Indeks

7+ Cara Kaya ala Warren Buffett, Bisa Diikuti Gak, Ya?

Nama besar Warren Buffett masih cukup asing untuk beberapa orang. Padahal, pria asal Amerika ini punya perjalanan karier yang menarik dan inspiratif.

Cari tahu hal-hal menarik dari Warren Buffett dalam ulasan HOOQ.ID berikut ini!

 

Summary:

  • Warren Buffett tetap setia pada strategi investasi value investing dan menjalani gaya hidup yang sederhana.
  • Buffett telah menunjukkan minat yang kuat dalam bisnis dan investasi sejak usia muda.

 

Siapa Warren Buffett?

Warren Buffett adalah investor, pengusaha, dan filantropis asal Amerika Serikat. Ia lahir pada tahun 1930 dan menjadi orang terkaya ketiga di dunia pada tahun 2015.

Ia dikenal karena kesetiaannya pada metode investasi value investing dan gaya hidupnya yang sederhana meski punya kekayaan yang besar. 

Buffett juga filantropis berdedikasi yang bersumpah akan menyumbangkan 99% kekayaannya untuk keperluan filantropi.

Warten Buffet 1

Warren Buffett. Sumber: biography.com

 

Sejak usia muda, Buffett menunjukkan minat besar pada bisnis dan investasi. Ayahnya terpilih sebagai anggota DPR Amerika Serikat pada tahun 1942.

Selama masa sekolah, Buffett terlibat dalam berbagai usaha, termasuk menjual permen karet dan Coca Cola door-to-door, bekerja di toko kelontong kakeknya, dan mengantar koran.

Ketertarikannya pada pasar saham dimulai dari kunjungan ke kantor pialang saham ayahnya, dan pada usia 10 tahun, ia mengunjungi Bursa Saham New York.

Buffett memulai investasinya dengan membeli saham preferen Cities Service pada usia 11 tahun. Apa itu saham preferen? Simak tayangan berikut ini untuk tahu penjelasannya!

 

 

Pada usia 15 tahun, Warren Buffett sudah menghasilkan US$175 per bulan dari distribusi koran.

Saat SMP, ia berinvestasi dalam perusahaan ayahnya dan membeli lahan pertanian seluas 16 hektar dengan hasil menabung untuk disewakan ke petani.

Pada tahun 1947, Buffett masuk Wharton School of the University of Pennsylvania, lulus pada usia 19 tahun dengan gelar Sarjana Ekonomi Manajemen. 

Meskipun awalnya lebih tertarik mengembangkan bisnisnya, ia mendaftar kuliah atas dorongan ayahnya. 

Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di Columbia University, di mana Benjamin Graham mengajar, dan memperoleh gelar Magister Ekonomi pada 1951. 

Selama masa kuliah, Buffett telah mengumpulkan lebih dari US$90.000, menunjukkan keberhasilannya dalam investasi sejak usia muda.

 

Cara Kaya ala Warren Buffett

Warren Buffett menempuh perjalanan panjang sebelum menjadi dirinya yang sekarang. 

Tapi, ia melakukan beberapa hal yang berpengaruh terhadap pertumbuhan kariernya. Simak tips menjadi kaya ala Warren Buffett berikut ini:

 

#1 Mengambil Keputusan Sendiri

Warren Buffett menekankan pentingnya untuk tidak mengikuti tren atau pendapat orang lain dalam pengambilan keputusan. 

Ia berpendapat bahwa cara untuk menjadi di atas rata-rata adalah dengan mengukur diri sendiri berdasarkan standar pribadi, bukan standar umum.

 

#2 Menginvestasikan Keuntungan

Warren Buffett menerapkan prinsip reinvestment untuk meningkatkan kekayaannya. Melibatkan penggunaan keuntungan untuk membeli aset baru atau meningkatkan aset yang ada. 

Buffett menerapkan prinsip ini dalam berbagai bidang usaha, termasuk bisnis permainan pinball.

Di awal usahanya, Buffett hanya memiliki satu mesin pinball. Keuntungan yang didapat dari mesin tersebut sebagian digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, dan sebagian lainnya diinvestasikan untuk membeli mesin baru. 

Dengan menerapkan prinsip reinvestment, Buffett berhasil menambah jumlah mesin pinball-nya menjadi delapan.

 

#3 Mengambil Keputusan Berdasarkan Fakta

Warren Buffett adalah seorang investor yang mengambil keputusan berdasarkan fakta dan data yang lengkap. 

Ia tidak terpengaruh oleh opini atau prasangka pribadi. Ketika ditawari sebuah bisnis, Buffett akan menanyakan dengan jelas semua informasi yang diperlukan, termasuk harga dan fakta-fakta lain seputar bisnis tersebut.

Mental seperti ini sangat dibutuhkan investor. Kabar baiknya, Anda bisa kerja keras untuk membentuk sikap ini.

 

#4 Pelajari Bisnis Sebelum Terjun di Dalamnya

Pelajari dengan saksama tawaran yang masuk kepada Anda. Sebagai rekan bisnis, Anda harus tahu mekanisme pembagian keuntungan, modal, tugas, wewenang, dan hak.

 

#5 Perhatikan Pengeluaran Kecil

Banyak pengeluaran kecil yang merusak keuangan bulanan. Misal, Anda membeli kopi seharga Rp25 ribu per hari.

Dalam perhitungan harian, Rp25 ribu mungkin angka kecil. Tapi, jika diakumulasikan ke dalam satu bulan, Anda menghabiskan Rp750 ribu untuk kopi.

 

#6 Menabung di Usia Muda

Warren Buffett menunjukkan bakat bisnisnya sejak usia muda. Di usia 15, ia telah menghasilkan US$2.000 dari distribusi koran dan langganan majalah. 

Ia menggunakan sebagian penghasilannya untuk berinvestasi di peternakan melalui perjanjian bagi hasil dengan petani.

Brittney Castro, pendiri dan CEO Financially Wise Women, mengatakan bahwa kisah Buffett adalah bukti pentingnya memulai menabung sedini mungkin.

Menurutnya, langkah ini memudahkan seseorang mencapai tujuan finansial.

[Baca Juga: 6 Cara Menabung di Rumah yang Simpel dan Aman ala CFP]

 

#7 Lulus Kuliah Cepat

Kecerdasan bisnis Warren Buffett tercermin dalam keberhasilannya menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun

Menurut buku “Icons of Business,” Buffett menghabiskan dua tahun di Wharton School of Business dan satu tahun di University of Nebraska. Generasi Z dapat mengikuti jejak Buffett untuk menghemat biaya kuliah.

 

#8 Berbicara Tatap Muka

Warren Buffett sempat mencari perusahaan untuk berinvestasi pada 1951. Beruntungnya, ia menemukan GEICO. Ia pun naik kereta api ke kantor pusat GEICO di Washington, D.C.

Menurut situs web GEICO, kantor tersebut tutup pada hari itu. Namun, Buffett tidak menyerah. Dia bertemu dengan petugas kebersihan yang mengizinkannya masuk.

Beruntungnya, salah satu petinggi GEICO ada di kantor. Keduanya mengadakan pertemuan dan Buffett terkesan dengan bisnis GEICO. 

Ia kemudian berinvestasi di GEICO dan bahkan kini menjadikannya anak perusahaan Berkshire Hathaway.

Cerita ini menunjukkan pentingnya komunikasi tatap muka dalam bisnis. Buffett tidak akan pernah bertemu dengan eksekutif GEICO jika hanya menelepon atau mengirim email. 

Dengan inisiatif untuk bertemu langsung, ia mampu mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan dan membuat keputusan yang tepat.

 

5 Portofolio Saham Terbesar Warren Buffett

Karier investasi Warren Buffett terus meroket. Bersama Berkshire Hathaway Inc yang ia dirikan, dirinya berhasil membeli sejumlah emiten raksasa dunia.

Meski kini Buffett bukan atau tidak lagi mengambil keputusan, sepak terjang perusahaan ini tetap mendapat sorotan.

Berikut adalah lima portofolio saham teratas Warren Buffett melalui Berkshire Hathaway Inc:

 

#1 Apple

Berkshire Hathaway memiliki saham Apple senilai US$177,6 miliar per 30 Juni 2023. 

Kepemilikan ini merupakan 50% dari portofolio saham Berkshire Hathaway dan 5,8% dari total saham Apple yang beredar.

Berkshire Hathaway mulai mengakuisisi saham Apple sejak 2016 dan terus menambah kepemilikannya hingga 2019. 

Pada rapat pemegang saham Berkshire Hathaway tahun lalu, Buffett menyebut bahwa Apple adalah bisnis yang sangat baik dan berbeda dari bisnis yang dimiliki Berkshire Hathaway.

Pada tahun 2022, Berkshire Hathaway menambah lagi 333.856 saham Apple, sehingga kepemilikannya meningkat.

 

#2 Bank of America

Berkshire Hathaway memegang 12,9% saham Bank of America senilai US$29,6 miliar pada pertengahan 2023. 

Kepemilikan ini bernilai 8% dari total investasi perusahaan Warren Buffet tersebut.

Pada 2022, perusahaan Buffet mengakuisisi 700 juta saham Bank of America untuk memenuhi kewajiban waran yang diterima perusahaan tersebut saat berinvestasi sebesar US$5 miliar pada saham preferen Bank of America pada 2011.

 

#3 American Express

Buffett punya 20,4% saham American Express yang merupakan 7,5% dari portofolionya. 

Berkshire Hathaway telah meningkatkan kepemilikan di American Express secara signifikan selama satu dekade terakhir.

Dimulai dengan investasi saham preferen senilai US$300 juta pada tahun 1994 yang menghasilkan 64% selama lebih dari tiga tahun.

 

#4 Coca Cola

Warren Buffett adalah penggemar berat Coca Cola. Ia mengkonsumsi lima coke 12 ons setiap hari. 

Perusahaannya, Berkshire Hathaway, memiliki investasi sebesar US$24,1 miliar di perusahaan minuman berkarbonasi tersebut.

Buffett percaya bahwa Coca Cola adalah bisnis yang luar biasa dan dikelola dengan baik. Ia berencana untuk menahan investasinya selama bertahun-tahun yang akan datang.

 

#5 Chevron

Berkshire Hathaway menjual kepemilikan saham Chevron pada semester awal 2023. 

Kini, Warren Buffett “hanya” menguasai aset Chevron sebesar US$19,4 miliar atau setara 7% saham Chevron per Maret tahun lalu.

[Baca Juga: Belajar Hidup Sederhana Ala Warren Buffet, Ini Tipsnya!]

 

Siap Menjadi Kaya?

Perjalanan Warren Buffett menginspirasi banyak orang untuk mulai serius berkarir. Sebagai masyarakat digital, Anda bisa lebih mudah berinvestasi dengan bantuan teknologi.

Jika Anda ingin berinvestasi, mari pelajari lewat ebook dari HOOQ.ID berjudul Cara Mendapatkan Uang dari Pemasukan Investasi. 

Kira-kira investasi apa yang paling cocok? Agar tidak salah pilih, silakan berkonsultasi dengan Perencana Keuangan HOOQ.ID. 

Anda akan memperoleh advice mengenai instrumen investasi yang tepat sesuai dengan tujuan keuangan dan strategi dalam mengambil keputusan berinvestasi. 

Langsung saja klik banner di bawah ini untuk buat janji konsultasi atau hubungi Customer Advisory via WhatsApp di nomor 0851 5866 2940. 

 

Disclaimer: HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Sekian pembahasan tentang Warren Buffett. Sampaikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikelnya di media sosial untuk menginspirasi lebih banyak orang. Terima kasih!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi: 

  • Admin. 05 Januari 2024. 5 Filosofi Keren Warren Buffett untuk Memulai Tahun 2024. Kontan.co.id – https://bit.ly/48pev7n
  • Admin. 24 Juni 2013. Cara Kaya ala Warren Buffet. HOOQ.ID.com – https://bit.ly/3Ub0ypJ
  • Admin. Warren Buffet. Wikipedia.org – https://bit.ly/3tKChvB
  • Agustina Melani. 07 Agustus 2023. 5 Portofolio Saham Terbesar Milik Perusahaan Investasi Warren Buffett. Liputan6.com – https://bit.ly/48KWjF5

7+ Cara Kaya ala Warren Buffett, Bisa Diikuti Gak, Ya?

Exit mobile version