Sangat Rahasia! 10 Syarat Melamar Kerja di Pabrik Buat Pasti Diterima

Untuk syarat melamar kerja di pabrik yang di idamkan, Pertama-tama kalian butuh pengajuan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Agar pabrik yang kalian targetkan dapat menerima lamaran mu, pastikan syarat-syarat dibawah ini telah kalian penuhi seluruhnya:

Kerangka Surat Lamaran yang Baik dan Benar

Syarat paling utama yang wajib kalian perhatikan adalah kerangka surat lamaran yang baik dan benar untuk mendeskripsikan pada pabrik bahwa kalian sementara mencari pekerjaan dengan niat yang teguh. Dan menjelaskan dengan detail kepada pabrik kalau kalian menawarkan diri sebagai syarat melamar kerja di pabrik sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku. Ini adalah hal yang paling utama dalam melamar kerja.

Foto Diri Terbaru

Nah, selanjutkan kalian harus, wajib, kudu, menyiapkan foto diri terbaru. Namun kalian harus perhatikan juga foto seperti apa yang diminta pabrik, karena terkadang beda pabrik maka beda permintaan spesifikasi foto diri.

REKOMENDASI  11 Cara Efektif Menyembuhkan Radang Tenggorokan

FC (Fotocopy) KTP / Kartu Identitas

Syarat ini sesungguhnya tidak wajib, karena tidak semua pabrik mewajibkan syarat ini. Namun tidak ada salahnya kan, kalau kalian bersiap-siapa dahulu. Siapa tahu, fotocopy KTP merupakan hal wajib dalam mengajukan lamaran kerja kalian.

Daftar / Catatan Riwayat Hidup

Bagi kalian yang masih bingung dengan daftar riwayat hidup, maka itu kurang lebih deskripsi singkat yang berisi data diri, jenjang pendidikan yang telah kalian lalui, dan sesuai rekomendasi beberapa orang yang sukses mendaftar kerja di pabrik adalah data prestasi dan patokan untuk syarat melamar kerja di pabrik. Jadi kalau kalian ada prestasi, apapun itu, lampirkan juga pada lamaran kerja.

FC (Fotocopy) SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

SKCK sangat penting, karena ini adalah syarat yang selalu diwajibkan oleh pabrik sebagai syarat utama untuk menerima kalian bekerja pada pabrik. Tentu dong, karena ini mengisyaratkan catatan kalian di kepolisian, apakah ada kasus atau tidak.

FC (Fotocopy) SKS (Surat Keterangan Sehat)

Surat Keterangan Sehat biasanya dibutuhkan sebagai syarat melamar kerja di pabrik untuk kalian yang sudah masuk pada tahap penerimaan (yeay!). Beberapa pabrik tidak mewajibkan, tapi tidak ada salahnya kan kalau sudah kalian siapkan juga. Apalagi beberapa pekerjaan pabrik memang membutuhkan kondisi fisik yang prima lagi maksimal.

Syarat Melamar Kerja di Pabrik

CV (Curriculum Vitae) / Ringkasan Pengalaman Kerja

CV bisa dibilang wajib ataupun tidak, beberapa pabrik memang tidak mewajibkannya. Tapi pabrik akan dengan senang hati dan lebih terbuka kesempatan untuk kalian bekerja di pabrik yang kalian idamkan, jikalau kalian sudah punya pengalaman kerja di pabrik yang serupa sebelumnya. Sehingga proses briefing kerja tidak terlalu ribet nantinya.

REKOMENDASI  Tugas, Skill Wajib, Gaji, dan Jenjang Karier

FC (Fotocopy) Surat Kuning / Kartu Pencari Kerja (AK-1)

Kartu Pencari Kerja / Surat Kuning sangat wajib kalian miliki terlebih-lebih bagi yang ingin bekerja di pabrik yang nyerempet ke pemerintahan. Kartu sakti ini diterbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) untuk mendata porsi pekerja di Indonesia.

Ijazah Terakhir Serta Transkrip Nilai Lengkap

Dapat disatukan bersama CV atau terpisah, kalian wajib memberikan informasi ijazah terakhir dan juga transkip nilainya. Yang bertujuan untuk memastikan ke-legal-an informasi atau data yang telah kalian sertakan.

Pelengkap Syarat Melamar Kerja di Pabrik, Fotokopi Sertifikat Keahlian

Bagi kalian yang punya sertifikat keahlian, seminar, piagam lomba, olimpiade, dll. Sangat wajib dilampirkan, karena ini meningkatkan kemungkinan kalian diterima di pabrik yang kalian impikan hingga 85%. Pabrik sangat senang jikalau ada pelamar yang sekiranya bisa bekerja dalam jangka panjang dan mengalami kenaikan jabatan / pangkat.

Itu adalah syarat melamar kerja di pabrik yang harus diperhatikan untuk melamar kerja yang baik, benar, serta lengkap. Dengen melengkapi syarat-syarat diatas sewaktu melamar kerja, maka kemungkinan kalian untuk dipanggil dan melewati ujian lanjutan hingga proses penerimaan sangat tinggi. Berdasarkan dari informasi para pekerja yang pernah diterima sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *