Tahun Naga Kayu, Sektor Saham Ini Menarik untuk Investor

Memasuki tahun naga kayu, kira-kira saham apa yang menarik untuk kita miliki? Sebelum memutuskan, simak dulu penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini, yuk!

 

Investasi di Tahun Naga Kayu, Saham Apa yang Menarik?

Tepat pada 10 Februari 2024 ini merupakan tahun naga kayu berdasarkan astrologi Cina. Nah, pada tahun ini merupakan momentum yang diyakini sebagai tahun keberuntungan.

Lantas apakah momentum tahun naga kayu ini juga akan menjadi tahun keberuntungan di bursa saham?

 

Filosofi Tahun Naga Kayu

Sebelum ke pembahasan utama, ada baiknya Sobat HOOQ.ID mengetahui sedikit tentang filosofi di balik tahun naga kayu tersebut. Arti Shio Naga Kayu memiliki karakter yang penuh dengan energi dan semangat. Bahkan, ada pula yang memiliki mimpi untuk mengubah dunia.

Di sisi lain, tahun naga kayu juga dapat mendorong pertumbuhan, kemajuan, hingga kelimpahan.

REKOMENDASI  Bisakah Bayar BPJS Hanya 1 Orang dalam 1 KK? Ini Jawabannya!

Untuk itu, banyak yang meyakini bahwa 2024 adalah tahun yang baik untuk membangun landasan yang kokoh untuk sesuatu yang baru dan memiliki potensi jangka panjang.

Menariknya, tahun naga kayu sendiri terakhir kali terjadi pada 60 tahun lalu yakni tahun 1964.

[Baca Juga: Multifinance, Sektor yang Belum Populer di Kalangan Ritel, Prospektif?]

 

Sektor Saham yang Menarik di Tahun Naga Kayu

Nah, berdasarkan filosofi di atas, apakah kesan positif dari tahun naga kayu juga dapat sejalan dengan investasi di pasar modal?

Bagi Sobat HOOQ.ID yang sedang fokus pada berinvestasi saham, ada beberapa rekomendasi sektor saham apa saja yang menarik untuk Anda miliki di tahun naga kayu ini.

Penasaran apa sajakah itu? Berikut ini selengkapnya.

 

#1 Sektor Teknologi dan Media

Sektor pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah teknologi & media. Berdasarkan rekomendasi pengamat pasar modal, Hans Kwee, saham sektor ini antara lain

  • PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO)
  • PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN)
  • PT Surya Citra Media Tbk. (SCMA)
  • PT Global Mediacom Tbk. (BMTR)

Harga Saham di BEI. Sumber: Epaper Media Indonesia

 

#2 Sektor Properti

Kemudian, sektor saham yang kedua adalah bidang properti. Hal ini selaras dan memiliki kaitan dengan elemen kayu. Ada pun beberapa rekomendasi emiten saham dari sektor ini antara lain sebagai berikut:

  • PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE)
  • PT Puradelta Lestari Tbk. (DMAS)
  • PT Ciputra Development Tbk. (CTRA)

 

#3 Sektor Emas atau Tambang

Sektor selanjutnya yang juga menarik untuk Anda miliki di tahun naga kayu ialah sektor emas atau tambang. Setidaknya ada beberapa emiten saham yang bisa Anda miliki dari sektor ini, antara lain:

  • Amman Mineral Internasional Tbk. (AMMN)
  • Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA)
  • Aneka Tambang Tbk. (ANTM)
  • United Tractors Tbk. (UNTR)

 

Menilik Prospek Investasi di Tahun Naga Kayu

Lantas bagaimana prospek investasi pasar modal di tahun naga kayu ini? Berdasarkan analisis dan prediksi pengamat, pada tahun 2024 ini jalannya investasi akan memiliki potensi untuk bertumbuh.

Akan tetapi di balik itu, volatilitas pasar juga akan ikut bertumbuh terutama akibat kondisi geopolitik yang masih penuh dengan ketidakpastian. Selain itu, inflasi yang berkelanjutan juga berpotensi menjadi tantangan tersendiri.

“Inflasi yang berkelanjutan bisa menjadi tantangan, mempengaruhi kebijakan moneter dan daya beli konsumen. Dengan fokus pada inovasi, sektor teknologi mungkin menghadapi volatilitas tinggi, tergantung pada kemajuan dan regulasi baru,” ujar Hendra Martono Liem, CEO & Founder Tiamo Capital melansir Liputan6.com (10/02).

[Baca Juga: Mau Beli Saham Luar Negeri? Ketahui Cara dan Risikonya di Sini!]

 

Pasar yang Masih Fluktuatif

Lebih spesifik, pasar saham hingga reksadana pada tahun ini memiliki tren yang cukup fluktuatif. Sehingga investor perlu mempertimbangkan sektor lain jika melakukan diversifikasi portofolio.

“Pasar saham dan reksa dana akan sangat fluktuasi. Jadi bagusnya semester I 2024 di obligasi. Baru semester II 2024 nanti di saham, beli waktu koreksi,” tambah Hans.

Selain faktor di atas, ada faktor lain yang bisa mendongkrak keuntungan di saham, yaitu siklus harga saham. Apa maksudnya? Simak dalam video di bawah ini.

 

 

Strategi Tepat Berinvestasi Saham di Tahun Naga Kayu

Setelah mengetahui rekomendasi dan prospek investasi di tahun naga kayu, Sobat HOOQ.ID juga perlu mengetahui apa saja strategi yang tepat dalam berinvestasi saham di tahun ini.

Apalagi tahun naga kayu juga bertepatan dengan tahun politik atau Pemilu 2024 serta suku bunga The FED juga berpotensi turun.

Vice President Infovesta Utama Wawan Hendrayana merekomendasikan tahun ini untuk alokasikan aset sebesar 40% di obligasi.

“Karena melihat itu ya rekomendasi saya untuk tahun ini alokasi asetnya 40% di obligasi karena berharap obligasi akan naik, 40% yang berbasis saham. Nah, 20% saya sarankan di pasar uang,” ujar Wawan melansir Bisnis.com (9/02).

Menurutnya ada beberapa emiten saham yang diprediksi akan untung di tahun 2024 yakni sektor perbankan BMRI hingga BBRI hingga sektor properti.

 

Raih Cuan dari Saham di Tahun Naga Kayu

Nah, setelah menyimak artikel ini, apakah Sobat HOOQ.ID sudah menentukan saham apa yang akan dibeli dan strategi yang akan dilakukan?

Supaya investasi saham bisa lebih menguntungkan, Anda bisa dapatkan strategi investasi yang tepat dari Perencana Keuangan HOOQ.ID melalui layanan Bookplan Program.

Seperti personal trainer, Anda akan mendapatkan pendampingan private bersama Perencanaan Keuangan untuk belajar serta praktik keuangan, investasi, yang disertai dengan review dan laporan komprehensif.

Tertarik? Yuk, daftar sekarang! Informasi lebih lanjut klik banner ini.

bookplan

 

Itulah informasi seputar investasi saham di tahun naga kayu. Jangan lupa ya untuk share artikel ini supaya semakin banyak orang yang mendapatkan informasinya. Semoga bermanfaat.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi: 

  • Pipit Ika Ramadhani, 10 Februari 2024. Sektor Saham yang Bisa Dilirik pada Tahun Naga Kayu, Apa Saja?. Liputan6.com – https://bit.ly/42JAt2Z
  • Rizqi Rajendra, 9 Februari 2024. Strategi Investasi di Tahun Naga Kayu 2024, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan. Bisnis.com – https://bit.ly/49FqspT

 

Sumber Gambar:

Tahun Naga Kayu, Sektor Saham Ini Menarik untuk Investor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *