Laba Bersih BBNI Naik Usai Catat Kinerja Positif, Ini Dampaknya!

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. catatkan kinerja positif serta mengalami kenaikan laba bersih.

Lantas bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja saham BBNI ini? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Laba Bersih BBNI Alami Kenaikan Tahun 2023

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Sukses mengalami peningkatan laba bersih yang menyentuh angka Rp20,9 triliun sepanjang tahun 2023 lalu. Catatan ini menunjukkan kenaikan sebesar 14% dibandingkan tahun 2022.

Ilustrasi Gedung BNI. Sumber: flickr.com

 

Sebagai informasi, pada tahun 2022 lalu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. mencatatkan laba bersih di angka Rp18,31 triliun. Tentu saja pencapaian ini menuai apresiasi.

Sementara itu dari segi kapitalisasi pasar BBNI sepanjang tahun 2023, berhasil menyentuh angka Rp200,5 triliun. Bahkan pada 6 Februari lalu, nilai kapitalisasi pasar sempat tembus Rp217,6 triliun.

 

Kinerja BBNI Tumbuh Positif

Salah satu statement positif dikemukakan oleh Senior Vice President Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Trioksa Siahaan. Menurutnya BNI telah membukukan kinerja yang positif.

“BNI terus mencatat pertumbuhan potofolio kredit yang baik dan ikut konsisten juga meningkatkan portofolio hijau serta didukung dengan efisiensi. Ini semua dapat meningkatkan apresiasi pada kinerja dan saham BBNI,” ujarnya melansir Liputan6.com (26/02).

 

Pada kesempatan terpisah, Senior Faculty dari LPPI, Moch. Amin Nurdin menuturkan bahwasannya keberhasilan BBNI didukung oleh adanya konsistensi pertumbuhan kredit serta aset dan pertumbuhan NIM yang terjaga dengan baik.

“Selain itu, transformasi yang dilakukan oleh BNI juga bagus sehingga menopang pertumbuhan bisnis yang positif dan lebih sehat,” ujarnya melansir Kontan.co.id (26/02).

[Baca Juga: Bank Negara Indonesia (BBNI) Bidik Penjualan ORI025 Capai Rp1 Triliun]

 

Dampaknya Terhadap Kinerja Saham BBNI

Kabar kinerja positif emiten BBNI menjadi angin segar terhadap kinerja sahamnya. Sepanjang tahun 2023, kinerja saham BBNI bisa dikatakan moncer!

Bahkan pada 6 Februari 2024 lalu, saham BBNI sempat menembus all time high di posisi Rp5.825. Berdasarkan catatan RTI, dalam tiga tahun terakhir BBNI telah alami kenaikan hingga 82,54%.

Capaian ini melampaui catatan dua bank besar lainnya seperti BBCA dan BBRI yang masing-masing alami lonjakan 49,69% dan 41,87%. BBNI berpotensi untuk bisa menyentuh angka Rp6.000.

Trioksa Siahaan mengungkapkan bahwa kinerja baik dari BBNI juga berpotensi membuat kinerja saham terus alami kenaikan. Meskipun tren bunga mulai melandai serta momentum pertumbuhan ekonomi dapat terjaga dengan baik.

Untuk Sobat HOOQ.ID yang mau mengetahui kinerja saham BBNI secara real-time bisa cek chart di bawah ini!

 

Jika Anda tertarik berinvestasi saham, yuk, susun strategi investasi yang tepat agar bisa memaksimalkan keuntungan.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan review portofolio investasi bersama dengan ahlinya, Perencana Keuangan HOOQ.ID. Klik banner di bawah ini dan buat janji konsultasi secara 1 on 1.

konsul- INVESTASI Q3 23

 

Project Besar yang akan Dilakukan BNI

Sebagai informasi untuk Sobat HOOQ.ID, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. akan melakukan beberapa project besar pada tahun 2024 ini, di antaranya:

 

#1 Pembangunan Gedung Megah di PIK 2

BNI akan melaksanakan proyek pembangunan gedung megah di Pantai Indah Kapuk atau PIK 2. Diketahui bahwa proyek yang akan berjalan ini senilai Rp1,4 triliun.

Menteri BUMN, Erick Thohir secara langsung menyaksikan groundbreaking pembangunan gedung baru ini.

Erick mengungkapkan bahwasannya pembangunan ini dapat berperan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

[Baca Juga: Wow! BBNI Cetak Rekor All Time High, Prospek Cerah di 2024?]

 

#2 Segera Meluncurkan Produk Student Loan

Untuk membantu kebutuhan pendidikan mahasiswa di Indonesia, BNI segera meluncurkan produk student loan. Produk ini merupakan layanan kredit yang ditujukan kepada mahasiswa.

Kendati demikian, produk tersebut belum akan diluncurkan dalam waktu dekat sebab pihaknya masih perlu mematangkan model bisnisnya.

Akan tetapi Direktur Institutional BNI, Muhammad Iqbal, meyakini bahwa produk student loan akan mendapatkan sambutan positif dan dapat diterima publik.

Berdasarkan data statistik, 31,45% penduduk usia 19 sampai 23 tahun dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Akan tetapi 7 dari 100 mahasiswa harus berhenti karena tidak mampu memenuhi biayanya.

Data statistik tersebut melatarbelakangi BNI untuk mendorong terwujudnya program student loan di Indonesia.

“BNI tengah mempersiapkan produk student loan. Kami melihat mahasiswa di Indonesia sudah semakin mengenal berbagai produk jasa keuangan mulai dari tabungan, investasi, hingga pembiayaan sehingga potensi masih besar,” ujar Iqbal (27/02).

 

Agar Anda lebih uptodate terhadap perkembangan saham BBNI, simak artikel BBNI lainnya di website HOOQ.ID.

 

Tertarik Mengoleksi Saham BBNI? Siapkan Strateginya Biar Cuan!

Berdasarkan informasi di atas, apakah Sobat HOOQ.ID tertarik berinvestasi saham BBNI? Sebelum memulai investasi, siapkan dulu perencanaan dan strateginya supaya cuan maksimal.

Untuk memperdalam wawasan Anda seputar saham, download juga ebook gratis dari HOOQ.ID Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham dan tonton YouTube berikut ini sampai akhir.

 

 

Jika kamu membutuhkan pendampingan dalam berinvestasi saham untuk tujuan keuangan tertentu, kamu juga bisa manfaatkan Bookplan Program HOOQ.ID.

Kamu akan memperoleh pendampingan secara langsung dari Perencana Keuangan HOOQ.ID supaya strategi dan pengambilan keputusan dalam investasi bisa lebih tepat dan keuntungan maksimal. Good luck!

 

Disclaimer:  HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Itulah informasi seputar laba bersih BBNI yang alami kenaikan. Jangan lupa untuk share artikel ini supaya semakin banyak orang yang mendapatkan informasinya. Semoga bermanfaat…

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi: 

  • Pipit Ika Ramadhani, 26 Februari 2024. Laba BNI Naik, Begini Prediksi Dampak ke Saham. Liputan6.com – http://tinyurl.com/mshx9tzm
  • Nida Sahara. 26 Februari 2024. Konsistensi Dorong Kinerja BNI (BBNI) Tumbuh Positif. Investor.id – http://tinyurl.com/mv2xx2f5
  • Nova Betriani Sinambela. 21 Februari 2024. Bank Negara Indonesia (BBNI) Dorong Pertumbuhan Kredit Lewat Student Loan. Kontan.co.id – http://tinyurl.com/277p5e3e
  • Dina Mirayanti Hutauruk. 7 Februari 2024. Kapitalisasi Pasar BBNI Sentuh Rekor Tertinggi. Konten.co.id – http://tinyurl.com/bdh7ke24

 

Sumber Gambar:

Laba Bersih BBNI Naik Usai Catat Kinerja Positif, Ini Dampaknya!

REKOMENDASI  Kinerja Positif, Pembayaran Dividen BBRI Total Rp12,7 Triliun, Full Senyum!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *