Tujuan Keuangan untuk Mempersiapkan Pendidikan Anak, Penting Bund!

Ayah Bunda, sudah tahu bagaimana pentingnya punya tujuan keuangan untuk mempersiapkan pendidikan anak?

Yuk, simak artikel berikut ini untuk lengkapnya.

 

Summary:

  • Tak hanya karena inflasi, terdapat beberapa faktor lain yang membuat biaya pendidikan di Indonesia bervariatif.
  • Selain tabungan konvensional, ada beberapa produk keuangan lain yang bisa membantu kita dalam menyiapkan dana pendidikan, seperti deposito, reksadana, emas dan tabungan pendidikan.

 

Dana Pendidikan Anak sebagai Salah Satu Tujuan Keuangan Keluarga

Setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik bagi masa depan anak. Salah satu cara untuk memberikan masa depan yang cerah adalah melalui pendidikan yang baik. Akan tetapi, mempersiapkan dana pendidikan anak bisa menjadi tantangan berat bagi suatu keluarga.

Tahukah Ayah Bunda bahwa dana pendidikan anak adalah salah satu poin penting dalam perencanaan keuangan keluarga?

Sebagai tujuan finansial keluarga, dana pendidikan anak tak kalah pentingnya dengan dana darurat atau investasi jangka panjang lainnya.

REKOMENDASI  6 Tips Penting untuk Jaga Kesehatan saat Lebaran

Kenapa? 🤔

Karena dana pendidikan anak menjadi jembatan bagi masa depan anak. Seiring biaya pendidikan yang terus meningkat, perencanaan dana pendidikan yang bijak menjadi kunci keberhasilan.

Dengan perencanaan yang tepat, Ayah Bunda akan memberikan anak-anak kesempatan untuk mewujudkan potensi mereka tanpa harus khawatir akan beban keuangan.

 

Pentingnya Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

Kesiapan dalam membiayai pendidikan anak bukan semata-mata proses yang singkat. Ayah Bunda sebaiknya merencanakan dan mempersiapkannya sejak dini.

Perlu Ayah Bunda ketahui bahwa dana pendidikan anak selalu meningkat dari waktu ke waktu. Dengan memulai menabung atau berinvestasi sejak dini, kita dapat memanfaatkan waktu untuk merencanakan dana yang cukup untuk pendidikan mereka.

Menyiapkan dana pendidikan sejak dini akan mengurangi beban keuangan di masa depan. Kekhawatiran Anda akan berkurang terhadap biaya pendidikan yang besar sehingga dapat fokus juga dengan tujuan keuangan yang lain.

Anda juga bisa menggunakan jasa Perencana Keuangan untuk membantu Anda dalam merencanakan dana pendidikan.

Jika tertarik, Anda bisa berkonsultasi bersama saya untuk mengetahui bagaimana perencanaan dana pendidikan yang tepat untuk anak Anda.

Yuk, diskusi sekarang dengan hubungi nomor WhatsApp 0851 5866 2940 atau klik banner untuk info lebih lengkap.

 

Faktor yang Apa Saja yang Membuat Biaya Pendidikan Bervariasi?

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa biaya pendidikan begitu beragam. Ada yang gratis, ada yang terjangkau, dan ada yang mahal. Perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi biaya pendidikan yang beragam.

REKOMENDASI  Sering Bikin Bingung! Siapa yang Harus Mengatur Keuangan Rumah Tangga?

Nah, di bawah ini adalah beberapa faktor yang membuat biaya pendidikan bervariasi:

 

#1 Kurikulum

Berbagai kurikulum yang diterapkan pada sekolah-sekolah di Indonesia, yaitu:

  • Sekolah Swasta Nasional Plus
  • Sekolah Kurikulum Internasional

Tentunya sekolah negeri lebih terjangkau dari sekolah swasta bahkan untuk jenjang SD dan SMP tidak ada biaya uang pangkal dan SPP. Sekolah swasta dengan kurikulum khusus tentunya akan semakin mahal.

Contohnya, seperti biaya SD Swasta yang ada di Jakarta. Dalam postingan di bawah ini menunjukkan biaya yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah. Jika Anda berencana untuk menyekolahkan anak Anda di salah satu SD Swasta berikut, simak juga simulasi perhitungannya, ya.

 

#2 Lokasi

Biaya pendidikan dapat bervariasi berdasarkan lokasinya. Sekolah di kota besar cenderung memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah di daerah pedesaan.

 

#3 Inflasi

Inflasi pendidikan menjadi beban orang tua dari tahun ke tahun. Biaya pendidikan cenderung meningkat sebesar 10-15% setiap tahunnya.

[Baca Juga: Asuransi Pendidikan Anak: Cara Cerdas Amankan Masa Depan Buah Hati]

 

#4 Fasilitas

Sekolah yang memiliki fasilitas lengkap dan berkualitas tentunya akan menerapkan biaya yang tinggi. Hal ini untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang lebih komprehensif.

 

#5 Ekstrakurikuler dan Kegiatan Tambahan Lainnya

Sekolah yang memiliki ekstrakurikuler dan kegiatan tambahan seperti kegiatan keagamaan, kunjungan edukasi, dan lainnya akan menerapkan biaya yang lebih tinggi.

REKOMENDASI  Skip Level Meeting: Definisi, Tujuan, Manfaat, dan Persiapannya

 

Berapakah Rata-rata Biaya Pendidikan di Indonesia?

Agar Ayah Bunda mengetahui berapa biaya pendidikan, mari kita cek info biaya pendidikan setiap jenjang untuk rata-rata sekolah swasta nasional jenjang TK-SMA di Jabodetabek:

Tujuan Keuangan untuk Mempersiapkan Pendidikan Anak 1

 

Biaya di atas belum termasuk dengan uang pembelian formulir, kegiatan tambahan, biaya tahunan, dan biaya yang dibutuhkan lainnya.

Biaya pendidikan untuk jenjang perguruan tinggi negeri ditetapkan dengan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) tergantung pada golongan kemampuan ekonomi mahasiswa. Biaya UKT Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia untuk golongan 1-8 sangat bervariasi antara Rp500.000 hingga Rp25.000.000 per semester.

Biaya Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia juga sangat bervariasi tergantung pada akreditasi, lokasi, fasilitas, dan faktor lainnya. Biayanya diperkirakan akan lebih tinggi dari perguruan tinggi negeri.

[Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Pendukung Anak]

 

Langkah-langkah Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Beberapa langkah yang dapat Ayah Bunda terapkan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak:

  1. Riset sekolah yang Ayah Bunda tuju. Cari informasi selengkap mungkin seperti kurikulum, biaya, fasilitas dan lainnya.
  1. Hitung kebutuhan dana pendidikan setiap jenjangnya dan kebutuhan biaya di masa depan dengan perkiraan kenaikan biaya sebesar 10-15%.
  1. Pilih instrumen investasi beserta estimasi imbal hasil yang sesuai dengan jangka waktunya.
  1. Hitung berapa nominal yang perlu disisihkan untuk ditabung/diinvestasikan per bulannya.

 

Untuk lebih jelas, mari kita simak contoh perhitungan untuk menyiapkan dana pendidikan pada tabel di bawah ini dengan asumsi Ayah Bunda memiliki satu orang anak berusia 1 tahun.

Tujuan Keuangan untuk Mempersiapkan Pendidikan Anak 2

*Perhitungan di atas hanya memperhitungkan kebutuhan investasi untuk uang pangkal sekolah saja. Diasumsikan biaya SPP atau UKT Semesteran dibebankan pada arus kas bulanan di masa depan.

 

Anda juga bisa menghitung dana pendidikan anak menggunakan Kalkulator HOOQ.ID. Caranya mudah untuk diikuti.

Simak kiat berikut untuk memulai perhitungan:

  • Di laman yang muncul, Anda akan diminta mengisi informasi terkait pendidikan anak, seperti usia saat ini, uang pangkal, uang sekolah, dana yang dimiliki, dan investasi bulanan.
investasi emas untuk dana pendidikan anak 2

Laman kalkulator dana pendidikan HOOQ.ID. Sumber: HOOQ.ID

 

  • Isi bidang sesuai kondisi Anda. Jika sudah, pilih Lihat Hasil Perhitungan.
investasi emas untuk dana pendidikan anak 3

Mengisi informasi keuangan terkait pendidikan. Sumber: HOOQ.ID

 

  • Selesai. Anda akan mendapat informasi dana pendidikan anak dengan detail.

 

Produk Keuangan untuk Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Berbagai produk keuangan yang dapat membantu Anda untuk menyiapkan dana pendidikan di antaranya adalah:

 

#1 Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan memungkinkan Anda untuk melakukan penyetoran secara berjangka dalam kurun waktu yang dipilih. Kelebihannya adalah konsistensi dalam pengumpulan dana pendidikan.

 

#2 Reksadana

Reksadana memiliki keunggulan dalam investasi yang dikelola oleh profesional (manajer investasi), pilihan diversifikasi, fleksibilitas pembelian, likuiditas, dan pilihan produk yang beragam. Berikut panduan menyimpan dana pendidikan dalam bentuk reksadana sesuai dengan jangka waktunya:

reksadana

 

#3 Emas

Logam mulia berupa emas merupakan instrumen yang memberikan perlindungan terhadap inflasi sehingga cocok untuk dana pendidikan. Perlu diingat bahwa harga emas juga dapat mengalami fluktuasi dalam jangka pendek sehingga emas akan lebih cocok untuk tujuan dengan jangka waktu lebih dari 5 tahun.

[Baca Juga: Investasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak, Why Not?]

 

#4 Deposito

Menyimpan dana pendidikan anak melalui deposito bisa menjadi pilihan yang aman dan imbal hasil yang tetap. Namun, perlu diperhatikan bahwa deposito memiliki karakteristik hanya dapat dicairkan pada saat jatuh tempo.

Jadi, pastikan Ayah Bunda sudah menyesuaikan dengan jangka waktu pembayaran sekolahnya, ya.

 

#5 Tabungan Konvensional

Selain produk-produk di atas, Anda juga dapat memanfaatkan tabungan konvensional bank biasa untuk menyisihkan dana pendidikan anak. Tabungan ini dapat digunakan untuk kebutuhan dengan jangka waktu yang sangat pendek sehingga mudah dicairkan.

 

Persiapkan Dana Pendidikan dari Sekarang!

Ayah dan Bunda, masa depan anak di tangan kita, mari kita siapkan dana pendidikan sedini mungkin.

Fondasi kokoh masa depan anak berawal dari persiapan dana pendidikan anak yang tepat. Mari kita mulai langkah pertama dengan menabung untuk pendidikan anak sejak dini. Setiap langkah kecil hari ini akan membentuk jejak masa depan yang gemilang untuk mereka.

Ayah dan Bunda adalah garda terdepan dalam menghadirkan kesempatan terbaik bagi anak-anak kita. Jangan tunda lagi, mari kita bersama-sama merangkul impian mereka dengan mempersiapkan dana pendidikan sejak hari ini. Inilah bentuk cinta sejati kita kepada mereka.

Jika Anda masih kesulitan dan bingung memulai untuk merencanakan dana pendidikan anak, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada perencana keuangan profesional dan tersertifikasi dari HOOQ.ID yang siap membantu.

 

Disclaimer:  HOOQ.ID adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi. 

HOOQ.ID bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

 

Nah, Ayah Bunda sudah sejauh mana Anda menyiapkan dana pendidikan bagi anak Anda? Yuk, share artikel ini pada orang tua lainnya agar masa depan anak semakin cerah.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Admin. Pentingnya Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini. Manulife.com – https://shorturl.at/PW012
  • Tanamduit Team. 9 Januari 2024. Cara Menyiapkan Dana Tabungan Pendidikan Anak dan Manfaatnya. Tanamduit.com – https://shorturl.at/bnJM7
  • Admin. 2 Juli 2022. Bibit Weekly 02 Juli 2022: 3 Alasan Pentingnya Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini. Blog.bibit.id – https://shorturl.at/gjkIJ
  • Admin. 6 Strategi Menabung untuk Pendidikan Anak. Bcalife.id – http://tinyurl.com/rc8n73tw
  • Deni Purbowati. Rincian Biaya Kuliah PTN Terbaik di Indonesia (UI, ITB, ITS, UGM dan IPB) 2021. Akupintar.id – http://tinyurl.com/ahykr6fj
  • Erta Darwati. 13 Juni 2023. Perbandingan Biaya Kuliah 10 Kampus Negeri Terbaik di Indonesia: UI, UGM hingga ITB. kabar24.bisnis.com – http://tinyurl.com/2mb4x4jr

 

Sumber Gambar:

  • Cover – Freepik/Lifestylememory

Tujuan Keuangan untuk Mempersiapkan Pendidikan Anak, Penting Bund!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *