Idris. 07 Oktober 2022. Pengertian Biaya Overhead, Jenis, Contoh, dan Hitungannya. Kompas.com – https://bit.ly/3SXWBDO
  • Rijal Fahmi Mohamadi. 09 Desember 2022. Contoh Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik (BOP). Jurnal.id – https://bit.ly/3uxNxfl
  • Sarah Silvia. 19 Maret 2023. Biaya Overhead: Pengertian, Jenis hingga Cara Menghitungnya. Flip.id – https://bit.ly/3SDycC5

 

Sumber Gambar:

Biaya Overhead: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Hitungnya

Exit mobile version