Cara Mengatur Keuangan Pasangan yang Belum Menikah, Awas Bablas!

Banyak anak muda yang ingin belajar cara mengatur keuangan pasangan yang belum menikah. Sering kali, langkah ini ditempuh untuk membiasakan diri mengurus finansial bersama setelah menikah.

Cari tahu cara mengatur keuangan pasangan yang belum menikah dalam ulasan HOOQ.ID berikut!

 

Summary:

  • Walaupun memiliki tujuan untuk menikah, namun secara hukum pasangan yang belum menikah adalah orang asing. Oleh karena itu, ada rambu-rambu dalam keuangan yang harus dibatasi.
  • Kita harus mengatur keuangan masing-masing kendati sudah berkomitmen dengan pasangan belum menikah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Rambu-rambu Mengatur Keuangan Pasangan Belum Menikah

Urusan keuangan adalah salah satu aspek sensitif dalam hubungan. Ketidakjelasan dan ketidakjujuran sering kali menjadi pemicu konflik hingga perpisahan. Oleh karena itu, penting untuk memahami mengatur keuangan pasangan yang belum menikah.

REKOMENDASI  20 Cara Top Up BCA Flazz 2023 : EDC & ATM Terbaru

Berikut adalah batasan saat mengatur keuangan dengan pasangan belum menikah:

 

#1 Jangan Membocorkan Informasi Rahasia

Keterbukaan finansial penting dalam hubungan yang serius, bukan pada hubungan yang belum resmi. Semasa pacaran, Anda disarankan untuk tetap menjaga kerahasiaan PIN kartu debit atau kartu kredit, informasi detail nilai aset, pendapatan, dan nilai tunai asuransi.

Sementara itu, Anda masih dibolehkan memberi tahu nama bank tempat membuka rekening, produk keuangan yang dimiliki, dan komitmen keuangan. Hal ini akan menunjukkan nilai Anda sebagai individu dewasa.

Anda dan pasangan juga boleh berdiskusi mengenai keuangan untuk melihat pandangan dan prinsip finansial masing-masing.

 

#2 Jangan Merasa Terlalu Terikat

Di mata hukum, Anda dan kekasih adalah orang asing. Karena alasan ini, jangan merasa terikat dan membuat tabungan bersama, KPR bersama, atau hal lain yang berhubungan dengan uang. Anda tidak pernah tahu arah pikiran orang lain.

[Baca Juga: Sudah Yakin dengan Pasangan Kamu? Tanyakan Dulu 4 Hal Ini Sebelum Menikah!]

 

#3 Jangan Segan Meminta Bukti Legal

Beberapa pasangan kekasih menjalankan bisnis bersama. Dalam skema usaha, penting untuk memisahkan ranah bisnis dan hubungan pribadi. Sebab, sebelum menikah, Anda dan pasangan tidak saling punya kewajiban. Jangan segan membuat perjanjian legal di atas meterai terkait bisnis.

 

#4 Pahami Kebiasaan Keuangan

Kebiasaan finansial merupakan hal penting yang perlu diketahui oleh pasangan sebelum menikah. Kebiasaan yang berbeda dapat menjadi sumber konflik ketika berumah tangga. Anda bisa melihat kebiasaan menggunakan kartu kredit, budgeting, dan rutinitas menabung.

REKOMENDASI  Tugas, Kualifikasi, dan Kompetensi yang Dibutuhkan

 

#5 Pahami Pandangan Pasangan Tentang Uang

Pandangan dan sikap calon pasangan terhadap uang merupakan salah satu hal penting yang perlu diketahui sebelum menikah. Anda bisa mengamati cara pasangan memperlakukan uang, mengajak berdiskusi tentang uang secara umum, dan melihat perilakunya di situasi tertentu.

Video berikut bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dan pasangan sebelum melangkah ke pernikahan. Yuk, simak bersama.

 

 

Cara Mengatur Keuangan Pasangan Belum Menikah

Jika Anda sudah berkomitmen dengan pasangan—setidaknya bertunangan—mempraktikkan cara mengatur keuangan pasangan yang belum menikah bisa memudahkan urusan rumah tangga di masa depan.

Kendati begitu, pastikan Anda dan pasangan melakukannya masing-masing untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa cara mengatur keuangan pasangan yang belum menikah:

 

#1 Buat Rencana Bersama

Rencana keuangan bersama merupakan fondasi penting dalam hubungan jangka panjang. Dengan memiliki tujuan keuangan bersama, pasangan dapat bekerja sama untuk mencapainya. Anda bisa memulainya dengan menyusun tujuan keuangan, anggaran, dan hiburan.

Anda bebas merencanakan apa pun berdua. Tetapi, selagi belum menikah, sebaiknya pengumpulan dana dilakukan di rekening masing-masing.

[Baca Juga: 5 Tips Bangun Kesiapan Finansial Sebelum Menikah]

 

#2 Membagi Tanggung Jawab

Cara mengatur keuangan pasangan yang belum menikah juga bisa dilakukan dengan berbagi tanggung jawab. Cara ini akan membantu Anda memenuhi kebutuhan berdua tanpa mengganggu keuangan masing-masing.

REKOMENDASI  Kenapa BSI Tidak Bisa Top Up ShopeePay? Ini Cara Mengatasi!

Misal, bulan ini Anda dan pasangan pergi ke pulau. Jika pasangan telah membeli tiket pesawat, Anda bisa berinisiatif memesan penginapan. Langkah ini akan meringankan beban kedua belah pihak.

Ilustrasi pasangan mengatur keuangan. Sumber: Freepik/pressfoto

 

#3 Pantau Pengeluaran Masing-masing

Memantau pengeluaran bukan berarti Anda memata-matai belanja pasangan, melainkan saling mengidentifikasi budgeting. Anda bisa saling mengingatkan jika ada pengeluaran tidak mendesak yang terlalu besar.

 

#4 Buat Prioritas Keuangan

Pengelolaan keuangan yang efektif butuh prioritas yang jelas. Individu atau pasangan perlu berdiskusi dan menyepakati skala prioritas. Hal ini akan membantu mengalokasikan dana secara bijak dan menghindari konflik yang mungkin timbul akibat perbedaan pandangan.

Prioritas keuangan dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah hal-hal yang harus dipenuhi untuk bertahan hidup, seperti kebutuhan sehari-hari, tagihan, dan utang.

Keinginan adalah hal-hal yang tidak mutlak diperlukan, tetapi dapat menambah kenyamanan dan kesenangan hidup, seperti hiburan, rekreasi, dan investasi.

 

#5 Membuat Tabungan Masa Depan

Jika Anda dan pasangan berencana menikah, tidak ada salahnya mulai membuat tabungan pernikahan sejak dini. Tapi, lagi-lagi simpan dana terpisah.

Namun, sebelum membuat tabungan pernikahan, pastikan Anda dan sudah berdiskusi terlebih dahulu bersama pasangan.

Anda juga bisa gunakan jasa Perencana Keuangan HOOQ.ID untuk membantu Anda dan pasangan mewujudkan tujuan keuangan Anda bersama.

Nah, pas banget! Ada promo Love Plan yang bisa Anda gunakan untuk berkonsultasi dengan Perencana Keuangan HOOQ.ID, lho. Selain sesi konsultasi secara langsung dengan Perencana Keuangan, Anda juga bisa dapatkan benefit lain yang akan berguna dalam proses mewujudkan tujuan Anda dan pasangan.

Yuk, ajak pasangan Anda dan segera booking jadwal konsultasi di nomor WhatsApp 0851 5866 2940 atau klik banner-nya!

konsul love plan

 

#6 Hadapi Masa Sulit Bersama

Krisis keuangan dapat menjadi tantangan pasangan. Untuk menghadapinya, penting untuk membangun komunikasi terbuka dan kerja sama.

Salah satu cara mengatur keuangan pasangan yang belum menikah dalam menghadapi krisis keuangan adalah dengan menyusun rencana darurat yang mencakup dana darurat. Rencana ini dapat membantu Anda dan pasangan tetap tenang dan terkendali di masa sulit.

Selain itu, diskusikan solusi yang dapat diambil bersama. Solusi dapat mencakup menekan pengeluaran, mencari penghasilan tambahan, atau menunda pengeluaran kurang penting.

 

Pasang Kuda-kuda untuk Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mengatur keuangan pasangan yang belum menikah bisa melatih Anda mengelola finansial keluarga. Tapi, di sini Anda disarankan untuk menyimpan uang sendiri alih-alih membuat rekening bersama.

Untuk saran keuangan yang lebih komprehensif, Anda bisa meminta saran perencana keuangan HOOQ.ID. Mereka akan memandu Anda mewujudkan keluarga sejahtera melalui perencanaan keuangan yang matang.

Booking jadwal konsultasi Anda di 0851 5866 2940 sebelum antrean making panjang.

 

Disclaimer:  HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi. 

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya.

Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

 

Demikian ulasan tentang mengatur keuangan pasangan yang belum menikah. Sampaikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan informasi ini di media sosial untuk membantu rekan Anda yang ingin mengatur keuangan bersama kekasih. Terima kasih!

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Admin. 20 April 2020. Belum Resmi Menikah, Bagaimana Rambu-Rambu Urusan Keuangan? avrist.com – https://bit.ly/3Sa0ns3
  • Yogi Hendriansyah. 14 November 2023. 6 Tips Mengatur Keuangan Bersama Kekasih, Jangan Menyesal di Hari Tua!com – https://bit.ly/3S8axJE

 

Sumber Gambar:

  • Cover – Freepik/tirachardz

Cara Mengatur Keuangan Pasangan yang Belum Menikah, Awas Bablas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *