Definisi, Tugas, Persyaratan, dan Skill yang Dibutuhkan

Saat naik pesawat, Anda pasti akan bertemu dengan pramugari atau pramugari. Sebenarnya apa sih profesi pramugari itu? Apa syarat untuk menjadi pramugari atau steward?

Apakah mereka hanya bertanggung jawab atas kenyamanan penumpang?

Nah, jika Anda tertarik dengan semua hal di atas dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang profesi pramugari, Anda datang ke tempat yang tepat.

Glints kali ini akan membahas informasi seputar profesi pramugari seperti tugasnya, keterampilan persyaratan dan, tentu saja, kondisi.

Menarik bukan? Yuk, segera baca semua informasi di bawah ini!

Definisi pramugari

Menurut Workable, pramugari adalah pekerja profesional yang bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan setiap penumpang yang menaiki pesawat terbang.

Karena itu, pramugari bisa dipanggil pelayanan pelanggan sebelum penerbangan, selama penerbangan dan saat mendarat.

Harus diingat bahwa pramugari sendiri dianggap sebagai pegawai wanita, sedangkan pramugari adalah pegawai laki-laki. Keduanya memiliki tanggung jawab dan peran yang sama.

Seringkali, keduanya juga bisa disebut bersama atau sebagai grup dengan kata pramugari.

Menurut CareerExplorer, pramugari dan pramugari memiliki jam kerja fleksibel yang disesuaikan dengan jadwal penerbangan maskapai. Namun, mereka harus tetap mendukung jika mereka menelepon Anda.

Disebutkan bahwa mereka biasanya bekerja tidak lebih dari 12 jam. Namun, dalam beberapa kasus, seperti penerbangan internasional yang panjang, jam kerja dapat bertambah.

Biasanya tidak jarang profesi ini bekerja pada hari libur dan akhir pekan. Hal ini mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang berminat berkarir sebagai pramugari.

Uniknya, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika, jumlah pekerjaan pramugari akan tumbuh sebesar 21% dari tahun 2021 hingga 2031. Angka ini cukup tinggi dibandingkan dengan profesi lainnya.

Syarat menjadi pramugari

Karena mereka bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan penumpang saat naik pesawat, tak heran jika pramugari harus memenuhi sejumlah persyaratan dan melalui proses seleksi yang panjang.

1. Persyaratan fisik

Pertama, biasanya ada beberapa syarat atau kriteria fisik yang harus dipenuhi agar anggota pramugari bisa efektif, seperti:

  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk wanita dan minimal 170 untuk pria
  • berat proporsional
  • mata minus dan/atau silinder maksimum 2
  • gigi rapi
  • tidak buta warna
  • DILARANG MEROKOK
  • Jangan menggunakan narkoba atau zat ilegal

2. Persyaratan pendidikan

Nah, selain syarat fisik, masih ada syarat pendidikan yang perlu diperhatikan. Misalnya pendidikan minimal SMA dan sederajat.

Nah, buat kamu yang misalnya fresh graduate atau lulusan barupeluang Anda untuk menjadi pramugari atau steward juga sangat terbuka lebar.

Nah, untuk memulai karir di profesi ini, Anda harus mengikuti program pelatihan pramugari dimana Anda akan diajarkan prosedur pelayanan penumpang dan prosedur darurat di udara.

Tentunya untuk masuk ke program studi atau pendidikan persyaratan umum tertentu yang disebutkan di atas harus diperhatikan.

Selain itu, profesi ini juga membutuhkan pengetahuan 1 bahasa asing. Mengapa? Pasalnya, pramugari akan berinteraksi dengan penumpang dari berbagai negara.

Oleh karena itu, ia harus menguasai 1 bahasa asing atau lebih, terutama bahasa Inggris, agar dapat berkomunikasi secara efektif dengan penumpang.

3. Persyaratan lisensi

Ada baiknya jika memenuhi syarat fisik dan pendidikan untuk menjadi pramugari aktif. Anda harus memiliki lisensi penerbangan.

Untuk mendapatkan lisensi tersebut akan dilakukan beberapa tes seperti tes fisik, tes psikologi, wawancara kompetensi dan wawancara pantuhir.

Tugas dan tanggung jawab seorang pramugari

Tanggung jawab utama pramugari telah dijelaskan sebelumnya. Namun, apakah dia hanya memiliki tugas dan tanggung jawab ini?

Menurut SHRM, pramugari memiliki tugas dan tanggung jawab seperti:

  • Hadiri pengarahan sebelum penerbangan untuk membahas detail penerbangan, cuaca, dan rencana layanan.
  • Lulus pemeriksaan keamanan sebelum terbang.
  • Mempersiapkan kabin pesawat antar penerbangan dan memastikan area kabin memenuhi standar sanitasi dan higienis.
  • Menjamin kecukupan makanan, minuman dan perbekalan lainnya.
  • Sambut penumpang saat mereka naik dan periksa tiket untuk mencari tempat duduk.
  • Pastikan semua barang bawaan dan barang pribadi disimpan dengan benar di atas atau di bawah tempat penyimpanan kursi.
  • Peragakan tindakan pencegahan keselamatan dalam keadaan darurat, seperti penggunaan sabuk pengaman, masker oksigen, dan jaket pelampung.
  • Memberikan pelayanan kepada penumpang dengan kebutuhan khusus seperti bayi, anak-anak, lansia dan lain-lain.
  • Penyediaan makanan dan minuman di atas kapal dan pengumpulan pembayaran jika perlu.
  • Jawaban atas pertanyaan setiap penumpang mengenai informasi penerbangan seperti durasi, cuaca, delay dan hal lainnya.
  • Menanggapi keadaan darurat dalam penerbangan dan memberikan bantuan kepada penumpang seperti pertolongan pertama dan laporan lengkap tentang cedera atau insiden apa pun.
  • Bantu sesuai kebutuhan dan dengarkan instruksi dari pilot dan co-pilot.
  • Lakukan pemeriksaan kabin sebelum mendaratkan pesawat.
  • Bantu penumpang keluar dari pesawat dengan aman dan nyaman.
  • Mempersiapkan dan menulis laporan penerbangan.
  • Tetap up to date dengan perkembangan keamanan penerbangan.
  • Melakukan tugas lain yang diberikan.

Keterampilan yang dibutuhkan untuk pramugari

1. Komunikasi

Dari pra-penerbangan, melalui udara dan kembali ke darat, pramugari akan terus berinteraksi dengan penumpang dan rekan kerja. Jadi dia harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

keterampilan Ini digunakan tidak hanya untuk transmisi informasi yang benar dan akurat, tetapi juga untuk mengoordinasikan tindakan dengan orang lain dalam keadaan darurat.

2. Penyelesaian masalah

Menurut Memang, baik keterampilan Hal lain yang harus dimiliki setiap pramugari adalah penyelesaian masalah.

Pramugari dan pramugari akan mengandalkan pelatihan dan pengetahuan mereka untuk memecahkan masalah dan membantu penumpang.

Masalah mulai dari hal kecil seperti konflik antar penumpang hingga hal besar seperti keadaan darurat akan ditangani secara profesional keterampilan memecahkan masalah kuat.

3. Pelayanan pelanggan

Melayani penumpang pesawat merupakan salah satu tugas pramugari untuk memastikan perjalanan penumpang nyaman dan aman.

Misalnya melayani penumpang yang kedinginan, membagikan selimut, membagikan minuman dan makanan kepada penumpang, serta membantu memenuhi kebutuhan penumpang lainnya.

Jadi jangan ragu untuk meminta bantuan pramugari jika Anda membutuhkan sesuatu.

4. Kerjasama

Dalam sebuah pesawat terbang, pilot, co-pilot dan pramugari yang terdiri lebih dari 1 pramugari atau pramugari akan bekerja sama untuk mengangkut penumpang dengan aman dan nyaman.

Inilah sebabnya mengapa setiap anggota pramugari harus bisa bekerja sama dengan rekan-rekan mereka dalam tim. Apalagi jika pesawat dalam keadaan darurat.

Ini semua informasi dari Glints tentang apa itu pramugari, persyaratan menjadi pramugari, tanggung jawab mereka juga keterampilan diperlukan.

Pramugari dan pramugari memiliki tanggung jawab dan peran yang sangat penting karena mereka bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan penumpang.

Nah, apakah kamu tertarik untuk menjadi salah satunya? Jika demikian, pastikan Anda dapat menyelesaikan semua persyaratan.

Namun, jika Anda masih belum bisa memutuskan karir mana yang tepat untuk Anda, Glints sudah menyiapkan banyak informasi mengenai pilihan karir lain yang bisa membantu Anda.

Ada berbagai informasi peluang karir mulai dari IT, bidang pemasaranbidang penjualanbidang analisis data dan masih banyak lagi, lho.

Tentunya Anda tidak perlu membayar apapun untuk membaca informasi yang ada di blog Glints.

Yuk, kunjungi dan baca berbagai artikel di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *