Mengenal Tom Lembong, Dulu Penulis Pidato Jokowi Kini di Kubu AMIN

Nama Tom Lembong kerap disebut saat debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) ke-4 pada Minggu, 21 Januari 2024 lalu.

Sebenarnya siapa sih sosok Tom atau Thomas Lembong ini? Simak profilnya berikut ini, yuk!

 

Summary:

  • Selain menjabat di pemerintahan, Tom Lembong juga berkiprah sebagai pengusaha dan kawakan pengelola dana investasi.
  • Saat ini Tom Lembong menjadi Co-captain dalam tim pemenangan nasional pasangan nomor urut 01 atau Timnas AMIN.

 

Mengenal Siapa itu Tom Lembong

Thomas Lembong atau yang akrab disapa Tom Lembong belakangan ini menjadi trending topic di berbagai media sosial.

Pasalnya, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka kerap menyebut nama Tom Lembong di debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Minggu (21/01/2024).

Dalam sesi debat tersebut, Gibran menyebut nama Thomas Lembong saat memberikan tanggapan dan pertanyaan untuk cawapres nomor urut 01, Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Gibran juga sempat menduga bahwa Cak Imin mendapat “contekan” pertanyaan dari sosok Thomas Lembong ini untuk disampaikan di debat Pilpres.

REKOMENDASI  Update Terkini Kurs Dollar Hari Ini 23 Januari 2024

Alhasil, nama Thomas Lembong pun mendadak trending di X. Hingga Senin (22/01) pukul 10.00 WIB, warga X sudah mengunggah postingan terkait Tom Lembong, tak kurang dari 106.000 cuitan.

Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong. Sumber: Tirto.id

 

Sebelumnya diberitakan, pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) resmi mengumumkan tim pemenangan nasional atau Timnas pasangan AMIN.

Di tim tersebut, ada sejumlah nama mantan menteri hingga pengusaha. Salah satunya adalah Tom Lembong yang kini resmi menjadi Co-captain dalam tim pemenangan nasional pasangan nomor urut 01 atau Timnas AMIN.

[Baca Juga: Ini Emiten Saham yang Untung Jika Paslon 1 “AMIN” Menang!]

 

Profil Tom Lembong

Pria bernama lengkap Thomas Trikasih Lembong mulai terkenal sejak ia menjabat sebagai Menteri Perdagangan RI, menggantikan Rahmat Gobel pada 2015-2016.

Setelah tidak menjadi menteri, Tom menjabat sebagai Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2016-2019, yang kini berganti nama menjadi Kementerian Investasi.

Tom Lembong lahir di Jakarta pada 04 Maret 1971 dari pasangan Yohanes Lembong (Ong Joe Gie) dan Yetty Lembong. Ayahnya adalah seorang dokter ahli jantung dan THT lulusan Universitas Indonesia asal Manado.

Tom pernah mengenyam pendidikan dasar di Jerman pada 1974-1981 ketika ayahnya sedang melanjutkan studi. Saat kembali ke Jakarta, Tom Lembong melanjutkan sekolah di SD dan SMP Regina Pacis, Jakarta.

Lalu ketika SMA, Tom pindah ke Boston, Amerika Serikat dan ia mendapatkan gelar Bachelor of Arts di bidang arsitektur dan desain perkotaan dari Universitas Harvard pada 1994.

 

Perjalanan Karier Tom Lembong

Thomas Lembong memulai kariernya pertama kali di Divisi Ekuitas Morgan Stanley Pte. Ltd. di Singapura pada 1995. Ia lalu bekerja sebagai bankir investasi di Deutsche Securities Indonesia dari 1999 hingga 2000.

Tom Lembong sempat menjabat sebagai Kepala Divisi dan Wakil Presiden Senior di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dari tahun 2000 hingga 2002. Tom lantas bekerja di Farindo Investments dari 2002 hingga 2005.

Dalam jenjang kariernya, Tom beberapa kali mendapat kepercayaan untuk menghadapi proyek hingga krisis. Di Deutsche Bank Jakarta, ia bertugas mengerjakan rekapitalisasi dan merger Bank Bumi Daya, Bank Exim, Bank Dagang Negara, dan Bank Bapindo menjadi Bank Mandiri.

Dia pernah menjabat Senior Vice President dan Kepala Divisi penanggung jawab restrukturisasi dan penyelesaian kewajiban Salim Group kepada negara. Ini berkaitan dengan runtuhnya Bank BCA pada krisis moneter 1998.

Berkat kerja kerasnya, Thomas Lembong meraih sejumlah penghargaan bergengsi. Ia terpilih sebagai Pemimpin Muda Global oleh Forum Ekonomi Dunia pada tahun 2008.

Selain itu, Tom juga mendapat anugerah Asia Society Australia-Victoria Distinguished Fellowship pada tahun 2017.

Pada 2020 lalu, Tom menerima penghargaan Order of Diplomatic Service Merit, First Class Second Grade atau Gwanghwa Medal dari Korea Selatan.

Saat ini, Tom bertugas di Dewan Penasihat Internasional Institut Kajian Strategis Internasional (IISS) di London dan Dewan Penasihat Internasional Plastic Omnium, perusahaan komponen otomotif di Prancis.

[Baca Juga: Wow! Ini Daftar Pengusaha Pendukung Capres 2024, Siapa Saja?]

 

Orang di Balik Pidato Jokowi

Pada 2013, Tom Lembong terjun ke dunia politik sebagai penasihat ekonomi dan penulis pidato untuk Gubernur DKI Jakarta kala itu, Joko Widodo.

Perannya ini berlanjut hingga masa jabatan pertama Jokowi sebagai Presiden. Tom mendapat kepercayaan sebagai penulis beberapa pidato Jokowi yang paling ikonik.

Salah satunya adalah pidato “Game of Thrones” yang Jokowi bacakan pada pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali pada 2018. Ia juga menjadi penyusun pidato “Thanos” yang Kepala Negara sampaikan di Forum Ekonomi Dunia.

 

Bisnis Apa Saja yang Dijalankan Tom Lembong

Sebelum masuk kabinet, Tom Lembong merupakan seorang pengusaha sekaligus seorang kawakan pengelola dana investasi.

Tom Lembong adalah salah satu pendiri, Chief Executive Officer, dan Managing Partner di Quvat Management Pte. Ltd. Ini adalah perusahaan dana ekuitas swasta yang berdiri pada tahun 2006.

Tom Lembong kemudian menjabat sebagai presiden komisaris PT Graha Layar Prima Tbk (Blitz Megaplex) dari tahun 2012 hingga 2014.

Sebagai pejabat publik dan pengusaha, Tom Lembong tercatat memiliki total kekayaan mencapai Rp101,57 miliar pada 31 Desember 2019.

Ini terlihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 30 April 2020 atau ketika ia menjabat sebagai Kepala BKPM.

Tercatat dalam rincian, Tom Lembong tidak punya harta yang sumbernya dari tanah maupun bangunan.

Harta kekayaan terbanyaknya justru berasal dari surat berharga senilai Rp94,53 miliar dan harta bergerak lainnya sebesar Rp180,99 juta.

Kemudian, kas dan setara kas sebesar Rp2,09 miliar, dan harta lainnya senilai Rp4,77 miliar.

Namun, Tom Lembong juga tercatat memiliki utang sebesar Rp86,89 juta. Dengan demikian, total harta kekayaan Tom Lembong di akhir masa jabatan sebagai Kepala BKPM adalah sebesar Rp101,57 miliar.

Melihat angka kekayaannya yang fantastis, apakah Sobat HOOQ.ID ingin menjadi orang sukses seperti Tom Lembong? Simak tayangan berikut ini untuk tahu cara menjadi kaya di masa depan.

 

 

Tinjau Kembali Rencana Investasi di Tahun Politik

Itu tadi profil lengkap Tom Lembong, penulis pidato ikonik Jokowi yang kini menjadi Co-captain Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

Sebagai informasi, terdapat beberapa sentimen yang patut masyarakat perhatikan di tahun politik ini, khususnya pada keuangan dan investasi.

Untuk para investor, momentum politik ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan cuan, asalkan memilih investasi yang tepat.

Namun, Anda perlu meninjau kembali apakah rencana investasi sudah sesuai dengan tujuan keuangan ke depannya.

Tidak perlu fomo ataupun panik yang membuat Anda mengambil keputusan dalam membeli saham secara impulsif karena perubahan sementara di pasar.

Sebagai referensi, yuk, download ebook gratis dari HOOQ.ID Panduan Praktis Menuju Investasi yang Sukses.

Jika Anda masih ragu dalam mengambil keputusan investasi, Perencana Keuangan HOOQ.ID siap memberikan advice sesuai tujuan keuangan Anda.

Langsung saja buat janji konsultasi secara 1 on 1 bersama ahlinya dengan menghubungi WhatsApp 0851 866 2940 atau klik banner di bawah ini.

konsul- INVESTASI Q3 23

 

Disclaimer: HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Sobat HOOQ.ID sekarang sudah tahu, bukan, siapa itu Tom Lembong yang namanya kerap disebut Gibran di debat keempat Pilpres 2024?

Jangan lupa tuliskan pendapat Anda di kolom komentar, dan bagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang kemarin sempat penasaran dengan sosok Tom Lembong. Semoga informasinya bermanfaat, ya. Terima kasih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Dian Nita. 22 Januari 2024. Siapa Tom Lembong? Ini Profil Co-Captain Timnas AMIN yang Disebut Gibran di Debat Cawapres 2024. Kompas.com – https://shorturl.at/awJU6
  • Nikita Rosa. 22 Januari 2024. Sosok Tom Lembong, Lulusan Harvard yang Namanya Disebut Saat Debat Cawapres. Detik.com – https://shorturl.at/hix02
  • Tim Redaksi. 21 Januari 2024. Profil Thomas Lembong yang Disinggung Gibran di Debat Pilpres: Pernah Jadi Menteri hingga Tulis Pidato Jokowi. Kompas.com – https://shorturl.at/nGOT9

 

Sumber Gambar:

Mengenal Tom Lembong, Dulu Penulis Pidato Jokowi Kini di Kubu AMIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *