Mau Buka Franchise Janji Jiwa? Ini Cara Daftar dan Paket Harganya

Usaha franchise belakangan ini menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Kali ini, HOOQ.ID akan membahas seputar franchise Janji Jiwa yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Yuk, scroll sampai bawah!

 

Summary:

  • Janji Jiwa menawarkan berbagai jenis kopi dengan biji kopi terbaik dan berbagai rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.
  • Janji Jiwa menggunakan strategi digital marketing untuk menarik banyak pelanggan dan menawarkan dua paket bagi mitra yang ingin membuka franchise kopi kekinian ini. 

 

Sejarah Janji Jiwa Group

Hingga kini, tren bisnis kopi terus berkembang karena bisnis ini relatif mudah untuk dijalankan. Ditambah lagi, Indonesia terkenal dengan budaya minum kopi dengan peminat dari berbagai kalangan.

Inilah yang menjadi salah satu alasan munculnya franchise Janji Jiwa, sebuah usaha berbasis minuman kopi.

Kopi Janji Jiwa dan Jiwa Toast. Sumber: Instagram (@kopijanjijiwa)

 

Selain itu, Indonesia juga merupakan penghasil kopi yang mendunia. Oleh karena itu, Janji Jiwa hadir dengan menyajikan berbagai produk kopi dengan biji-biji kopi berkualitas dan variasi rasa yang sesuai lidah orang Indonesia.

Janji Jiwa adalah satu dari banyaknya bisnis minuman kopi yang cukup populer di Indonesia. Kopi Janji Jiwa berdiri pada tahun 2018 lalu di bawah naungan Jiwa Group, dengan pendirinya yakni Billy Kurniawan.

Selama berdiri, Janji Jiwa menggunakan strategi digital marketing untuk menarik pelanggan lebih banyak. Tidak hanya menggandeng para influencer, brand minuman kopi ini bahkan berkolaborasi dengan brand lainnya.

Berkat strategi digital marketing yang berjalan lancar, kopi Janji Jiwa sukses membuka lebih dari 500 gerai di Indonesia hanya dalam satu tahun.

Pertumbuhan franchise minuman kopi ini terbilang sangat cepat sehingga mendapatkan rekor MURI sebagai kedai kopi dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia.

Tak hanya minuman, Janji Jiwa juga menghadirkan berbagai menu baru di sektor makanan yang terkenal dengan nama Jiwa Toast.

Seperti namanya, Jiwa Toast adalah roti toast lokal yang memiliki beragam pilihan rasa. Jiwa Toast sendiri mulai berkembang sejak tahun 2019 dengan konsep “Grab & Go”.

Konsep ini memiliki makna seperti memudahkan para pembeli untuk menikmati roti toast dari Janji Jiwa sambil tetap beraktivitas.

Kehadiran Jiwa Toast kini sudah menjadi pelengkap brand Janji Jiwa. Hal ini yang kemudian membuat slogan Janji Jiwa, yaitu “Kopi di tangan kananmu, roti di tangan kirimu. Kopi dan roti sahabat sejati”.

[Baca Juga: 8 Daftar Franchise Modal Rp1 Jutaan, Yuk Coba!]

 

Mengenal Kemitraan Janji Jiwa

Jika Sobat HOOQ.ID adalah penikmat kopi sejati, pastinya Anda sudah akrab dengan brand Janji Jiwa. Meskipun persaingan bisnis kopi semakin ketat, namun Janji Jiwa berhasil menjadi salah satu pemain utama di industri kopi di Indonesia.

Merek kopi Janji Jiwa ini menggunakan metode bisnis franchise, sehingga siapa pun bisa bergabung dengan kemitraan atau franchise Janji Jiwa.

Sebelum membahas lebih jauh tentang harga dan keuntungannya, Anda perlu memahami konsep bisnis kemitraan terlebih dahulu.

Franchise atau waralaba adalah bentuk bisnis di mana seseorang memanfaatkan merek dagang yang sudah populer atau terkenal di masyarakat.

Dalam bisnis franchise, penggunaan merek dagang yang sudah mapan mengharuskan pemilik usaha untuk membayar royalti secara berkala kepada pemilik merek tersebut.

Sedangkan, pemilik merek biasanya harus memberikan pelatihan dan menyediakan semua perlengkapan yang diperlukan sesuai dengan kontrak kesepakatan di awal.

Bagi pihak mitra, bisnis franchise berpotensi untuk mengurangi risiko kegagalan dan memungkinkan perkembangan bisnis tanpa perlu mendirikan cabang baru secara mandiri.

Dalam kerja sama ini, pihak mitra akan bekerja sama dengan pemilik merek untuk mengembangkan bisnisnya.

Franchise Janji Jiwa adalah salah satu brand dari Jiwa Group yang sudah berpengalaman selama kurang lebih 5 tahun. Janji Jiwa juga sudah terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas dengan rasa autentik kopi lokal Indonesia.

Merek ini tak hanya mempunyai franchise minuman kopi, tetapi juga franchise makanan yaitu Jiwa Tea dan Jiwa Toast. Pengemasan produknya juga mengikuti tren masa kini, sehingga dapat diterima oleh kalangan anak muda.

Harganya pun cukup terjangkau dengan berbagai promo menarik di saat-saat tertentu. Kini, franchise Janji Jiwa sudah memiliki 900 gerai yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Bahkan franchise Janji Jiwa mampu mencapai omzet sekitar Rp140 juta per bulan dengan penjualan rata-rata Rp20 ribu per cup.

Nah, jika Sobat HOOQ.ID tertarik membuka bisnis franchise, sebaiknya tonton YouTube HOOQ.ID berikut ini agar tidak salah mengambil langkah bisnis!

 

 

Syarat Franchise Janji Jiwa

Seperti yang sudah HOOQ.ID singgung di awal, kemitraan Janji Jiwa menawarkan peluang bisnis yang cukup menarik dan menjanjikan.

Untuk bergabung sebagai mitra, Janji Jiwa Group memberikan dua pilihan, yaitu Location Partnership (Kemitraan Lokasi) dan Franchise.

Location Partnership adalah bentuk kemitraan yang tertuju kepada pemilik atau pengelola lokasi usaha strategis seperti pemilik ruko, gedung, atau tanah.

Sementara itu, Franchise adalah bentuk kerja sama waralaba. Bagi Anda yang ingin mengajukan diri menjadi mitra kopi Janji Jiwa, ada sejumlah persyaratan yang harus Anda penuhi. Berikut di antaranya:

  • Lokasi usaha harus strategis, seperti di mall, area perkantoran, kampus, bandara, stasiun, dan sebagainya. Pastikan juga lokasi yang Anda tentukan mudah diakses banyak orang baik secara langsung maupun melalui ojek online.
  • Mengikuti standar desain interior gerai dengan konsep yang telah Janji Jiwa tetapkan.
  • Outlet harus memiliki luas ruangan minimal 3×2,5 meter.
  • Outlet harus memiliki pasokan Listrik minimal 18A.
  • Harus tersedia fasilitas saluran air yang baik, termasuk saluran air bersih dan saluran air kotor (pembuangan).
  • Menyiapkan dana untuk investasi awal franchise kopi Janji Jiwa.

 

Cara Daftar Franchise Janji Jiwa

Berminat bergabung menjadi mitra kedai kopi Janji Jiwa? Anda hanya perlu menghubungi tim manajemen dan mengajukan proposal kerja sama dengan mengunjungi kantor pusat Janji Jiwa Group.

Kantor pusatnya terletak di Kedoya Raya No. 2, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Anda juga dapat menghubungi tim manajemen secara online melalui alamat email info@jiwagroup.com.

Setelah mengirim proposal, tim manajemen akan langsung melakukan survei lokasi yang kamu tawarkan untuk pendirian outlet. Setelah pihak manajemen menyetujui proposal, Anda harus melakukan penandatangan kontrak kerja sama dan melakukan pembayaran paket franchise.

Kemudian, Sobat HOOQ.ID akan mempersiapkan pembukaan gerai dan menjalani pelatihan dari Janji Jiwa. Jika persiapan outlet sudah selesai, butuh waktu sekitar 2 minggu hingga pembukaan gerai.

Tidak perlu khawatir, karena Janji Jiwa menyediakan support pemasaran dan promosi melalui media sosial. Lagi pula, Janji Jiwa memiliki branding yang kuat sehingga secara otomatis dapat menarik pelanggan di daerah tersebut.

[Baca Juga: Franchise Es Teh Indonesia: Syarat Daftar, Keuntungan dan Harga]

 

Harga Franchise Janji Jiwa

Janji Jiwa Group memberikan opsi paket yang bisa Anda pilih sesuai preferensi pribadi. Bagi Sobat HOOQ.ID yang tertarik untuk memulai bisnis franchise di bidang kopi, berikut adalah dua pilihan paket franchise Janji Jiwa:

 

#1 Paket Standard

Paket Standard memiliki biaya sebesar Rp70 juta. Namun, paket ini juga memerlukan pembayaran deposit sebesar Rp5 juta yang akan kembali ketika masa kontrak berakhir.

Paket ini sudah mencakup lisensi untuk menggunakan merek Janji Jiwa. Dengan harga tersebut, pihak mitra berhak mendapatkan perlengkapan untuk produksi produk, seragam, media promosi seperti menu, desain banner, dan flyer.

Mitra juga akan mendapat pelatihan serta buku petunjuk operasional (SOP), desain booth standar, dan peralatan untuk menu hot.

Sayangnya, paket ini tidak termasuk bahan baku dan tidak menyertakan peralatan seperti kulkas, freezer, HP Android untuk kasir, serta alat-alat kebersihan.

 

#2 Paket Lengkap

Kemudian, ada Paket Lengkap yang membutuhkan biaya sebesar Rp85 juta dan memerlukan deposit refundable sebesar Rp5 juta. Paket ini mencakup semua yang tersebut dalam Paket Standard, kecuali bahan baku.

Akan tetapi, harga tersebut belum termasuk biaya tambahan seperti sewa tempat, peralatan, dan biaya operasional.

Sementara itu, untuk pembangunan booth sesuai standar Janji Jiwa kira-kira akan menghabiskan biaya sekitar Rp30 juta. Harga ini belum termasuk biaya sewa tempat dan pembelian bahan baku.

Jadi, total modal awal franchise Janji Jiwa yang perlu Anda siapkan berkisar antara Rp150 juta hingga Rp200 juta.

Biaya tersebut sudah termasuk sewa ruko, modal untuk konstruksi outlet, penggajian karyawan, biaya operasional, dan penyediaan stok bahan baku.

Untuk Anda yang ingin segera balik modal, minimal harus menjual 6.000-7.000 cup per bulan. Dari penjualan tersebut, balik modal biaya kemitraan bisa relatif lebih cepat yaitu selama 10-12 bulan saja.

Bahkan bisa juga lebih cepat hanya 6-8 bulan jika ramai pelanggan dan berlokasi strategis.

 

Keuntungan Franchise Janji Jiwa

Soal peluang keuntungan, franchise kopi Janji Jiwa masih sangat menjanjikan. Apalagi brand lokal ini tidak hanya menghadirkan menu minuman dengan berbagai varian rasa, tetapi juga roti toast yang memiliki beragam isian.

Selain itu, berikut adalah beberapa keuntungan dari franchise Janji Jiwa yang bisa Anda dapatkan:

  • Menggunakan biji kopi Robusta asal Sumatera, sehingga memberikan rasa kopi yang tidak pahit di lidah.
  • Menerapkan teknik pemasaran dengan kampanye kolaborasi dengan berbagai brand terkenal, termasuk merek kosmetik, platform musik, bahan baku makanan, hingga perfilman.
  • Diversifikasi menu minuman kopi dan non-kopi, serta menu makanan yang eksklusif.
  • Menyediakan dua opsi kemitraan, yaitu Location Partnership dan Franchise.

 

Peluang Cuan Lewat Franchise Kopi Kekinian

Sebagai brand kopi lokal yang populer di Indonesia, tak heran jika Janji Jiwa menawarkan keuntungan yang sangat menjanjikan.

Bahkan Janji Jiwa bisa bertahan dan menjadi salah satu kedai kopi terbesar di Indonesia, di tengah ketatnya persaingan antara bisnis minuman.

Nah, jika Anda tertarik untuk membuka gerai Janji Jiwa, jangan lupa persiapkan modal serta syarat dan ketentuan untuk menjalankan bisnis franchise Janji Jiwa.

Lakukan juga riset mendalam terkait brand ini dan survei lokasi gerainya agar bisnis berjalan lancar, serta balik modal lebih cepat. Selain itu, perhatikan juga pengelolaan keuangan bisnis, supaya operasional tetap berjalan aman tanpa hambatan.

Sebagai referensi, Anda bisa mempelajari Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis dalam ebook gratis HOOQ.ID. Good luck!

Anda juga bisa meminta saran dari Perencana Keuangan HOOQ.ID dalam memilih franchise yang menguntungkan.

Segera buat janji temu konsultasi dengan menghubungi Customer Advisory di 0851 5866 2940 via WhatsApp atau klik banner di bawah ini. Semoga membantu, ya!

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

Disclaimer: HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Itulah ulasan mengenai franchise Janji Jiwa yang bisa kamu pertimbangkan sebelum menandatangani kontrak kerja sama dengan Janji Jiwa Group.

Share artikel ini di platform media sosial Anda, siapa tahu kerabat Anda tertarik untuk bisnis bareng. Semoga bermanfaat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • Alda Shabriani. 20 Januari 2023. Begini Harga dan Cara Daftar Franchise Janji Jiwa. Evermos.com – https://shorturl.at/su157
  • Bagas Dharma. 04 September 2023. Franchise Kopi Janji Jiwa, Biaya & Cara Daftar. publikasimedia.com- https://shorturl.at/mvEIW
  • Nuri. 01 November 2023. Mengenai Franchise Kopi Janji Jiwa, Cara Daftar dan Modal Awalnya. Rukita.co – https://shorturl.at/chprS
  • Rully. 18 Desember 2023. Franchise Janji Jiwa: Harga, Syarat, dan Cara Daftar. Franchiseresto.com – https://shorturl.at/hpSY5

Mau Buka Franchise Janji Jiwa? Ini Cara Daftar dan Paket Harganya

REKOMENDASI  Posisi Tidur Paling Baik dan Buruk saat Asam Lambung Naik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *