Efek Radiasi HP Berbahaya bagi Kesehatan? Ini Fakta Sebenarnya

Benarkah ada beberapa efek radiasi telepon selular atau HP untuk kesehatan? Bahaya radiasi handphone sepertinya tidak terlalu mengganggu banyak orang.

Padahal, sebagai pekerja yang sulit melepaskan ponsel, kita harus mempelajari masalah ini untuk mengetahui risiko yang mungkin terjadi.

Sampai saat ini, masih terdapat perbedaan pendapat di kalangan ilmuwan mengenai radiasi handphone dan pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh.

Apa fakta sebenarnya? Berikut Glints merangkum pembahasannya untuk Anda!

Emisi diproduksi oleh HP

Sebelum membahas efek radiasi handphone, perlu dipahami terlebih dahulu jenis radiasi yang dihasilkannya. telepon selular saya sendiri.

Menurut FDA, telepon selular memancarkan radiasi dalam bentuk frekuensi radio, yang merupakan jenis radiasi elektromagnetik.

Radiasi elektromagnetik sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu radiasi pengion DAN radiasi non pengion.

Nah, radiasi HP ini termasuk dalam jenis tersebut radiasi non pengion.

radiasi pengion itu adalah radiasi yang menyimpan banyak energi sehingga dapat menembus atau memutus ikatan kimia.

Jenis radiasi ini biasanya ada di mesin. x-ray.

Di sisi lain, radiasi non pengion tidak memiliki banyak energi. Radiasi ini tidak dapat memutuskan ikatan kimia sama sekali, sehingga diyakini tidak mempengaruhi seseorang.

REKOMENDASI  10 Makanan yang Mengandung Vitamin D, Baik untuk Tulangmu

Dampak Radiasi HP Terhadap Kesehatan

Dari penjelasan di atas, Anda mungkin mulai bertanya-tanya, radiasi non pengion ponsel benar-benar tidak berpengaruh pada kesehatan?

Pada saat yang sama, pendapat beberapa ilmuwan berbeda.

Efek radiasi pada risiko kanker

Menurut laporan Berkeley News 2021, ada laporan yang disusun oleh Christopher J. Portier, Ph.D., mantan direktur Pusat Kesehatan Lingkungan Nasional (NCEH) AS.

Laporan tersebut mencatat bahwa radiasi frekuensi radio yang dipancarkan oleh ponsel sangat mungkin menyebabkan glioma dan neuroma akustik, yang merupakan dua jenis tumor otak.

Namun, FDA menjelaskan hal-hal yang sangat berbeda.

Beberapa ahli mengemukakan pendapat yang berbeda mengenai pengaruh radiasi ponsel terhadap terjadinya kanker pada tubuh manusia.

Food and Drug Administration mengatakan bukti ilmiah yang ditinjau lebih dari 30 tahun tidak menunjukkan efek langsung dari radiasi ponsel pada masalah kesehatan, termasuk kanker.

Padahal pada periode tersebut terjadi peningkatan penggunaan handphone di masyarakat.

Alexey Berezov, mikro biologi juga dilaporkan melalui Healthline bahwa ponsel tidak memiliki daya yang cukup untuk memberikan efek apapun pada tubuh manusia.

Namun, melalui sumber yang sama Dr. Jennifer Simmons, seorang ahli mamologi, percaya bahwa radiasi tingkat rendah masih akan menumpuk seiring waktu.

Tips mengurangi paparan radiasi HP

Nah, meski para ahli berbeda pendapat mengenai efek kesehatan atau bahaya radiasi ponsel, tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan mulai dari sekarang.

Terlepas dari hasil beberapa penelitian yang ada, hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah berusaha menjauh dari sumber radiasi sejauh mungkin, menurut laporan Healthline.

Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa radiasi ponsel tidak menyebabkan kanker, juga tidak berarti Anda bisa santai saat sudah kecanduan. smartphone.

Menurut Healthline dan Berkeley News, beberapa cara untuk mengurangi efek negatif radiasi antara lain:

  • Mengurangi frekuensi penggunaan telepon selular sehari-hari.
  • Jangan membawa ponsel Anda dekat dengan salah satu bagian tubuh Anda, seperti di dalam saku celana atau baju. Yang terbaik adalah menyimpannya di dompet atau tas Anda saat bepergian.
  • Menggunakan headphone tradisional karena headphone bluetooth menggunakan gelombang frekuensi radio.
  • Jangan bertaruh telepon selular di bawah bantal atau di tempat yang terlalu dekat dengan tubuh saat tidur.
  • Gunakan jaringan Wi-Fi daripada jaringan seluler karena Wi-Fi cenderung memiliki radiasi yang lebih sedikit.
  • Kurangi penggunaan saat ponsel memiliki jaringan yang buruk, karena perangkat akan memancarkan radiasi yang lebih tinggi.

Padahal, paparan radiasi ponsel bisa diminimalisir dengan mengurangi paparan tubuh terhadap ponsel.

Waspadai selalu bahaya penggunaan ponsel ya, termasuk risiko gangguan tidur dan kecelakaan saat berkendara.

Mau tahu tips kesehatan penting lainnya? Yuk, baca artikel lainnya di blog Glints!

Selain nasehat terkait kesehatan fisik, Anda juga akan menemukan beberapa pembahasan menarik seputar kesehatan mental di dunia kerja.

Menarik bukan? Klik koneksi sekarang juga untuk menemukan kumpulan artikel terbaru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *