CV Lulusan Sastra Jerman: Komponen & Tips Menulisnya

Apakah Anda mencari rekomendasi penulisan resume untuk lulusan sastra Jerman? Anda dapat melihat contoh resume di bawah artikel ini!

Tentu saja, mengetahui cara menulis resume yang tepat tentu akan meningkatkan peluang Anda untuk diterima.

Oleh karena itu, Glints akan memberikan informasi penting agar resume Anda dapat mengesankan para perekrut.

Yuk, simak penjelasan komponen resume dan tips menulis resume di bawah ini!

Komponen Resume Lulusan Sastra Jerman

Resume yang dapat menarik perhatian perekrut adalah yang memberikan informasi lengkap sehingga memudahkan prosesnya. penyaringan Nanti.

Menurut National Career Service, informasi yang harus disertakan dalam resume mencakup detail pribadi, deskripsi diri, pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan yang milik.

Di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing bagian.

1. Bagian data pribadi

Setiap hari, perekrut akan memilih beberapa resume sekaligus. Jadi, agar perekrut mengetahui resume siapa yang sedang dipertimbangkan, Anda harus memberikan informasi pribadi dasar.

Misalnya, nama lengkap Anda, pekerjaan Anda sebelumnya, detail kontak (nomor telepon dan alamat email), profil LinkedIn, dan koneksi portofolio Anda.

Anda juga dapat memberikan informasi tambahan seperti akun media sosial Anda jika Anda dapat memberikan hal-hal positif seperti portofolio Instagram.

REKOMENDASI  Tips dan Contoh Undangan Buka Puasa Bersama di Kantor

2. Bagian deskripsi diri

Menurut The Muse, deskripsi diri atau resume ringkasan intinya adalah berbicara tentang pengalaman dan keterampilan profesionalisme Anda sehingga perekrut tahu kontribusi apa yang dapat Anda tawarkan.

Agar deskripsi Anda berdampak besar, Anda bisa fokus pada pencapaian yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Selain itu, gunakan angka untuk membuat pencapaian terukur dan lebih menarik. Pastikan untuk menulis sesingkat mungkin.

Saran dari Glintz, sebaiknya tulis deskripsi diri sebanyak 3-5 kalimat saja.

3. Bagian “Pengalaman”

Resume tidak akan dianggap sebagai resume kecuali Anda mencantumkan pengalaman kerja Anda. Oleh karena itu, inti dari Resume Lulusan Sastra Jerman atau Resume Reguler terletak pada bagian pengalaman kerja.

Saat menulis pengalaman kerja, gunakan format kronologis terbalik. Apa yang dimaksud dengan kronologi terbalik?

Nah, itu berarti Anda merekam pengalaman terbaru di atas, diikuti oleh peristiwa lain yang relevan.

Tujuannya lagi adalah untuk memudahkan perekrut melacak apa yang telah Anda lakukan dalam pengalaman Anda sebelumnya dan mempertimbangkan apakah Anda kandidat yang tepat.

Ini menunjukkan bahwa pengalaman yang relevan harus menjadi prioritas Anda saat menulis resume. Pengalaman yang kurang terkait sebaiknya tidak disertakan.

4. Pendidikan

CV artinya ringkasan yang berarti daftar riwayat hidup seseorang. Jadi, dimulai dengan pengalaman kerja dan diakhiri dengan pendidikan Anda.

Jadi, seperti halnya pengalaman kerja, Anda harus mencantumkan pendidikan terakhir Anda, seperti gelar sarjana dari Universitas ABC tahun 2018-2022.

REKOMENDASI  Pengertian, Cara Menghitung, dan Tips Utamanya

Kemudian, jika Anda memiliki prestasi dalam kompetisi atau keanggotaan dalam organisasi kemahasiswaan, Anda dapat menuliskannya di bagian selanjutnya.

Mungkin Anda juga pernah mengikuti kursus atau Tempat pelatihan sebelumnya juga. Jika relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar, ini juga dapat dimasukkan.

5. keterampilan yang milik

Termasuk keterampilan Ini juga penting untuk dilakukan, tetapi orang mungkin merasa sulit untuk membuat ringkasannya seringkas mungkin jika Anda harus memasukkannya keterampilan.

Menurut FlexJob, bagian keterampilan juga merupakan masalah penting bagi perekrut. Jadi anda harus bisa memaksimalkan partisi ini.

Bagaimana? Ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu melihat keterampilan yang ada di Iklan pekerjaan pekerjaan yang ingin Anda lamar.

Misalnya, Anda ingin melamar sebagai Penerjemah. baik Anda bisa menulis keterampilan menyukai terjemahan, terjemahan hukum, penulisan kontenDAN keterampilan lain yang relevan.

Tips Menulis Resume Bagi Lulusan Sastra Jerman

1. Perhatikan layout ringkasan

Fokus perekrut bukan hanya isi resume, tapi juga layout atau bagaimana Anda menyusun informasi di resume Anda.

Jika resume Anda berantakan, Anda akan terlihat tidak profesional dan membingungkan perekrut. Akibatnya, peluang Anda untuk diterima juga berkurang.

Jadi yang terbaik adalah meletakkan semua informasi dalam satu kolom. Kemudian tentukan pembatas setiap kali Anda memulai informasi baru.

Dengan begitu, resume Anda akan terlihat lebih rapi dan mudah dibaca.

2. Lampirkan portofolio

Sebagai lulusan Sastra Jerman, Anda pasti akan diberikan tugas untuk menulis esai atau jenis tulisan lainnya. Bahkan, Anda mungkin diminta mendesain poster atau majalah.

REKOMENDASI  3+ Tips Memilih Asuransi Kebakaran Rumah dan Rekomendasinya

Dengan demikian, Anda dapat memasukkan proyek atau tugas sebagai portofolio. Inti dari portofolio ini adalah untuk memberikan gambaran kepada perekrut tentang apa yang Anda miliki keterampilan menulis atau desain.

Jika sudah terkumpul dalam satu portofolio, Anda bisa memasukkannya koneksi Portofolio Anda ada di resume Anda sehingga perekrut juga dapat melihatnya.

3. Periksa kembali resume Anda

Setelah menyusun resume, Glints menganjurkan agar Anda segera memeriksa semua yang tertulis.

Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan penulisan seperti salah ketik atau kesalahan tata bahasa untuk ringkasan dalam bahasa Inggris.

Tentunya kesalahan ini tidak akan terlihat bagus di mata perekrut. Mungkin karena hal kecil ini Anda dianggap lalai.

Demikian penjelasan tentang cara menulis resume yang baik dan benar bagi lulusan sastra Jerman. Glints berharap Anda dapat menyusun resume yang menarik dengan menggunakan informasi di atas.

Nah, selain contoh, Glints juga menyediakan template Resume ramah-ATS.

Dengan cara ini Anda tidak perlu membuat resume dari awal. Sangat praktis bukan?

Ayo dapatkan template Resume gratis di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *