15 Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik dan Tips Memilihnya, Catat!

Seiring dengan perkembangan perasuransian di Indonesia, mulai banyak perusahaan asuransi jiwa yang bermunculan di Indonesia.

Lantas, apa saja perusahaan asuransi jiwa terbaik yang ada di Tanah Air? Berikut rekomendasinya dalam artikel berikut!

 

Summary:

  • Asuransi jiwa adalah alat pengelolaan keuangan yang memberikan perlindungan kepada keluarga dan ahli waris jika mereka kehilangan sesuatu.
  • Asuransi jiwa menawarkan perlindungan uang tunai atau uang pertanggungan (UP).

 

Apa itu Asuransi Jiwa

Banyaknya produk asuransi jiwa di Indonesia saat ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih mana yang terbaik dan paling cocok untuk Anda.

REKOMENDASI  Cara Memperbaiki TV LCD LED Mati Total atau Lampu Berkedip

Mengingat urgensinya, memilih produk asuransi jiwa tentu tidak boleh Anda lakukan secara sembarangan.

Asuransi jiwa adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan perlindungan atas kerugian kepada ahli waris dan keluarga.

Kerugian ini bisa diakibatkan karena meninggalnya nasabah/pemegang polis yang sebelumnya bertindak sebagai pencari nafkah atau kecelakaan yang mengakibatkan cacat tetap total.

Ilustrasi Asuransi. Sumber: ekonomi.republika.co.id

 

Perlindungan finansial ini berwujud pemberian santunan uang tunai atau uang pertanggungan (UP). Perlu Anda ingat bahwa polis asuransi jiwa terbaik tidak terpaku hanya pada faktor premi murah saja.

Sebab, percuma jika premi murah, tapi uang pertanggungannya tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga yang ditinggalkan andai pemegang polis mengalami risiko musibah.

Oleh karena itu, dalam memilih asuransi jiwa sebaiknya turut mempertimbangkan faktor-faktor lainnya.

Seperti uang pertanggungan yang harus sebanding dengan premi, jenis proteksi sesuai kebutuhan, hingga mempertimbangkan kesehatan keuangan perusahaan.

[Baca Juga: Bicara Soal Untung Rugi Asuransi, Ini Kata Perencana Keuangan!]

 

Manfaat Membeli Asuransi Jiwa

Membeli produk asuransi jiwa bisa menjadi solusi sekaligus langkah antisipatif dari kondisi yang merugikan. Karena layanan ini memiliki berbagai macam manfaat penting bagi Anda dan keluarga, di antaranya:

 

#1 Perlindungan Finansial

Asuransi jiwa memberikan perlindungan finansial bagi keluarga Anda jika terjadi sesuatu yang tidak terduga seperti kematian atau cacat total dan permanen.

 

#2 Perlindungan Jangka Panjang

Beberapa polis asuransi jiwa memiliki jangka waktu yang panjang sehingga memberikan perlindungan finansial bagi keluarga Anda selama bertahun-tahun.

 

#3 Manfaat Tunai

Manfaat tunai beberapa polis asuransi jiwa yakni seperti dana hibah atau manfaat pemeliharaan hidup bagi penerima manfaat.

 

#4 Manfaat Investasi

Beberapa polis asuransi jiwa juga menawarkan kombinasi antara perlindungan dan investasi. Dengan demikian, Anda bisa menempatkan dana dan mengambil keuntungan dari hasil investasi.

 

#5 Manfaat Pajak

Premi asuransi jiwa biasanya dapat dikurangkan dari pendapatan bruto saat menghitung pajak Anda. Selain itu, manfaat asuransi jiwa untuk seorang kepala keluarga bisa Anda cari tahu dalam tayangan berikut ini!

 

 

Daftar 15 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik

Asuransi jiwa berbeda dengan asuransi kesehatan. Asuransi jiwa berfungsi sebagai solusi finansial untuk keluarga yang ditinggalkan.

Berdasarkan penghargaan Indonesia Top Insurance Awards 2023 dari The Iconomics, ada beberapa kategori perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia.

Yaitu, asuransi jiwa dengan aset Rp1 triliun-Rp5 triliun, aset Rp10 triliun-Rp25 triliun, aset Rp25 triliun-Rp40 triliun, hingga asuransi jiwa dengan aset >Rp40 triliun.

Berikut ini adalah daftar 15 perusahaan asuransi jiwa terbaik rekomendasi dari berbagai sumber media dan informasi:

 

#1 AIA Financial

AIA Financial Indonesia atau yang terkenal sebagai AIA adalah sebuah perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia yang berasal dari Shanghai, Tiongkok.

AIA Life juga merupakan perusahaan pertama yang mengenalkan bancassurance di Indonesia pada 1990 silam. Bancassurance adalah produk asuransi yang bekerja sama dengan bank dengan target nasabahnya yakni nasabah bank.

Perusahaan asuransi jiwa ini menawarkan berbagai produk asuransi. Salah satu polis rekomendasi asuransi jiwa murni terbaik AIA yang dapat Anda pertimbangkan adalah AIA Critical Protection.

Sebab, tidak hanya memberikan manfaat uang pertanggungan meninggal dunia saja, tetapi juga menanggung biaya perawatan atas risiko penyakit kritis hingga usia 99 tahun.

Nasabah juga bebas memilih masa pembayaran premi, antara 10-20 tahun dengan manfaat loyalty bonus di akhir masa asuransi.

 

#2 Allianz Life Indonesia

Berdiri sejak 1980 di Jerman, Allianz merupakan perusahaan asuransi kesehatan dan asset management terbesar di dunia.

Selain asuransi kesehatan, Allianz juga memiliki unit asuransi jiwa yang memberikan beragam pilihan produk dengan harga premi yang cukup terjangkau.

Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum.

Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan, dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996.

Polis yang dapat Anda pertimbangkan dari Allianz Life adalah SmartLink NewFlexi Account. Polis ini memberikan proteksi hingga usia 100 tahun dan manfaat nilai tunai investasi sekaligus.

Selain itu, nasabah juga bisa menambahkan berbagai rider atau manfaat tambahan mulai dari pertanggungan penyakit kritis sampai pembebasan premi.

 

#3 Prudential Life Insurance

Prudential Life Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia.

Sejak peluncuran produk asuransi terkait investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia telah menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk tersebut di Indonesia.

Pilihan polis asuransi jiwa terbaik unggulan Prudential salah satunya adalah PRULink Generasi Baru yang tersedia dalam bentuk konvensional dan syariah.

Produk asuransi jiwa ini memberikan UP minimal Rp200 juta plus tambahan 100% dari UP dasar. Dengan persyaratan apabila tertanggung meninggal dunia sebelum usia 70 tahun.

Adapun polis asuransi jiwa Prudential ini tergolong sebagai asuransi unit link. Artinya, nasabah bisa mendapatkan manfaat uang pertanggungan meninggal dunia dan nilai tunai investasi sekaligus.

Jika premi asuransi unit link umumnya mahal, berbeda dengan PRULink Generasi Baru yang bisa Anda dapatkan dengan kisaran premi mulai Rp400 ribu per bulan.

 

#4 AXA Mandiri

PT AXA Mandiri Financial Services menawarkan layanan produk asuransi jiwa, kesehatan, penyakit kritis, properti, dana pensiun dan hari tua, serta pendidikan.

Anak usaha dari Bank Mandiri ini pun sudah melayani banyak nasabah di Indonesia. Salah satu polis asuransi jiwa murni terbaik dari AXA Mandiri adalah AXA Mandiri Secure Plan.

Polis ini menawarkan perlindungan selama 10 tahun dan memberikan manfaat pengembalian premi 110% jika tidak ada klaim. Padahal, polis asuransi yang memberikan manfaat pengembalian premi di atas 100% terbilang masih jarang.

Selain itu, nasabah juga hanya perlu membayar premi selama 5 tahun pertama saja untuk manfaat proteksi 10 tahun.

 

#5 Simas Jiwa

Asuransi Simas Jiwa merupakan anak perusahaan dari Sinar Mas Group. Asuransi ini memiliki empat jenis produk, yaitu asuransi jiwa individu, asuransi jiwa kumpulan, asuransi jiwa syariah, dan asuransi kesehatan.

Polis asuransi jiwa Simas Jiwa yaitu Siji Guard 4 tergolong sebagai pilihan peringkat asuransi jiwa terbaik 2020 untuk asuransi murni terbaik. Polis ini menanggung usia masuk nasabah hingga 69 tahun.

Uang pertanggungan akan diberikan jika nasabah meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan. Adapun polis ini juga menanggung biaya perawatan di rumah sakit akibat kecelakaan.

 

#6 Manulife Indonesia

Asuransi jiwa Manulife hadir dengan polis Essential Assurance, yaitu asuransi yang menanggung usia nasabah hingga 99 tahun.

Selain itu, polis dari Manulife ini juga memberikan manfaat nilai tunai dan pengembalian 100% uang pertanggungan di akhir polis.

Nasabah juga akan mendapatkan uang santunan meninggal dunia dari polis Essential Assurance yang sangat tinggi, yaitu hingga Rp2,5 miliar.

[Baca Juga: Cara Kerja Asuransi Jiwa untuk Maksimalkan Manfaatnya, Catat Sebelum Beli!]

 

#7 Panin Dai-ichi Life

Panin Life adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka yang telah melayani masyarakat Indonesia selama lebih dari 40 tahun.

Dai-ichi Life merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Jepang. Perusahaan ini memiliki pengalaman lebih dari 110 tahun dalam industri asuransi jiwa dengan jaringan bisnis internasional di berbagai negara di dunia.

Panin Dai-ichi Life menawarkan berbagai produk unggulan, baik itu untuk asuransi konvensional maupun syariah.

Adapun produk yang tersedia seperti Panin Life Care, Panin Lifevestlinked, Premier Multilinked Assurance, Premier Maxilinked Assurance, Preferred Life, SIGAP, dan Bekal Proteksi Pandai.

 

#8 Generali Indonesia

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia adalah bagian dari Generali Group, sebuah perusahaan yang berdiri pada tahun 1831 di Trieste, Italia.

Asuransi jiwa Generali sering menjadi pilihan unit link terbaik yang patut Anda pertimbangkan. Sebab, Generali memiliki keunggulan pada teknologinya dalam mengelola investasi, RoboARMS (Auto Risks Management System).

RoboARMS adalah sistem manajemen risiko investasi otomatis berbasis Artificial Intelligence (AI). Untuk salah satu polis unggulan asuransi Generali adalah iPLAN yang menawarkan uang pertanggungan sampai dengan Rp3 miliar.

Selain itu, asuransi tambahan yang tersedia juga bervariasi, mulai dari pertanggungan penyakit kritis sampai pembebasan premi.

 

#9 Great Eastern Life Indonesia

Selanjutnya, ada Great Eastern yang juga menjadi salah satu rekomendasi perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia. Berdiri pada tahun 1908, Great Eastern Life Indonesia adalah grup asuransi jiwa tertua dan terbesar di Singapura dan Malaysia.

Great Eastern memiliki tiga saluran distribusi yang sukses, yaitu saluran distribusi agency, bancassurance, dan perusahaan jasa penasihat keuangan.

Selama lebih dari 100 tahun, Great Eastern telah menjadi salah satu pemain terdepan industri asuransi di Asia.

Dengan nama yang terpercaya, Great Eastern terus memperkuat posisi dengan menyediakan keamanan keuangan dan ketenangan pikiran bagi berjuta nasabah.

Selain di Singapura dan Malaysia, Great Eastern juga beroperasi di Indonesia dan Brunei Darussalam serta memiliki kantor perwakilan di Tiongkok dan Myanmar.

 

#10 BRI Life

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengelola perusahaan asuransi, yakni BRI Life dengan menyajikan produk asuransi terlengkap untuk masyarakat Indonesia.

Ada beragam polis asuransi dengan harga premi yang terjangkau. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, unit link, asuransi karyawan, dan lainnya.

Selain itu, produk BRI Life terbagi menjadi beberapa pilihan polis yang dapat Anda sesuaikan dengan profil Anda.

 

#11 Sinarmas MSIG

Kemudian, ada PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk yang mengelola asuransi Sinarmas MSIG Life.

Perusahaan ini menawarkan polis asuransi jiwa, asuransi kesehatan, sampai asuransi syariah. Salah satu polis unggulannya adalah asuransi jiwa. Sinarmas MSIG Life merupakan perusahaan asuransi jiwa yang berpengalaman sejak tahun 1985.

Awalnya, Sinarmas MSIG Life memiliki nama PT Asuransi Jiwa Purnamala Internasional. Namun, pada 1989 mereka mengganti nama menjadi PT Asuransi Jiwa Eka Life dan menjadi PT Asuransi Jiwa Sinarmas sejak tahun 2007.

Selain menawarkan asuransi jiwa pribadi dan kumpulan, perusahaan asuransi ini juga mengelola dana pensiun. Tak hanya itu, perusahaan juga telah mematenkan nama mereka menjadi Sinarmas MSIG Life atau SMiLe.

 

#12 Cigna

PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Asuransi Cigna Indonesia memiliki tiga produk unggulan, yakni Cigna Premium Health Protection, Cigna Family Care Optima, dan Cigna Proteksi Sehat Optima.

Cigna Family Eazilife adalah salah satu produk andalan Cigna. Karena produk ini bisa menanggung tujuh anggota keluarga dalam satu polis dengan pengembalian premi di akhir masa asuransi.

Selain itu, nasabah juga bisa mendapatkan uang pertanggungan sampai Rp500 juta dengan masa perlindungan 10 tahun. Bahkan, polis dari Cigna ini juga menanggung risiko penyakit kritis.

[Baca Juga: Jenis-jenis Asuransi Jiwa, Lengkap dengan Panduan untuk Pemula!]

 

#13 Sequis Life

Jika Anda mencari asuransi jiwa mikro, maka Anda dapat mempertimbangkan polis Asuransi Mikro Sequis Sejahtera.

Asuransi mikro dari Sequis Life ini menawarkan manfaat uang pertanggungan meninggal dunia dan pertanggungan biaya pembedahan sekaligus.

Keunggulan asuransi mikro yang ada pada preminya juga cukup bersahabat. Maka dari itu, jenis asuransi mikro sangat cocok untuk calon nasabah yang memiliki budget atau anggaran terbatas.

 

#14 Indolife Pensiontama

Indolife Pensiontama merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa yang terbaik di Indonesia. Berada di bawah naungan Salim Group, perusahaan ini menawarkan beragam produk asuransi jiwa untuk nasabah individu, kumpulan, dan DPLK.

Perusahaan ini cukup banyak menarik minat masyarakat, khususnya pada produk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Pasalnya, produk ini memberikan manfaat dana pensiun hingga Rp100 juta dan nilai investasi dengan iuran bulanan mulai dari Rp100 ribu.

 

#15 Sun Life Financial Indonesia

Perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia terakhir yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Sun Life Financial Indonesia.

Salah satu polis menarik dari Sun Life adalah Asuransi Sun Safety Life. Produk ini memberikan solusi all in one dengan menanggung risiko penyakit kritis dengan pengembalian premi hingga 50%.

Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan hanya dengan menyisihkan uang premi mulai dari Rp248 ribu per bulan. Kisaran uang pertanggungan juga cukup besar, yaitu mulai dari Rp200 juta hingga Rp1 miliar.

 

Tips Memilih Asuransi Jiwa

Di antara banyaknya perusahaan asuransi jiwa yang telah HOOQ.ID sebutkan di atas, Anda harus mampu memilih satu yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Untuk itu, HOOQ.ID juga akan membagikan beberapa tips memilih asuransi jiwa terbaik. Di antaranya adalah sebagai berikut:

 

#1 Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Budget

Pertama, pastikan Anda memilih asuransi jiwa yang polis dan preminya sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Ketahui dulu perlindungan dan manfaat yang Anda butuhkan, lalu bandingkan berbagai produk lainnya yang sekiranya menyediakan apa yang Anda butuhkan.

Sesuaikan juga preminya dengan anggaran yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Secara umum, persentase ideal yang bisa Anda anggarkan untuk biaya asuransi adalah 10% dari keseluruhan pendapatan Anda.

Agar lebih mudah mendapatkan simulasi perhitungannya, yuk, manfaatkan fitur Kalkulator Keuangan dari HOOQ.ID sekarang!

 

#2 Pilih Perusahaan dengan Track Record Baik

Selanjutnya, pastikan kalau perusahaan yang Anda pilih punya track record yang baik. Contoh paling sederhananya adalah dengan melihat apakah perusahaan tersebut terdaftar dan diawasi oleh OJK atau tidak.

Anda juga harus mempertimbangkan pelayanan yang perusahaan berikan, karena reputasi perusahaan berbanding lurus dengan pelayanan yang mereka berikan kepada nasabah.

Perhatikan juga tingkat modal minimum bebas risiko atau Risk Based Capital (RBC) yang harus lebih tinggi dari ketentuan minimal.

Misalnya, RBC minimal perusahaan asuransi adalah 120%. Jika sebuah perusahaan memiliki RBC sebesar 300%, artinya dana dan aset yang perusahaan miliki hampir tiga kali ketentuan minimum.

Ini juga berarti kalau perusahaan asuransi jiwa dapat membayar klaim tiga kali lebih besar. Terutama jika muncul waktu di mana perusahaan harus membayar klaim semua nasabah secara simultan.

 

#3 Tahun Besaran Uang Pertanggungan

Berbeda dengan asuransi kesehatan, asuransi jiwa memiliki Uang Pertanggungan (UP) untuk setiap polisnya.

Uang Pertanggungan adalah nilai yang nantinya akan perusahaan asuransi bayarkan kepada ahli waris yang sudah tertanggung tunjuk.

Adapun Uang Pertanggungan ini berkaitan erat dengan premi. Semakin rendah premi yang Anda bayarkan, maka semakin kecil pula UP yang nantinya akan Anda dapatkan.

 

#4 Pastikan Agennya Berlisensi

Tidak jarang nasabah yang mendapatkan penawaran produk di luar perusahaan asuransi jiwa.

Di antara agen-agen yang mendapatkan tugas untuk melakukan penawaran di luar perusahaan, ada beberapa agen yang hanya bertugas sebagai broker atau perantara.

Berbeda dengan agen berlisensi, agen yang tidak berlisensi hanya membantu penjualan saja. Mereka tidak bertanggungjawab akan kendala-kendala yang nantinya bisa terjadi setelah Anda membeli polisnya.

Oleh sebab itu, sebelum memilih agen asuransi, pastikan agen asuransi yang menangani Anda sudah memiliki lisensi AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia).

 

#5 Pelajari Polis

Ketika Anda sudah resmi membeli sebuah premi dari perusahaan asuransi jiwa, pastikan Anda sudah mempelajari polisnya.

Polis berisi seluruh hak dan kewajiban yang perlu dipenuhi oleh kedua belah pihak. Dalam konteks ini adalah perusahaan asuransi dan pihak tertanggung.

Biasanya polis juga berisi sebuah ketentuan yang bersangkutan dengan asuransi jiwa yang Anda beli. Ketika ada yang kurang Anda pahami, Anda bisa segera minta penjelasan dari agen asuransi yang menangani Anda.

Nah, setelah mengetahui rekomendasi perusahaan asuransi jiwa terbaik dan tips memilih produknya, Anda sudah bisa menentukan pilihan?

Jika masih ragu, Perencana Keuangan HOOQ.ID siap memberikan advice yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Sehingga produk yang dipilih bisa bermanfaat secara maksimal untuk kehidupan jangka panjang.

Tertarik untuk diskusi secara 1 on 1 bersama ahlinya? Klik banner di bawah ini atau hubungi WhatsApp di nomor 0851 5866 2940. 

konsul - ASURANSI Q3 23

 

Pertimbangkan Ini Sebelum Memilih Asuransi Jiwa

Untuk mendapatkan asuransi jiwa terbaik, Anda perlu mengetahui berapa uang pertanggungan yang ideal sesuai dengan kebutuhan finansial Anda saat ini.

Setelah mengetahui berapa nilai uang pertanggungan yang perusahaan berikan, barulah Anda bisa membandingkan premi dengan sejumlah polis dari perusahaan asuransi jiwa di Indonesia.

Sebagai panduan dan referensi, Anda bisa terlebih dahulu membaca ebook gratis dari HOOQ.ID berjudul Keluarga Tetap Terjamin Meskipun Kita Tiada. Semoga membantu…

 

Disclaimer: HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Demikian informasi lengkap seputar daftar rekomendasi perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia.

Apakah penjelasan di atas bermanfaat bagi Sobat HOOQ.ID? Tuliskan di kolom komentar, dan jangan lupa share artikel ini kepada rekan-rekan kantor serta kerabat dekat Anda. Terima kasih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • Clara Naomi. 15 Desember 2023. 24 Asuransi Terbaik di Indonesia dan Review Produk. Lifepal.co.id – https://shorturl.at/EGPS8
  • Clara Naomi. 21 Agustus 2022. 11 Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia. Lifepal.co.id – https://shorturl.at/COU38
  • Tim Redaksi. 11 September 2023. Inilah Daftar Penerima Indonesia Top Insurance Award 2023. Theiconomics.com – https://shorturl.at/jvOTV

 

Sumber Gambar:

15 Rekomendasi Asuransi Jiwa Terbaik dan Tips Memilihnya, Catat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *