Ini 10 Sektor Saham Favorit Gen Z, Memang Menguntungkan?

Meski kerap dicibir, nyatanya generasi Z paling melek dengan banyak hal, termasuk investasi. Apa saja sektor saham favorit Gen Z?

Simak ulasan selengkapnya dalam artikel berikut ini!

 

Summary:

  • Pemilihan investasi di kalangan gen Z dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti profitabilitas industri dan kematangan perusahaan.
  • Sektor saham pilihan gen Z tidak benar-benar mewakili bahwa sektor tersebut yang paling menguntungkan.

 

Daftar Sektor Saham Favorit Gen Z

Investasi kini menjadi gaya hidup sebagian anak muda. Generasi Z yang kerap dicibir manja dan letoy justru bersinar sebagai kelompok paling melek literasi finansial.

Sejumlah survei mengungkap bahwa Generasi Z memiliki kecenderungan investasi di sektor tertentu. Hal ini dipengaruhi beberapa hal, termasuk profitabilitas industri dan kematangan perusahaan.

Data demografi investor di pasar modal Indonesia per Agustus 2023. Sumber: KSEI.co.id

 

Berikut adalah sektor saham favorit Gen Z untuk investasi:

 

#1 Sektor Finansial

Survei Katadata yang melibatkan anak muda sari seluruh provinsi di Indonesia berhasil mengungkap fakta bahwa bidang finansial adalah sektor saham favorit Gen Z.

Sebanyak 77,8% responden ternyata pernah membeli saham emiten sektor finansial. Di mana 39,5% di antaranya masih dipegang hingga survei berlangsung.

Sektor ini mencakup bank, perusahaan asuransi, dan lembaga keuangan lainnya dan merupakan salah satu sektor terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kapitalisasi pasar yang besar.

Saham di sektor finansial menawarkan potensi keuntungan yang stabil dan dividen yang tinggi.

 

#2 Sektor Pertambangan

Pertambangan merupakan sektor saham favorit Gen Z yang berisiko tinggi dan tinggi pula potensi keuntungannya.

Sektor ini meliputi perusahaan yang menambang batu bara, nikel, emas, dan mineral lainnya. Minat Gen Z di sektor tambang didorong oleh:

  1. Harga komoditas yang sedang naik: Harga komoditas seperti batubara dan nikel sedang naik, sehingga meningkatkan potensi keuntungan bagi investor.
  1. Permintaan yang tinggi terhadap komoditas: Permintaan terhadap komoditas seperti nikel dan tembaga diprediksi akan terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan industri.

 

#3 Sektor Consumer Goods

Sektor consumer goods bergerak di bidang produksi dan penjualan barang-barang konsumsi, seperti makanan, minuman, dan produk rumah tangga. Sektor ini relatif stabil dan tahan terhadap krisis ekonomi.

Beberapa alasan Gen Z mengandalkan sektor ini untuk investasi yakni:

  1. Perubahan gaya hidup: Gen Z memiliki gaya hidup yang berbeda dengan generasi sebelumnya, sehingga mereka lebih memilih produk- produk yang sesuai dengan gaya hidup mereka.
  1. Kesadaran akan kesehatan: Gen Z lebih sadar akan kesehatan, sehingga mereka lebih memilih produk-produk yang sehat dan organik.

[Baca Juga: Mengenal Chart Saham untuk Analisis Harga, Biar Makin Cuan!]

 

#4 Sektor Teknologi

Teknologi merupakan sektor yang berkembang pesat dan memiliki potensi keuntungan yang besar.

Sektor ini meliputi perusahaan teknologi, seperti perusahaan e-commerce, perusahaan fintech, dan perusahaan telekomunikasi. Minat Gen Z di sektor ini didorong oleh:

  1. Ketergantungan terhadap teknologi: Gen Z sangat terbiasa menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Kegemaran terhadap inovasi: Gen Z menyukai produk-produk dan layanan yang inovatif.

 

#5 Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi

Sektor ini mencakup perusahaan yang membangun dan mengoperasikan infrastruktur, seperti jalan tol, bandara, dan perusahaan listrik.

Sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi menawarkan pendapatan yang stabil dan dividen yang tinggi. Minat Generasi Z pada sektor ini tergolong sedang, dengan 8,7% menyatakan tertarik berinvestasi di sektor ini.

Jika Sobat HOOQ.ID ingin menggali informasi lebih dalam seputar dividen, simak tayangan berikut sampai akhir.

 

 

#6 Sektor Perdagangan, Jasa, & Investasi

Sektor perdagangan dan investasi menawarkan peluang yang beragam dan potensi keuntungan yang besar.

Minat Generasi Z pada sektor ini tergolong masih rendah, yakni hanya 3,5%.

 

#7 Sektor Aneka Industri

Sektor aneka industri adalah bagian perusahaan manufaktur yang terdiri dari subsektor komponen dan otomotif, tekstil dan garmen, kabel, dan elektronika.

Sektor ini menawarkan potensi keuntungan yang besar. Minat Generasi Z pada sektor ini tergolong rendah, dengan hanya 13,2% menyatakan tertarik berinvestasi di aneka industri.

 

#8 Sektor Property & Real Estate

Sektor ini meliputi perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan. Sektor properti menawarkan keuntungan yang stabil dengan pertumbuhan yang moderat.

Minat Gen Z di sektor ini tergolong rendah 2,8%. Bisa jadi, hal ini dikarenakan mereka masih muda dan belum punya kebutuhan untuk membeli properti.

Potensi keuntungan di sektor ini tergolong sedang. Meski begitu, potensi kenaikan harga properti cenderung meningkat stabil seiring permintaan properti yang terus muncul.

 

#9 Sektor Industri Dasar dan Kimia

Sektor industri dasar dan kimia menawarkan keuntungan yang stabil dengan pertumbuhan yang moderat.

Meski menjadi salah satu sektor saham favorit Gen Z hanya 2% dari mereka yang menggelontorkan dana di bidang ini.

Bisa jadi, hal ini disebabkan mereka kurang familier dengan jenis usaha di sektor ini. Potensi keuntungan di sektor industri dasar dan kimia tergolong sedang.

[Baca Juga: Saham Blue Chip di Tahun Politik, Mana yang Prospektif?]

 

#10 Sektor Pertanian

Sektor pertanian mencakup perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, peternakan, dan perikanan.

Sektor ini menawarkan potensi keuntungan yang stabil dan jangka panjang, namun juga memiliki risiko yang tinggi karena faktor alam dan cuaca. Minat Gen Z terhadap sektor ini tergolong rendah, yaitu sekitar 1,8%.

 

Sobat HOOQ.ID, Suka Saham Sektor Apa?

Finansial menjadi sektor saham favorit Gen Z. Kendati begitu, temuan ini tidak mewakili pandangan real tentang “sektor yang paling menguntungkan dan tidak menguntungkan.”

Sembari memilih perusahaan yang cocok untuk investasi, kamu bisa menambah referensi dengan membaca ebook gratis dari HOOQ.ID Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham.

Selain itu, kamu juga bisa dapatkan strategi investasi yang lebih komprehensif dengan berkonsultasi bersama Perencana Keuangan HOOQ.ID.

Dengan cara ini, kamu tetap bisa investasi rutin tanpa mengurangi standar hidup. Yuk, buat janji temu sekarang dengan menghubungi WhatsApp 0851 5866 2940 atau klik banner di bawah ini.

konsul- INVESTASI Q3 23

 

Disclaimer:  HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Terima kasih sudah membaca ulasan tentang sektor saham favorit Gen Z sampai habis. Sampaikan tanggapan kamu di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini di media sosial untuk membantu teman yang butuh rekomendasi sektor saham untuk investasi. Terima kasih!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Andi M Arief. 06 Desember 2021. Ada Tiga Sektor Saham yang Jadi Incaran Investor Milenial dan Gen Z. Katadata.co.id – https://shorturl.at/euBG3
  • Maria Margaretha. 06 Desember 2021. 10 Saham Favorit Anak Muda Berdasarkan Sektor, Perbankan Nomor 1. Zigi.com – https://shorturl.at/GJP68
  • Teti Purwanti. 12 April 2022. Ini Saham Sektoral yang Jadi Favorit Investasi Anak Muda. cnbcindonesia.com – https://shorturl.at/qJUVW

 

Sumber Gambar:

  • Cover: snips.stockbit.com

Ini 10 Sektor Saham Favorit Gen Z, Memang Menguntungkan?

REKOMENDASI  IHSG Hari Ini 6 Maret 2024 Ditutup Meroket Hingga 82,341 Poin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *