Cara Menghitung Zakat Mal Berdasarkan Nisabnya, Mudah!

Zakat mal adalah pengeluaran wajib untuk muslim atas harta yang dimiliki. Tahukah Anda tahu cara menghitung zakat mal?

Yuk, pelajari cara lengkapnya dalam ulasan HOOQ.ID berikut ini!

 

Summary:

  • Zakat mal biasanya dikeluarkan dari harta yang produktif, seperti uang tunai, tabungan, investasi, logam mulia, dan barang dagangan.
  • Tujuan zakat mal adalah membersihkan harta dari sifat serakah, kikir, serta membantu mereka yang membutuhkan.

 

Pengertian Zakat Mal

Zakat secara etimologis bermakna tumbuh, subur, dan menyucikan. Kata ini digunakan untuk pemberian harta tertentu dengan harapan mendapat berkah, menyucikan diri, dan menumbuhkan harta tersebut untuk kebaikan.

REKOMENDASI  Pengalaman Affiliate Shopee Omzet 430jt++ Terima Komisi Cuma 1jt Kena Blokir Pula

Secara terminologi, zakat diartikan sebagai pemberian wajib dari sekumpulan harta tertentu, dengan sifat dan ukuran tertentu, kepada golongan yang berhak.

Ilustrasi Zakat. Sumber: bmh.or.id

 

Zakat mal, menurut para ekonom Islam modern, adalah pungutan wajib yang ditetapkan pemerintah kepada masyarakat.

Harta yang dizakati dialokasikan untuk delapan golongan mustahik dan keperluan politik keuangan Islam. Penetapan dan penyaluran zakat mal dilakukan secara mengikat dan final tanpa imbalan.

Definisi ini mencerminkan peran zakat mal sebagai instrumen redistribusi kekayaan dan penjamin stabilitas sosial dalam sistem ekonomi Islam.

 

Dalil Mengenai Zakat Mal

Zakat, sebuah kewajiban individual (fardhu ‘ain) dan ibadah ritual (ta’abuddi) yang disandingkan dengan salat dalam Al-Qur’an, merupakan pilar fundamental Islam.

Diperintahkan dalam banyak ayat dan hadis, zakat menjadi bukti ketaatan dan kepedulian terhadap sesama. Berikut adalah beberapa dalil tentang zakat mal:

 

#1 Surah al-Baqarah ayat 273

لِلْفُقَرَاءِ الَّذِينَ أُحْصِرُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ لَا يَسْتَطِيعُونَ ضَرْبًا فِي الْأَرْضِ يَحْسَبُهُمُ الْجَاهِلُ أَغْنِيَاءَ مِنَ التَّعَفُّفِ تَعْرِفُهُمْ بِسِيمَاهُمْ لَا يَسْأَلُونَ النَّاسَ إِلْحَافًا ۗ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Artinya: (Apa yang kamu infakkan) adalah untuk orang-orang fakir yang terhalang (usahanya karena jihad) di jalan Allah, sehingga dia yang tidak dapat berusaha di bumi; (orang lain) yang tidak tahu, menyangka bahwa mereka adalah orang-orang kaya karena mereka menjaga diri (dari meminta-minta).

 

#2  Surat at-Taubah Ayat 103

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya: Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

 

#3 Surah ar-Rum Ayat 39

وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ رِبًا لِيَرْبُوَ فِي أَمْوَالِ النَّاسِ فَلَا يَرْبُو عِنْدَ اللَّهِ ۖ وَمَا آتَيْتُمْ مِنْ زَكَاةٍ تُرِيدُونَ وَجْهَ اللَّهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُضْعِفُونَ

Artinya: Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar harta manusia bertambah, maka tidak bertambah dalam pandangan Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk memperoleh keridaan Allah, maka itulah orang-orang yang melipatgandakan (pahalanya).

 

#4 Surah at-Talak ayat 267

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَنفِقُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ أَخْرَجْنَا لَكُم مِّنَ ٱلْأَرْضِ ۖ وَلَا تَيَمَّمُوا۟ ٱلْخَبِيثَ مِنْهُ تُنفِقُونَ وَلَسْتُم بِـَٔاخِذِيهِ إِلَّآ أَن تُغْمِضُوا۟ فِيهِ ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ حَمِيدٌ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

 

#5 Surah al-Baqarah ayat 110

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا۟ لِأَنفُسِكُم مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِندَ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya: Dan dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.

[Baca Juga: Pengertian Zakat Fitrah, Hukum, Besaran, dan Doa Niatnya, Lengkap!]

 

Bagaimana Cara Menghitung Zakat Mal

Berikut adalah cara menghitung zakat mal yang bisa Anda ikuti:

 

#1 Mengidentifikasi Harta yang akan Dikeluarkan Zakatnya

Mengidentifikasi jenis harta merupakan langkah awal dalam menunaikan zakat mal. Uang tunai, tabungan, investasi, emas, perak, dan barang dagangan adalah beberapa aset yang perlu dikaji.

Lakukan pencatatan menyeluruh terhadap seluruh aset yang dimiliki untuk memastikan kelancaran proses zakat.

 

#2 Ketahui Batas Nisab

Nisab, batas minimum harta untuk zakat mal, berfluktuasi mengikuti nilai emas dan perak.

Mengecek nisab di wilayah Anda atau mengikuti nilai umum yang dipakai dalam perhitungan zakat mal sangat penting. Berikut adalah nisab harta yang wajib dizakati:

 

#1 Logam Mulia

Kadar zakat untuk logam mulia adalah 2,5% dari nilainya. Berikut adalah nisab logam mulia yang wajib dikeluarkan zakatnya:

cara menghitung zakat mal_logam mulia

Tabel Nisab Logam Mulia

 

#2 Uang dan Surat Berharga

Uang dan surat berharga dikenai zakat jika nilainya setara dengan 85 gram emas. Kadar zakat aset ini adalah 2,5%.

 

#3 Perniagaan

Pengusaha wajib mengeluarkan zakat atas harta perniagaan yang telah memenuhi nisab dan haul, yakni setara 85 gram emas dengan tarif 2,5%.

Perhitungannya sederhana: kurangi aktiva lancar dengan utang jangka pendek. Jika selisihnya melebihi nisab, maka zakat wajib ditunaikan.

 

#4 Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan

Zakat pertanian, perkebunan, dan kehutanan adalah 653 kg gabah. Pertanian/perkebunan/kehutanan yang memanfaatkan pengairan dengan air hujan dikenai tarif zakat 10%.

Jika menggunakan irigasi, tarif zakatnya adalah 5%.

 

#5 Peternakan

Berikut adalah nisab hewan ternak yang wajib dikeluarkan zakatnya:

 

#1 Unta

cara menghitung zakat mal_unta

Tabel Nisab Hewan Kurban (Unta)

 

Keterangan:

  • Binti makhadl adalah unta betina berumur 1 – 2 tahun
  • Binti labun adalah unta betina berumur 2 – 3 tahun
  • Ibnu labun adalah unta jantan berumur 2 – 3 tahun

 

#2 Sapi atau Kerbau

cara menghitung zakat mal_sapi dan kerbau

Tabel Nisab Hewan Kurban (Sapi/Kerbau)

 

#3 Domba

cara menghitung zakat mal_domba

Tabel Nisab Hewan Kurban (Domba)

[Baca Juga: 8 Golongan Ini Termasuk Orang yang Berhak Menerima Zakat]

 

#4 Perikanan

Nisab zakat mal perikanan adalah 85 gram emas dengan kadar 2,5%.

 

#6 Pertambangan

Pengusaha tambang yang telah memperoleh keuntungan setara atau melebihi 85 gram emas dalam kurun waktu satu tahun (haul) diwajibkan menunaikan zakat sebesar 2,5%.

Zakat ini berfungsi menyucikan dan membersihkan harta hasil usaha, serta berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat melalui pendistribusiannya kepada para mustahik.

 

#7 Industri

Nisab zakat mal untuk sektor industri yakni:

  1. Usaha yang memproduksi barang memiliki nisab 85 gram emas dengan kadar zakat 2,5%.
  1. Usaha yang menawarkan jasa memiliki nisab 653 kg gabah dengan kadar zakat 2,5%.

 

#8 Pendapatan dan Jasa

Zakat yang dikeluarkan dari penghasilan yang diperoleh dari hasil profesi pada saat menerima pembayaran, zakat ini dikenal juga sebagai zakat profesi atau zakat penghasilan.

Nisabnya adalah 653 kg gabah atau 524 kg beras dengan kadar zakat 2,5%

 

#9 Rikaz

Harta temuan, dikategorikan sebagai rikaz, memiliki kewajiban zakat tanpa batasan nisab. Zakat rikaz dihitung sebesar 20% dari nilai total harta temuan tanpa memperhatikan lamanya kepemilikan.

Kewajiban ini berlaku bagi semua muslim yang menemukan harta karun, baik emas, perak, atau logam mulia lain.

 

#3 Hitung Nilai Harta Bersih

Untuk menghitung zakat, hitunglah total nilai bersih harta Anda.

Caranya, kurangkan seluruh utang dan kewajiban finansial dari nilai keseluruhan harta. Nilai bersih inilah yang menjadi dasar perhitungan zakat.

 

#4 Tentukan Persentase Zakat

Cara menghitung zakat mal berikutnya adalah menentukan persentase zakat.

Meski secara umum umat muslim diwajibkan mengeluarkan zakat sebesar 2,5%, beberapa aset, seperti pertanian dan peternakan, punya kadar berbeda.

 

#5 Hitung Zakat Mal

Terakhir, silakan hitung zakat mal atas aset Anda. Misal, Anda punya 100 gram emas yang disimpan selama 1 tahun. Maka, zakat yang wajib dikeluarkan yakni:

Zakat mal = 2,5 nilai emas

Zakat mal = 2,5% x Rp100.000.000

Zakat mal = Rp2.500.000

 

Setelah mengetahui langkah menghitung zakat mal, Anda masih bingung dalam menentukan jumlah yang perlu dibayarkan?

Jangan khawatir, Perencana Keuangan HOOQ.ID siap membantu Anda dalam memproyeksikan jumlah zakat yang harus dikeluarkan, termasuk menyusun rencana keuangan yang sesuai syariah.

Yuk, buat janji konsultasi secara 1 on 1 dengan cara klik banner di bawah ini atau hubungi WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN SYARIAH Q3 23

 

Contoh Harta yang Wajib Dibayarkan Zakatnya

Zakat mal merupakan kewajiban bagi umat Islam yang memiliki harta kekayaan tertentu, dengan tujuan menyucikan harta dan membantu fakir miskin.

Syarat harta yang dizakati yakni kepemilikan penuh, halal, berkembang, mencapai nisab, bebas hutang, dan mencapai haul. Berikut adalah harta yang wajib dibayar zakatnya:

  1. Zakat atas aset perdagangan
  1. Zakat atas hasil jasa profesi
  1. Zakat atas hasil olahan tanaman dan hewan
  1. Zakat atas hasil penyewaan aset
  1. Zakat atas hasil pertanian
  1. Zakat atas hasil saham dan obligasi.
  1. Zakat atas hasil tambang dan tangkapan laut
  1. Zakat atas  hewan ternak
  1. Zakat simpanan emas, perak, dan barang berharga lainnya

[Baca Juga: Catat! Macam-Macam Zakat yang Harus Dibayar saat Ramadhan]

 

Berapa Jumlah Gaji yang Sudah Masuk Wajib Zakat

Zakat penghasilan wajib ditunaikan bagi muslim yang telah balig, berakal sehat, dan memiliki penghasilan senilai 85 gram emas per tahun (disesuaikan dengan harga emas).

Penghasilan tersebut dapat berasal dari gaji, honorarium, upah, jasa, dan lain sebagainya yang diperoleh dengan cara halal.

Zakat ini dihitung sebesar 2,5% dari penghasilan yang telah mencapai nisab.

Bagi profesi dengan pendapatan tidak tetap, penghasilan selama 1 tahun dikumpulkan dan dihitung zakatnya jika telah mencapai nisab.

Untuk menambah referensi Anda mengenai jenis zakat dan hukumnya, simak YouTube HOOQ.ID berikut ini sampai akhir.

 

 

Zakat Mal sebagai Bentuk Ketaatan kepada Allah

Cara menghitung zakat mal membantu Anda mengeluarkan kewajiban dalam jumlah yang tepat. Dana zakat mal nantinya disalurkan ke pihak yang berhak menerima.

Agar dana untuk membayar pajak tidak mengganggu cash flow kebutuhan lainnya, maka atur kembali anggaran keuangan bulanan Anda.

Sebagai panduannya, download ebook gratis dari HOOQ.ID Cara Membuat Anggaran dengan Tepat. Semoga bermanfaat…

 

Disclaimer:  HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Sekian pembahasan tentang cara menghitung zakat mal. Sampaikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Yuk, bagikan informasi positif ini di media sosial agar lebih banyak orang yang paham  cara menghitung zakat mal. Terima kasih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

Studi:

  • Syahrial Hasibuan. 2015. Analisis Pendapat Ibnu Hazam Tentang Zakat Barang yang Diperdagangkan. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

 

Artikel Internet:

  • Admin. 03 Oktober 2023. Ketentuan dan Cara Menghitung Zakat Mal. Baznas.go.id – https://bit.ly/4bJekWV
  • Admin. 29 November 2023. Cara Menghitung Zakat Mal dan Contohnya. Tokopedia.com – https://bit.ly/3OQb8i3
  • Admin. Zakat Maal. Baznas.go.id – https://bit.ly/3wnL6MO
  • Admin. Zakat Penghasilan. Baznas.go.id – https://bit.ly/48sd2MX
  • Eka Purwitasari. Berapa Minimal Gaji yang Wajib Zakat? Rumahzakat.org – https://bit.ly/3UN55ig
  • Noris Roby Setiyawan. 13 April 2023. Zakat Mal Adalah: Pengertian, Dalil, Jenis, Syarat-Cara Menghitungnya. Detik.com – https://bit.ly/3wpZ54J
  • Rafif. 16 Oktober 2023. Macam-macam Zakat Mal. Baznas.jogjakota.go.id – https://bit.ly/49LwDJ1

 

Sumber Gambar:

Cara Menghitung Zakat Mal Berdasarkan Nisabnya, Mudah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *