Biaya Tambal Gigi Terbaru 2024, Bisa Pakai BPJS Kesehatan?

Gigi berlubang adalah salah satu masalah kesehatan gigi yang sangat mengganggu. Oleh karena itu, HOOQ.ID akan membahas seputar prosedur dan biaya tambal gigi yang penting kamu ketahui.

Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

 

Summary:

  • Prosedur tambal gigi dapat membantu seseorang menghindari berbagai komplikasi yang dapat muncul dari gigi berlubang yang tidak teratasi dengan baik.
  • Terdapat beberapa pilihan jenis tambal gigi di mana biaya tambal gigi di Puskesmas lebih terjangkau.

 

Apa itu Prosedur Tambal Gigi

Tambal gigi adalah tindakan yang dokter lakukan untuk memperbaiki dan merestorasi gigi yang mengalami kerusakan. Kerusakan akibat gigi yang berlubang atau patah tentunya dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bagi pengidapnya.

REKOMENDASI  Biaya Tol Jakarta-Semarang Terbaru 2024, Cek Sebelum Mudik!

Masalah ini dapat membuat seseorang mengalami rasa nyeri, bau mulut, hingga kesulitan untuk makan. Untungnya, masalah ini dapat kamu atasi dengan prosedur tambal gigi.

Ilustrasi Tambal Gigi. Sumber: alodokter.com

 

Tujuan prosedur tambal gigi adalah untuk mengatasi kerusakan pada gigi akibat adanya rongga atau lubang.

Prosedur ini juga bisa kamu lakukan untuk mencegah berbagai komplikasi yang bisa seseorang alami akibat gigi berlubang yang tidak bisa teratasi dengan baik.

Namun, prosedur tambal gigi ini tidak boleh kamu lakukan sembarangan. Tindakan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi.

[Baca Juga: Biaya Implan Gigi di Indonesia dan Prosedurnya, Lengkap!]

 

Faktor Penyebab Gigi Ditambal

Tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut bisa menimbulkan masalah serius bagi kesehatan. Salah satunya adalah permasalahan timbulnya gigi berlubang.

Gigi berlubang biasanya diakibatkan karena penumpukan sisa-sisa makanan di area mulut, sehingga membuat bakteri mudah masuk ke dalam gigi.

Apabila kondisi tersebut sudah terjadi, maka akan timbul rasa sakit yang mengganggu serta membuat bau mulut menjadi tidak sedap. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab gigi berlubang yang memerlukan tindakan tambal gigi:

 

#1 Jarang Menyikat Gigi

Ketika tidak membersihkan gigi secara rutin, maka plak akan menumpuk di bagian email gigi. Lama-kelamaan, plak ini akan membusuk dan mulai menimbulkan gangguan.

Jadi, pastikan kamu menyikat gigi dengan baik, setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sebaiknya kamu mengganti sikat gigi setidaknya 3 bulan sekali. Jangan tunggu sampai bulu sikatnya mekar.

Agar terhindar dari biaya tambal gigi yang mahal, kamu perlu menyikat gigi dengan cara yang benar seperti berikut ini:

  • Gunakan sikat gigi yang masih layak dan pasta gigi yang sesuai.
  • Mulailah menyikat gigi dengan gerakan dari menyikat gigi seri dan taring (menghadap ke depan) dengan gerakan ke atas ke bawah.
  • Menyikat gigi geraham (menghadap dinding mulut samping) dengan gerakan melingkar. Menyikat gigi bagian dalam dengan gerakan mencongkel. Permukaan gigi menyikat dengan gerakan maju mundur.

 

#2 Sering Mengonsumsi Makanan Manis

Makanan manis merupakan jenis kudapan yang digemari oleh banyak orang. Tetapi, perlu kamu ketahui bahwa gula merupakan salah satu zat yang bakteri senangi.

Sisa gula dan sisa ekskresi bakteri akan menghasilkan plak pada gigi. Jika tidak kamu bersihkan, plak akan mengikis gigi, sehingga kamu harus mengeluarkan biaya lebih agar kerusakan tidak berlanjut.

Jika kerusakan mencapai dentin dan pulpa, maka biaya tambal atau perawatan lain yang kamu perlukan akan lebih mahal.

 

#3 Tidak Menggunakan Benang Gigi

Selain menyikat gigi, kamu juga bisa menggunakan benang gigi untuk membantu membersihkan kotoran di sela-sela gigi. Plak kerap menumpuk di area ini karena sulit menjangkaunya dengan sikat gigi.

Gunakan benang gigi dengan hati-hati karena justru akan melukai gusi jika menggerakkan secara berlebihan.

 

#4 Mengonsumsi Makanan dan Minuman Asam

Mengonsumsi makanan dan minuman asam juga menjadi salah satu penyebab gigi berlubang. Dampaknya akan sama seperti ketika kamu mengkonsumsi banyak makanan manis.

Kamu perlu menunggu 40 menit setelah mengkonsumsi kudapan asam untuk sikat gigi. Selain itu, kamu juga perlu minum air putih 2 liter untuk menjaga pH di rongga mulut agar tetap netral.

 

#5 Faktor Usia

Kelompok umur anak dan manula mudah terserang masalah kerusakan gigi. Manula mudah mengalaminya karena metabolisme tubuh yang lambat.

Selain faktor internal, kebiasaan lain seperti kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan merokok juga mempengaruhi kondisi gigi di masa senja.

[Baca Juga: Harga Cabut Gigi di Indonesia dan Prosedur Terbaru, Catat!]

 

Prosedur Tambal Gigi

Karena pentingnya kesehatan gigi, maka informasi seputar biaya tambal gigi perlu kamu ketahui sebagai antisipasi.

Namun, sebelum membahas mengenai biayanya, kamu juga perlu mengetahui prosedur tambal gigi yang termasuk dalam salah satu prosedur perawatan gigi.

Adapun prosedur tambal gigi adalah sebagai berikut:

  • Dokter akan memeriksa mulut kamu menggunakan alat-alat medis yang relevan. Jika perlu, dokter gigi akan mengambil rontgen untuk melihat kerusakan gigi lebih lanjut.
  • Jika terjadi penambalan gigi sampai bagian pulpa, kamu akan memerlukan anestesi (oleh dokter). Tetapi, kamu tidak akan mendapat obat bius lokal jika penambalan hanya di permukaan.
  • Setelah area tersebut mati rasa, kemungkinan besar dokter akan mengebor area yang rusak untuk menghilangkan bagian tersebut. Teknik lainnya adalah abrasi udara dan laser. Biaya prosedur tambal gigi bisa berbeda untuk masing-masing teknik.
  • Lalu, dokter akan mensterilkan bagian yang akan ditambal. Biasanya, menggunakan sinar panjang gelombang biru untuk proses penambalan dan pengawetan tambalan.
  • Terakhir, dokter akan menggosok gigi untuk memastikan gigitan benar. Setelah kerja obat bius selesai, mungkin kamu akan merasa sedikit ngilu.

 

Berapa Biaya Tambal Gigi di Dokter Gigi

Besaran biaya tambal gigi di dokter gigi tergantung dengan tingkat kerusakannya. Apabila lubang tidak terlalu besar, maka pasien umumnya harus membayar sekitar Rp150.000 hingga Rp300.000.

Kemudian, biaya tambal gigi dengan kerusakan sedang berkisar antara Rp400.000 sampai Rp600.000. Sementara jika kerusakan sudah cukup parah, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp700.000 hingga Rp1 juta.

Tak hanya itu, besar kecilnya biaya tambal gigi juga tergantung dari jenis tambalan gigi yang akan kamu gunakan, serta fasilitas kesehatannya.

 

Berapa Biaya Tambal Gigi di Puskesmas

Sementara itu, biaya tambal gigi di Puskesmas biasanya berkisar Rp30.000 per gigi. Sedangkan, untuk biaya tambal gigi permanen, biasanya mencapai Rp100.000 per gigi.

Perlu kamu ingat, biaya di atas akan berbeda sesuai dengan bahan penambalnya.

Selain itu, lokasi Puskesmas juga bisa mempengaruhi biaya yang harus kamu bayarkan. Lokasi yang strategis biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

 

Apakah Tambal Gigi Ditanggung BPJS?

Jika kamu peserta BPJS Kesehatan, makan kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan prosedur tambal gigi secara gratis.

Namun, BPJS Kesehatan hanya menjamin biaya tambal gigi dengan menggunakan jenis bahan glass ionomer cement (GIC) atau bahan resin komposit.

Kamu bisa mendapatkan pelayanan gratis ini di fasilitas kesehatan Tingkat I, seperti Puskesmas, praktik dokter mandiri, dan klinik. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu membayar iuran BPJS Kesehatan.

Untuk menggunakan BPJS Kesehatan di rumah sakit, Sobat HOOQ.ID bisa ikuti panduannya dalam tayangan berikut ini.

 

 

Jenis-jenis Tambal Gigi

Selain mengetahui biaya tambal gigi, kamu juga perlu memahami jenis-jenis tambalan gigi yang bisa kamu gunakan.

Jenis tambalan berikut tentunya akan mempengaruhi biaya yang harus kamu keluarkan. Berikut di antaranya:

 

#1 Tambalan Porselen

Tambalan porselen merupakan jenis tambalan yang memiliki kualitas baik. Namun, biaya tambalan gigi porselen ini cukup mahal karena pembuatannya di laboratorium.

 

#2 Tambalan Emas

Sama mahalnya dengan tambalan porselen, biaya tambalan emas juga cenderung lebih mahal. Tetapi, jenis tambalan ini bisa bertahan antara 15-20 tahun. Tambalan emas terbentuk dari campuran tembaga, emas, dan logam lainnya.

 

#3 Tambalan Komposit

Berikutnya, ada jenis tambalan komposit yang juga memiliki harga tinggi. Jenis tambalan ini bisa bertahan antara 5-10 tahun. Tambalan komposit terbentuk dari partikel karsa dan resin akrilik.

 

#4 Tambalan Perak

Biaya tambal gigi perak umumnya lebih murah daripada jenis tambalan lain yang HOOQ.ID sebutkan di atas. Bahan pembentuk tambalan perak adalah merkuri, tembaga, perak, dan timah.

Sejauh ini, belum ada bukti klinis bahwa kandungan merkuri dalam tambalan ini berbahaya. Sebagai informasi, tambalan ini bisa bertahan antara 5-25 tahun ke depan.

 

#5 Tambalan Ionomer Kaca

Terakhir, ada tambalan ionomer kaca yang memiliki warna seperti gigi asli. Namun, jenis tambalan ini tidak seawet tambalan perak.

Meski begitu, tambalan gigi jenis ionomer kaca lebih mahal dari perak. Jenis tambalan ini kerap dokter gunakan pada pasien anak-anak.

 

Manfaatkan Asuransi Kesehatan Demi Lindungi Keluarga

Tidak hanya BPJS Kesehatan, kamu juga bisa memanfaatkan asuransi kesehatan swasta sebagai proteksi yang cocok untuk menanggung biaya tambal gigi.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tindakan lainnya. Seperti pembersihan karang gigi, mencabut gigi, atau perawatan lain yang lebih kompleks akibat kecelakaan dan lain sebagainya.

Yuk, ketahui pentingnya asuransi kesehatan untuk hidupmu dan keluarga dalam ebook gratis dari HOOQ.ID berjudul Anti Pusing Mikirin Biaya Kalau Sakit.

Jika butuh saran keuangan yang inklusif, Anda bisa berkonsultasi dengan Perencana Keuangan HOOQ.ID. Hubungi Customer Advisory melalui WhatsApp di nomor 0851 5866 2940 atau klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

konsul - ASURANSI Q3 23

 

Disclaimer: HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Demikian informasi seputar biaya tambal gigi yang perlu Sobat HOOQ.ID ketahui.

Tuliskan pendapatmu di kolom komentar, dan bagikan artikel ini kepada kerabat dekat kamu yang juga mengalami masalah gigi berlubang. Semoga bermanfaat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • Anang Setyawan. Biaya Tambal Gigi di Puskesmas 2024: BPJS & Umum. Biayatarif.com – https://shorturl.at/xGMS0
  • Admin. Apa Itu Tambal Gigi? Tujuan, Jenis, dan Prosedurnya. Halodoc.com – https://shorturl.at/zKLW6

 

Sumber Gambar:

  • Cover:  shutterstock.com

Biaya Tambal Gigi Terbaru 2024, Bisa Pakai BPJS Kesehatan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *