4 Cara Memilih Jasa Pembicara Keuangan Terbaik, Jangan Asal!

Cara memilih jasa pembicara keuangan terbaik punya implikasi langsung terhadap perencanaan keuangan seseorang. 

Simak artikel berikut sampai habis untuk mempraktikkan caranya. Semoga bermanfaat…

 

Summary:

  • Terdapat beberapa cara dalam memilih pembicara keuangan supaya dampaknya bisa dirasakan secara maksimal dan mampu tingkatkan literasi keuangan.
  • Saran Financial Planner sangat krusial untuk mendapatkan arahan perihal keuangan yang detail dan sesuai kebutuhan.

 

Pentingnya Jasa Financial Planner untuk Literasi Keuangan

Bicara tentang uang memang tidak ada habisnya. Pada beberapa kasus, masalahnya tidak terletak pada jumlah rupiah yang dimiliki.

Melainkan kecakapan mengelola uang untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan finansial.

Literasi keuangan masyarakat yang rendah didasari fakta bahwa tidak ada satu pun mata pelajaran yang mendidik kecakapan manajerial. Sehingga, orang-orang cenderung buru-buru belanja begitu punya uang.

Belakangan memang banyak sumber gratis untuk belajar keuangan, mulai dari video di media sosial, artikel, sampai audiobook.

Meski konten keuangan gratis—seperti artikel HOOQ.ID—sangat membantu, Anda tetap butuh saran Financial Planner secara langsung untuk mendapat saran yang universal, detail, dan sesuai kebutuhan.

Agar tidak ragu menggunakan jasa Financial Planner, berikut penulis paparkan beberapa alasan mengapa perlu menggunakan layanan ini:

[Baca Juga: Contoh Perencanaan Keuangan Keluarga dan Tips Menyiapkannya]

 

#1 Memandu Pengelolaan Keuangan

Financial Planner akan membantu mencapai tujuan keuangan dengan pertimbangannya.

Bisa jadi, mereka menyuruh Anda menghentikan rencana A dan melakukan perubahan mayor lantaran dianggap tidak realistis.

Silakan mulai gunakan jasa mereka untuk memaksimalkan manifestasi tujuan yang lebih berdampak.

 

#2 Meluruskan Manajemen Perilaku Keuangan

Sudah bukan rahasia lagi kalau kebanyakan orang akan kalap kalau melihat uang banyak.

REKOMENDASI  IHSG Hari Ini 22 Maret 2024 Dibuka di 7.338,353

Financial Planner akan melatih klien untuk tidak impulsif menentukan pilihan. Karenanya, tiap orang perlu tahu cara memilih jasa pembicara keuangan terbaik.

 

#3 Membantu Memahami Kondisi Pasar dan Menentukan Sikap Terhadapnya

Jasa Financial Planner akan sangat berguna, terutama untuk orang yang buta finansial.

Dengan mempraktikkan cara memilih jasa pembicara keuangan terbaik, Anda akan menemukan orang yang cocok untuk memotivasi dan membantu memahami pasar.

Selanjutnya, Anda juga akan diajarkan untuk menentukan sikap terkait iklim pasar. Dengan begitu, Anda akan lebih cermat memilih produk investasi atau asuransi.

 

#4 Membantu Merencanakan Keuangan dengan Matang

Meski sudah banyak membaca artikel keuangan, penulis sarankan Anda menggunakan jasa pembicara keuangan atau Financial Planner.

Mendapat informasi langsung dari ahli terbukti lebih efektif dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Bahkan, studi sains mengatakan bahwa manusia cenderung mudah menerima pesan dalam bentuk audio dan visual.

 

#5 Membantu Mengelola Sikap Konsumtif

Terakhir, alasan mengapa Financial Planner penting adalah kemampuan mereka membantu klien menekan sikap konsumtif.

Mereka mungkin menggunakan analogi, menyarankan pembatasan budget, atau menghapus pos yang dianggap kurang penting.

[Baca Juga: Perencana Keuangan Independen dan Dependen, Apa Bedanya?]

 

Cara Memilih Jasa Pembicara Keuangan Terbaik

Cara memilih jasa pembicara keuangan terbaik berkaitan dengan output yang didapat.

Misal, peningkatakan skill manajemen keuangan pribadi karyawan bisa diwujudkan dengan menggunakan jasa pembicara keuangan yang fokus di arus kas dan aset.

Simak cara memilih jasa pembicara keuangan terbaik berikut ini:

 

#1 Tentukan Kebutuhan Anda

Jasa pembicara keuangan bersifat client oriented. Artinya, materi yang disampaikan akan disesuaikan sesuai permintaan klien. Untuk itu, penting bagi Anda memahami kebutuhan saat ini.

Misal, Jasa Pembicara Keuangan HOOQ.ID punya banyak topik yang bisa dibahas, seperti arus kas, manajemen utang, waris, dana pensiun, dana pendidikan, dan sebagainya.

Ketika mendapat panggilan untuk event di sekolah, HOOQ.ID akan menyarankan bahasan yang relevan dengan anak remaja, seperti investasi, arus kas, dan asuransi.

Baca juga, Apa Itu Jasa Perencana Keuangan? Inilah Cara Kerjanya!

REKOMENDASI  3+ Cara Ampuh Mengatur Keuangan Karyawan Kontrak, Biar Sejahtera!

 

#2 Ketahui Konsentrasi dan Keahlian Financial Planner yang Anda Butuhkan

Sama seperti guru yang punya fokus di bidang tertentu, Financial Planner juga demikian.

Mengapa mereka konsentrasi di lingkup yang lebih sempit? Hal ini ditujukan untuk memaksimalkan pelayanan dan jasa.

Sebab, pemahaman end to end di satu sampai dua bidang jatuh lebih baik dibanding memahami banyak hal di permukaan.

Sebagai bahan referensi, berikut adalah konsentrasi Financial Planner HOOQ.ID:

#3 Perhatikan Kualifikasi dan Sertifikasinya

Selanjutnya, cara memilih jasa pembicara keuangan terbaik dapat dilihat dari jenjang pendidikan dan sertifikasi Financial Planner yang terlibat. Ada beberapa sertifikasi Financial Planner yang perlu Anda tahu, yakni:

  • Certified Financial Planner (CFP). Gelar CFP adalah salah satu yang paling diakui dalam perencanaan keuangan. Pemilik gelar ini telah memenuhi persyaratan pendidikan serta pengalaman dalam perencanaan keuangan pribadi.
  • Chartered Financial Analyst (CFA). Sertifikasi internasional yang mengkhususkan diri dalam analisis investasi dan manajemen portofolio.
  • Qualified Financial Planner (QWP). Sertifikasi yang mengedepankan praktik pengelolaan keuangan.
  • Certified Fund Specialist (CFS). Sertifikasi yang mengacu pada pengelolaan dana investasi dan portofolio. Mereka yang memegang gelar ini biasanya bekerja dengan reksadana dan dana investasi.
  • Certified Public Accountant (CPA). Sertifikasi untuk akuntan publik yang memiliki pengetahuan luas tentang akuntansi, pajak, dan audit. Beberapa CPA juga bekerja sebagai perencana keuangan yang membantu individu dan bisnis dengan masalah keuangan.
  • Chartered Financial Consultant (ChFC). Profesional yang telah mendapatkan sertifikasi yang mengukur pengetahuan dalam berbagai aspek perencanaan keuangan. Aspek ini termasuk perencanaan pajak, pensiun, dan perencanaan warisan.
  • Chartered Investment Counselor (CIC): Gelar ini diberikan oleh Investment Adviser Association (IAA) kepada individu yang bekerja sebagai penasihat investasi dan menunjukkan tingkat pengetahuan dan etika yang tinggi dalam bidang ini.
  • Chartered Life Underwriter (CLU). Spesialisasi dalam asuransi jiwa dan perencanaan keuangan yang melibatkan produk-produk asuransi.
  • Financial Risk Manager (FRM). Sertifikasi yang mengkhususkan diri dalam manajemen risiko keuangan.
  • Personal Financial Specialist (PFS). Sertifikasi yang diberikan oleh American Institute of CPAs (AICPA) kepada CPA yang memiliki spesialisasi dalam perencanaan keuangan pribadi.
  • Registered Financial Planner (RFP). Sertifikasi yang diberikan oleh FPSB Indonesia. Mengukur pengetahuan dan keterampilan dalam perencanaan keuangan.
REKOMENDASI  Mengenal Emas Hitam, Si Cantik yang Bisa Jadi Aset Investasi

Baca juga, Ini Dia Daftar Financial Planner Terkenal di Indonesia yang Tersertifikasi!

 

#4 Pertimbangkan Pengalaman dan Reputasi

Terakhir, silakan perhatikan pengalaman dan reputasi saat menerapkan cara memilih jasa pembicara keuangan terbaik.

Anda bisa mengecek profil perencana keuangan melalui LinkedIn atau di situs perusahaan tempatnya bekerja.

 

Financial Planner Seperti Seorang Dokter

Secara garis besar, cara kerja Financial Planner mirip dengan dokter. Mereka menerima keluhan pasien dalam sesi konsultasi pribadi dan dilanjut dengan memberi pertanyaan balik untuk menguatkan diagnosis.

Setelahnya dokter mengidentifikasi kondisi pasien dan menyerahkan resep.

Jika dokter memberikan resep obat, Financial Planner memaparkan solusi utama dan alternatifnya untuk membantu klien keluar dari masalah. Setelah sesi selesai, klien diharapkan langsung bertindak sesuai arahan ahli.

Tapi, perlu diingat bahwa Financial Planner hanya bertugas membantu klien memiliki habit keuangan yang baik, bukan membuat kaya.

Kelimpahan aset akan dicapai jika Anda menerapkan saran dan berusaha meningkatkan pendapatan.

Nah, jika saat ini Anda semakin yakin memerlukan jasa pembicara keuangan terbaik, Perencana Keuangan HOOQ.ID siap membantu. 

Mari cari tahu informasi lebih lanjut dengan cara klik banner di bawah ini, sekarang!

konsul - JASA PEMBICARA KEUANGAN Q3 23

 

Mari Tingkatkan Literasi Keuangan!

Cara memilih jasa pembicara keuangan terbaik dapat Anda praktikkan ketika ingin menyelenggarakan pelatihan untuk karyawan. Dengan begitu, output yang diharapkan bisa tercapai dengan mudah.

Selain mengikuti eventtersebut, Anda bisa perluas wawasan seputar keuangan dengan membaca ebook Cara Wujudkan Mimpi dengan Perencana Keuangan dari HOOQ.ID.

Setelah itu, HOOQ.ID membuka kesempatan untuk Anda yang ingin mengadakan event keuangan dengan menghadirkan pembicara keuangan terbaik.

Kami menggandeng Financial Planner terbaik di perusahaan dengan sertifikasi internasional CFP® untuk membantu mencapai tujuan. Buat janji temu sekarang melalui WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

 

Disclaimer: HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Sekian ulasan tentang cara memilih jasa pembicara keuangan terbaik. Silakan sampaikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah dan tunggu jawaban dari tim kami.

Anda bisa menginisiasi program pelatihan keuangan karyawan di perusahaan dengan membagikan artikel ini di grup kantor. Terima kasih!

 

Editor: Omri Cristian

Sumber Referensi:

  • Admin. 27 September 2020. 7 Manfaat Memiliki Financial planner yang Jarang Diketahui! Trusvation.com – https://bit.ly/3PMX8Xf

4 Cara Memilih Jasa Pembicara Keuangan Terbaik, Jangan Asal!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *