Kode PIN Dana Tidak Masuk SMS? Ini Penjelasannya

Dana kode PIN tidak termasuk dalam sms – DANA merupakan salah satu dompet digital terbaik yang saat ini digunakan oleh banyak orang. Ada juga yang lebih memilih DANA sebagai alat transaksi keuangan sehari-harinya, padahal mereka juga memiliki layanan seperti M Banking dan Internet Banking.

Berbicara tentang DANA, tentunya setiap pengguna harus mendaftar atau membuat akun DANA terlebih dahulu. Oleh karena itu, nantinya akan ada tahapan dimana Anda akan menerima kode PIN atau disebut juga dengan kode OTP (One Time Password) yang dikirimkan melalui SMS. Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak menerima PIN DANA melalui SMS?

Permasalahan PIN DANA yang tidak menerima SMS tentunya akan menyulitkan calon pengguna untuk melakukan pendaftaran akun DANA. Bahkan tidak hanya pada saat registrasi, kode OTP juga terkadang diperlukan saat kita lupa PIN DANA atau ingin mengganti PIN DANA. Untuk itu pada pertemuan kali ini kami akan memberikan informasi penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Maka dari itu, anda harus tetap memperhatikan pembahasan kali ini hingga selesai. Jika kita berbicara sedikit tentang alasan kode PIN DANA tidak menerima SMS, maka salah satu alasan yang paling umum adalah masalah penyedia. Selain itu, ada beberapa alasan lainnya. Dari pada mencongkel, mending langsung saja simak informasi selengkapnya yang sudah kami siapkan berikut ini.

Dana kode PIN tidak termasuk dalam sms

Penyebab Kode PIN dana tidak masuk SMS

Nah pada pembahasan pertama kali ini kita akan bahas terlebih dahulu penyebab PIN DANA tidak sampai di SMS. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua akun DANA menggunakan kode PIN atau OTP yang tidak ditampilkan. Ini karena beberapa penyedia memiliki masalah dengan OTP.

Alasan utamanya adalah ada masalah pada provider dan juga masalah pada kartu SIM yang tidak ada sinyal atau SOS. Selain itu, hal ini juga dapat terjadi karena keterlambatan SMS atau aplikasi melarang pengiriman SMS OTP ke nomor ponsel pengguna yang terdaftar di aplikasi DANA. Ada juga beberapa opsi yang memungkinkan mengapa kode tidak sampai di SMS, yaitu:

  • Tidak ada sinyal kartu SIM atau kartu SIM tidak aktif, sehingga SMS tidak muncul.
  • Koneksi internet down sehingga permintaan kode OTP tidak terkirim.
  • masalah kartu SIM.
  • Ponsel pengguna tidak dapat menerima SMS.
  • Tidak ada notifikasi SMS masuk di ponsel.

Anda juga harus memastikan bahwa nomor ponsel harus aktif kembali. Nomor handphone yang digunakan juga harus nomor handphone yang terdaftar di aplikasi DANA. Karena itu syarat wajib untuk menerima kode OTP.

Cara mem-bypass SMS tanpa memasukkan PIN dana

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas kenapa PIN DANA tidak masuk SMS, kita lanjut ke pembahasan selanjutnya untuk mengatasi masalah ini. Ketika kita sudah mengetahui alasannya, tentunya akan lebih mudah bagi kita untuk mencari solusinya. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Tunggu hingga Anda menerima SMS dengan kata sandi satu kali.

Penting di sini bahwa kode biasanya tidak langsung ke SMS, karena ada masalah dengan provider yang Anda gunakan. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba mengirim ulang permintaan kode PIN atau kode OTP, lalu tunggu hingga SMS muncul selama 1-10 menit. Biasanya, kode muncul secara otomatis saat Anda mengirimkan kembali permintaan verifikasi.

REKOMENDASI  7 Cara Top Up LinkAja di Alfamart Mudah Dan Cepat 2023

2. Lepas dan pasang kembali kartu SIM.

Jika ada masalah pada kartu SIM yang mencegah kode masuk ke SMS, Anda dapat menyiasatinya dengan melepas kartu SIM dan memasukkannya kembali. Kemudian tunggu hingga sinyal BAR di ponsel pulih kembali, lalu login ke akun DANA Anda untuk mendapatkan kembali kode tersebut.

3. Pastikan sinyal kartu SIM aktif

Solusi PIN DANA tidak terima SMS juga bisa karena sinyal kartu SIM jelek. Untuk masalah ini, Anda dapat mencoba beralih mode Data Pesawat untuk menyegarkan sinyal SIM yang hilang. Jika sinyal hilang karena masalah dengan provider, Anda hanya perlu menunggu band sinyal pada kartu SIM pulih.

4. Ganti OTP kartu SIM

Selain cara di atas, Anda bisa memindahkan kartu SIM ke ponsel lain untuk mendapatkan kode SMS OTP. Adapun caranya, Anda dapat melihat tutorial di bawah ini.

  • Keluarkan kartu SIM dari ponsel Anda menggunakan baki kartu SIM.
  • Keluarkan kartu SIM dari slot kartu, lalu masukkan kartu SIM ke dalam slot kartu di ponsel lain.
  • Tunggu hingga penyedia normal kembali di ponsel lain.
  • Buka aplikasi Dana, lalu masuk lagi.
  • Cek SMS dengan kode Dana OTP di handphone baru dan masukkan saat memasukkan Dana.

5. Tetapkan izin aplikasi

Solusi selanjutnya adalah mencoba mengatur izin aplikasi. Izin aplikasi ini biasanya mencakup media, foto, dan SMS atau panggilan untuk diperiksa. Caranya bisa anda lihat di bawah ini.

  • Tekan dan tahan ikon aplikasi Dana, lalu ketuk Info Aplikasi.
  • Pilih Izin Aplikasi.
  • Periksa Izin Aplikasi Periksa semua izin untuk aplikasi Dana, lalu klik Konfirmasi.
  • Buka aplikasi Dana, lalu login kembali untuk mendapatkan kode OTP.
REKOMENDASI  5 Cara Top Up OVO di Indomaret Cepat dan Mudah 2023

6. Alihkan pengiriman OTP ke WA

Kode OTP untuk dana yang tidak masuk melalui SMS sebenarnya bisa diteruskan ke WA untuk menerima kodenya. Bagaimana, silahkan lihat di bawah ini.

  • Pada halaman kode Dana OTP, pilih Opsi validasi lainnya.
  • Klik Verifikasi melalui WhatsApp.
  • Tunggu kode Dana OTP dimasukkan melalui WhatsApp.
  • Masukkan kode OTP 4 digit dana untuk login.

7. Nyalakan ulang HP

Silakan juga restart ponsel Anda, masalah ini mungkin disebabkan oleh bug di ponsel Anda. Memulai ulang masalah ini biasanya dapat memperbaikinya dengan cepat dan mudah.

8. Hubungi KS DANA

Kemudian, untuk solusi terakhir, Anda bisa meminta bantuan DANA terkait masalah PIN DANA tidak menerima SMS. Ada beberapa layanan yang bisa Anda pilih, di antaranya sebagai berikut.

  • Email: Help@Dana.id
  • Telepon : 1500 445
  • WhatsApp: 08191 1500 445
  • Media Sosial: Yayasan Indonesia

Kata terakhir

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa Anda simak di atas terkait penyebab dan cara mengatasi PIN DANA tidak terima SMS. Oke mungkin itu saja yang bisa Sakdigital.com sampaikan, semoga pembahasan di atas bisa membantu dan menambah ide kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *