Investasi Reksa Dana Dollar Cost Averaging, Menguntungkan?

Sebagian investor menggunakan skema investasi reksa dana dollar cost averaging untuk meningkatkan nilai investasi. Apa keuntungannya?

Simak ulasan HOOQ.ID tentang jenis investasi yang satu ini dalam artikel berikut!

 

Summary:

  • Investasi reksa dana DCA cenderung mudah dilakukan oleh pemula dan memungkinkan investor untuk berinvestasi secara rutin.
  • Metode investasi yang dikenal sebagai strategi dollar cost averaging (DCA) meniru kebiasaan menabung.

 

Apa itu Dollar Cost Averaging

Investor tidak selalu bisa membaca pergerakan harga di pasar. Hal ini diakibatkan votalitas produk yang tinggi dan terjadi tiap waktu.

Strategi investasi reksa dana dollar cost averaging dianggap sebagai jalan tengah untuk konsisten meningkatkan nilai investasi di tengah gejolak harga pasar.

Strategi ini berfokus pada konsistensi. Di mana, investor menyetorkan dana secara rutin dalam jumlah yang sama, terlepas dari fluktuasi harga NAB (Nilai Aktiva Bersih).

Ilustrasi Investasi. Sumber: linkedin.com

 

Pendekatan ini mencerminkan prinsip menabung, di mana investor mendisiplinkan diri untuk menyisihkan dana secara berkala tanpa terpengaruh kondisi pasar.

Misal, Anda secara konstan membeli produk reksa dana senilai Rp1 juta per bulan. Strategi ini membantu mengelola risiko dan meredam dampak fluktuasi pasar, serta memungkinkan untuk berinvestasi secara terencana.

 

Perbedaan Dollar Cost Averaging dan Metode Investasi Reguler

Simak perbedaan strategi investasi dollar cost averaging dengan metode investasi reguler:

investasi reksa dana dollar cost averaging 2

[Baca Juga: Mau Investasi Reksa Dana Pasar Uang? Cek Produk yang Minim Risiko Ini!]

 

Manfaat Dollar Cost Averaging dalam Investasi Reksa Dana

Investor akan mendapat hal-hal berikut jika menggunakan strategi investasi reksa dana dollar cost averaging:

 

#1 Mudah Dilakukan Pemula

Strategi dollar cost averaging (DCA) merupakan sebuah pendekatan investasi yang meniru kebiasaan menabung. Investor mendisiplinkan diri untuk menyetorkan dana dengan nominal sama secara konsisten, terlepas dari fluktuasi pasar.

Pendekatan ini menawarkan solusi bagi investor yang ingin berinvestasi secara berkala tanpa terbebani oleh fluktuasi harga aset.

 

#2 Menghindari Waktu Investasi yang Buruk

Berinvestasi dengan strategi “market timing” terbukti sulit dan berisiko tinggi.

Menebak waktu terbaik untuk masuk dan keluar pasar hanya bisa dilakukan oleh investor dengan portofolio panjang dan kegagalan dapat mengakibatkan kerugian signifikan.

Strategi investasi reksa dana dollar cost averaging menawarkan solusi yang lebih disiplin dan minim risiko. Strategi ini fokus pada investasi rutin dengan jumlah yang sama, terlepas dari fluktuasi pasar.

Selain itu juga membantu investor menghindari pembelian di harga tinggi dan memaksimalkan keuntungan saat pasar pulih.

 

#3 Meminimalisasi Pengambilan Keputusan yang Didasarkan Emosi

Ketakutan dan euforia sering kali menjebak investor dalam pengambilan keputusan yang keliru.

Kecenderungan untuk lebih memilih menghindari kerugian daripada memperoleh keuntungan mendorong seseorang untuk panik dan menjual kepemilikan saat pasar mengalami koreksi. Hal ini justru menghambat pertumbuhan investasi.

Investor yang cerdas menghindari tren dan ketakutan dalam memilih waktu investasi. Mereka memahami bahwa pasar mengalami fluktuasi dan fokus pada strategi jangka panjang. Dengan begitu, mereka bisa mendapat profit maksimal.

 

Keuntungan Dollar Cost Averaging

Strategi investasi reksa dana dollar cost averaging merupakan strategi investasi yang mengandalkan disiplin dan kesabaran.

Hal ini dilakukan dengan menginvestasikan nominal sama secara rutin pada instrumen tertentu, tanpa terpengaruh fluktuasi pasar.

Alhasil, investor akan mendapatkan lebih banyak unit saat harga turun dan unit lebih sedikit saat harga naik. Sehingga, rata-rata biaya per unit menjadi lebih rendah dalam jangka panjang.

Cara ini memberikan beberapa keuntungan sebagai berikut:

 

#1 Menghindari FOMO

Ketakutan kehilangan momen (FOMO) sering menjerat investor untuk mengambil keputusan emosional yang berakibat fatal. Kerugian finansial dan depresi psikologis menjadi konsekuensi terburuk.

Strategi investasi reksa dana dollar cost averaging menawarkan cara yang terencana dan disiplin agar investor mendapat keuntungan.

Pendekatan ini membebaskan investor dari rasa takut dan kekhawatiran, sehingga mengantarkan mereka pada keyakinan dalam mencapai tujuan investasi.

 

#2 Mudah

Dollar cost averaging mudah diterapkan dan tidak memerlukan banyak waktu. Investor hanya perlu menyetorkan dana secara berkala ke rekening reksa dana dan memilih untuk menggunakan strategi DCA.

 

#3 Fleksibel

Strategi ini menawarkan fleksibilitas bagi investor untuk memilih jumlah dan frekuensi pembelian unit reksa dana. Investor dapat menyesuaikan strategi DCA dengan kebutuhan dan tujuan investasinya.

 

#4 Aksesibilitas

DCA dapat diterapkan pada berbagai jenis reksa dana, termasuk reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana saham.

Sebagai tambahan referensi seputar investasi reksa dana, download ebook gratis dari HOOQ.ID Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana. 

 

Simulasi Investasi Reksa dana dengan Strategi Dollar Cost Averaging

Investasi reksa dana dollar cost averaging dapat dilakukan untuk tujuan tertentu. Misal, Anda ingin beli motor baru. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Anda harus berinvestasi sebesar Rp3 juta per bulan dengan imbal hasil 5% per tahun.

Dengan strategi investasi reksa dana dollar cost averaging, Anda harus membeli reksa dana dengan jumlah sama. Berikut adalah simulasinya:

investasi reksa dana dollar cost averaging 3

Simulasi Investasi Reksa dana dengan Strategi Dollar Cost Averaging

 

Dari simulasi di atas, dapat dilihat bahwa Anda membeli lebih banyak unit saat harga turun. Sebaliknya, saat harga naik, jumlah unit yang dibeli lebih sedikit. Tapi, cara ini bisa merugikan harga produk investasi di bulan terakhir merosot.

Sebelum berinvestasi reksa dana, Anda juga bisa gali informasinya dalam tayangan YouTube HOOQ.ID berikut ini. 

 

 

Strategi Investasi Reksa Dana DCA Bantu Wujudkan Tujuan Keuangan

Dollar cost averaging (DCA) merupakan strategi investasi disiplin yang mudah dan sederhana.

Strategi ini memungkinkan investor untuk berinvestasi secara rutin dengan jumlah tetap, terlepas dari kondisi pasar dan psikologis investor. Hal ini membantu menghindari keputusan investasi yang tidak tepat.

Bagi investor yang yakin DCA dapat membantu mencapai tujuan keuangan, langkah selanjutnya adalah aktif menambah aset dengan potensi pertumbuhan jangka panjang dan mengatur rencana investasi rutin bulanan.

Agar bisa meraup banyak keuntungan ketika berinvestasi, HOOQ.ID menyediakan ebook gratis untuk dibaca berjudul Panduan Praktis Menuju Investasi yang Sukses.

Jika butuh saran investasi yang komprehensif, Anda bisa berkonsultasi dengan Perencana Keuangan HOOQ.ID yang siap membantu mengidentifikasi profil risiko, produk, dan strategi investasi yang cocok.

Hubungi WhatsApp 0851 5866 2940 untuk buat janji konsultasi atau klik banner di bawah ini sekarang juga!

konsul - ASURANSI Q3 23

 

Disclaimer: HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Demikian pembahasan tentang strategi investasi reksa dana dollar cost averaging. Sampaikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan informasi ini ke rekan Anda yang sedang belajar investasi. Terima kasih dan semoga membantu!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • Admin. 19 April 2023. Dollar Cost Averaging: Jalan Termudah Untuk Melaju Di Tengah Volatilitas Pasar. manulife.co.id – https://bit.ly/3uz6Ch7
  • Admin. 26 November 2013. Strategi Investasi Reksadana Dollar Cost Averaging. HOOQ.ID.com – https://bit.ly/3SL0jiO
  • Admin. Mengenal Konsep dan Manfaat Dollar Cost Averaging. Raizinvest.id – https://bit.ly/3OJuRQx
  • Rosyda. Pengertian Cost Averaging: Manfaat, Kekurangan, dan Cara Kerjanya. Gramedia.com – https://bit.ly/3OGEsYs

 

Sumber Gambar:

Investasi Reksa Dana Dollar Cost Averaging, Menguntungkan?

REKOMENDASI  5 Kisah Sukses Orang Biasa yang Menjadi Miliarder, Inspiratif!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *